Cara Menjaga Kehamilan bagi yang Hobi Traveling

ibudanbalita https://www.facebook.com/ibudanbalita/

Cara menjaga kehamilan menjadi hal yang sangat sulit jika ibu pecinta traveling. Atau keadaan yang membuat ibu harus sering berpindah-pindah dari tempat satu ke tempat yang lain. Mungkin ibu harus sering ikut suami ke luar kota atau memang pekerjaan menuntut ibu untuk sering traveling.

Akan tetapi, ibu tidak perlu khawatir. Menjadi wanita yang harus sering traveling tidak membuat ibu tidak bisa menerapkan cara menjaga kehamilan. Yang diperlukan hanya cara yang tepat agar kehamilan selalu terjaga. Itu saja.

Lalu, apa yang harus ibu lakukan saat traveling?

Menentukan Posisi Duduk

Saat ibu berada di mobil, usahakan ibu duduk di tengah yang tidak tepat di atas roda. Hal ini diperlukan agar meminimalisir goncangan saat berkendara. Berada di kursi tepat di atas roda akan membuat ibu sering merasakan goncangan apalagi ketika jalannya tidak bagus.

Sebagian besar ibu hamil sangat takut untuk bepergian karena alasan yang satu ini, yaitu khawatir goncangan di kendaraan bisa mengakibatkan keguguran. Akan tetapi, hal buruk tersebut bisa diantisipasi dengan cara duduk di tengah, tidak berada di kursi tepat di atas roda.

Perhatikan Apa Yang Perlu Dibawa

Tentu saja sangat repot sekali jika ibu hamil harus membawa banyak sekali barang bawaan. Namun, setidaknya ibu membawa beberapa perlengkapan dan barang bawaan yang wajib seperti air putih dan cemilan.

Tentu tidak sulit untuk membawa air putih, bukan? Pastikan ibu membawa air putih dalam jumlah yang banyak. Pasalnya, salah satu cara menjaga kehamilan adalah mengkonsumsi air putih yang banyak. Hal tersebut diperlukan untuk menghindari dehidrasi yang bisa membuat ibu lemas dan sakit.

Selain itu, cemilan juga diperlukan. Apalagi jika perjalanan sangat jauh yang kemungkinan tidak bisa membuat ibu berhenti untuk makan kapan saja dan di mana saja. Belum lagi jika terjebak macet. Jadi, cemilan tersebut bisa menunda lapar hingga ibu sampai ke tempat makan.

Dalam hal ini, cemilan yang ibu bawa sebaiknya yang mengenyangkan seperti buah pisang. Pisang merupkan buah yang kadar kalorinya tinggi sehingga ibu akan merasa kenyang setelah mengkonsumsi pisang. Mengkonsumsi cemilan berupa kacang juga bagus. Bahkan, kacang mengandung protein yang tinggi sehingga tepat sekali dijadikan sebagai cara menjaga kehamilan.

Termos berisi air panas juga wajib dibawa. Jadi, jika tiba saatnya ibu perlu mengkonsumsi susu, ibu bisa menyeduh susu walaupun sedang berada di dalam kendaraan. Jadi, traveling tidak boleh menjadi alasan ibu tidak perlu mengkonsumsi susu ibu hamil ya.

Jangan Menahan Kencing

Seorang ibu hamil akan sering bolak-balik ke kamar mandi untuk buang air kecil. Hal ini normal terjadi. Bagi ibu yang sedang traveling, usahakan juga untuk berhenti di tempat pemberhentian yang ada toilet umumnya jika ibu ingin sekali buang air kecil. Jangan sampai ibu menahan buang air kecil karena hal tersebut bisa menyebabkan infeksi saluran kemih.

Setidaknya tiga hal tersebut yang perlu ibu perhatikan saat traveling. Jadi, sebenarnya boleh saja seorang ibu hamil traveling. Hanya saja, ibu harus tahu cara menjaga kehamilan saat traveling.

Akan tetapi, bagi ibu yang sedang hamil muda, sebaiknya ibu menunda dulu acara travelingnya. Tunggu hingga usia kehamilan mencapai 3 bulan agar kondisi janin serta rahim sudah kuat. Setelah usia kehamilan setidaknya sudah mencapai trimester kedua, ibu boleh traveling namun jangan lupa menerapkan cara menjaga kehamilan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*