Cara Menjaga Kehamilan Bagi Ibu Yang Pernah Mengalami Keguguran

cara menjaga kehamilan www.ibudanbalita.com

Tantangan menjadi lebih berat bagi ibu yang pernah mengalami keguguran. Ibu harus menerapkan cara menjaga kehamilan lebih ekstra. Tidak cukup hanya menjaga asupan nutrisi. Ibu harus bekerja lebih ekstra untuk menjaga kehamilan lantaran resiko mengalami keguguran lagi sangat tinggi.

Ada banyak faktor yang menyebabkan keguguran. Kasus ini bisa saja terjadi karena kondisi rahim yang kurang sehat atau kurang kuat. Jika ini yang terjadi, maka sebaiknya ibu konsultasikan dengan dokter. Mungkin saja ibu akan diberikan resep berupa obat-obatan tertentu untuk menguatkan kandungan.

Namun, jika faktor penyebabnya bukan karena kondisi rahim yang tidak begitu kuat, maka ibu perlu mempertimbangkan untuk menerapkan cara menjaga kesehatan ibu hamil berikut ini.

  • Jangan Pernah Mengkonsumsi Kopi

Sebenarnya tidak hanya ibu yang pernah mengalami keguguran tidak diperbolehkan mengkonsumsi minuman kopi. Secara umum, kopi memang tidak baik bagi kesehatan kehamilan.

Jika kopi tidak diperbolehkan, maka sebenarnya teh pun juga tidak boleh diperkenankan untuk ibu konsumsi. Pasalnya, kandungan pada kopi dan teh itu sama, yaitu kafein. Hanya saja, kafein di dalam teh lebih rendah daripada kafein di dalam kopi.

Mungkin bagi ibu hamil yang sehat dan belum pernah mengalami keguguran, mengkonsumsi teh tidak menjadi masalah. Akan tetapi, bagi ibu yang pernah mengalami keguguran dan beresiko mengalami hal yang sama, maka sebaiknya hindari dua jenis minuman ini.

  • Mental Yang Lebih Kuat

Tahukah ibu apa yang mempengaruhi kesehatan selain nutrisi? Betul sekali. Itu adalah mental.

Banyak sekali seorang wanita yang pernah atau bahkan sering mengalami keguguran memiliki mental yang down. Ia terlalu khawatir dengan kondisi kehamilan sehingga membuat kondisi kesehatannya cenderung kurang baik. Stress sangat berpengaruh terhadap kesehatan ibu hamil.

Itulah mengapa salah satu cara untuk menjaga kehamilan adalah dengan cara menjaga mental. Kuatkan mental ibu dan hindari berpikiran negatif. Dengan demikian, ibu bisa menjalani masa kehamilan dengan tenang dan kesehatan pun terjaga.

  • Menghindari Bahan Kimia

Ibu harus berkomitmen pada diri sendiri agar tidak menggunakan bahan kimia, entah itu berupa kosmetik atau yang lainnya. Jadi, tidak hanya makanan yang mengandung bahan kimia saja yang harus ibu hindari, melainkan hal lain selain makanan.

  • Konsultasi Lebih Intens

Normalnya, konsultasi dengan bidan atau dokter kandungan dilakukan satu kali dalam satu bulan. Namun, karena ibu sangat beresiko mengalami keguguran lain, sebaiknya ibu konsultasi lebih dari satu kali.

Ada cara lain yang bisa ibu lakukan. Ibu bisa melakukan konsultasi kehamilan secara online. Ketika ibu mengalami keluhan kesehatan kehamilan apapun, segera login di situs tersebut dan tanya langsung dengan ahlinya.

Tidak sedikit wanita yang akhirnya sulit hamil lantaran pernah mengalami keguguran. Selain karena kondisi kesehatannya yang kurang baik, banyak dari mereka yang mengalami trauma. Mereka menjadi pesimis sehingga sulit bagi mereka untuk bisa hamil lagi.

Pada dasarnya, selain kondisi rahim yang sehat, kesehatan secara keseluruhan juga sangat mempengaruhi bagaimana seorang bisa hamil atau tidak. Dan ketika sudah hamil, tidak ada cara lain selain menerapkan cara menjaga kesehatan ibu hamil dengan baik.

Mengkonsumsi makanan yang bergizi serta menghindari makanan yang cenderung memberikan madhorot untuk kesehatan kehamilan harus dilakukan. Dan hal tersebut harus dilakukan secara kontinyu hingga proses persalinan tiba.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*