Cara Menjaga Kehamilan Anak Kembar itu Tidak Sesulit yang Ibu Pikirkan

cara menjaga kehamilan www.facebook.com/ibudanbalita

Cara menjaga kehamilan anak kembar itu tidaklah sulit. Wajar jika ibu khawatir dan rasa khawatir tersebut lebih dibandingkan dengan ibu yang hanya mengandung satu janin. Akan tetapi, setelah ibu tahu cara berikut, rasa khawatir ibu akan berangsur-angsur hilang. Bahkan, ibu bisa melakukan aktivitas sehari-hari seperti biasa.

3 Cara Menjaga Janin Kembar dalam Kandungan

Setidaknya ada tiga hal yang perlu ibu lakukan untuk menjaga kesehatan dua janin yang ibu kandung saat ini. Yang pertama, konsultasi dengan dokter setidaknya 4 kali dalam masa kehamilan. Sebenarnya, tidak masalah jika ibu berkonsultasi sebulan sekali. Semakin sering jelas semakin baik karena jika terjadi hal yang berpotensi bahaya bisa ditangani sedini mungkin.

Akan tetapi, jika budget ibu tidak terlalu banyak, ibu cukup mengontrolkan kandungan ke bidan setempat. Kontrol dengan bidan juga menjadi salah satu cara menjaga kehamilan akan mudah yang benar karena bidan juga sudah memiliki kualifikasi untuk memberikan saran-saran medis. Apalagi sekarang pihak kementerian kesehatan Indonesia sangat menyarankan agar semua ibu hamil berkonsultasi dengan bidan. Hal tersebut perlu dilakukan agar tingkat kematian ibu dan bayi bisa ditekan.

Yang kedua, konsumsi susu ibu hamil dan makanan yang mengandung asam folat serta zat besi. Sekarang tidak sulit untuk mendapatkan susu ibu hamil yang mengandung asam folat dan zat besi. Hanya saja, bagi ibu yang bekerja di kantor, rasanya cukup susah untuk mendapatkan menu makanan sehat yang mengandung asam folat dan zat besi.

Zat besi serta asam folat merupakan kandungan yang dibutuhkan ibu hamil dalam memproduksi darah. Apakah ibu sering merasa pusing? Bisa jadi pusing tersebabkan oleh anemia atau kekurangan darah apalagi jika ibu mengandung bayi kembar. Bayi dalam kandungan sangat membutuhkan darah untuk pembentukan organ. Oleh karena itu, agar ibu tidak mengalami anemia, cara yang paling tepat adalah mengkonsumsi susu serta makanan yang mengandung tinggi asam folat serta zat besi. Itu menjadi cara menjaga kehamilan anak kembar yang sangat penting.

Yang ketiga, olahraga teratur. Bayi dalam kandungan ibu ada dua. Jadi, ibu perlu mempersiapkan fisik ibu agar siap ketika proses melahirkan nanti. Ini salah satu cara untuk menjaga kesehatan dua janin yang ada di kandungan ibu juga. Pasalnya, sering kali ibu yang mengandung bayi kembar mengalami masalah yang sama, yaitu kelahiran prematur. Kelahiran prematur terkadang berakibat kematian jika bayi tersebut sangat tidak sehat.

Untuk itu, mulai sekarang, persiapkan diri serta bayi agar sehat selalu. Selain mengkonsumsi makanan bergizi, dan minum susu kehamilan, ibu harus rajin berolahraga. Ada banyak sekali pilihan olahraga yang bisa ibu lakukan mulai dari senam hamil dan yoga.

Peran Suami Kepada Istri yang Sedang Mengandung Anak Kembar

Jelas sekali suami sangat berperan penting untuk menjaga kesehatan ibu dan janin di dalam kandungan, apalagi ketika sudah diketahui bahwa ada dua janin yang ada di dalam rahim sang istri.

Akan tetapi, peran suami ini sangat diperlukan untuk menguatkan mental sang istri. Mengandung dan melahirkan itu merupakan proses yang berat, apalagi ada dua bayi di dalam kandungan. Tentu saja dukungan dari suami sangat diperlukan agar sang istri selalu siap dan sehat sejak masa kehamilan sampai persalinan. Jadi, peran suami sangat penting dan termasuk ke dalam cara menjaga kehamilan anak kembar.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*