Cara Menghitung Usia Kehamilan dan Apa yang Kemudian Harus dilakukan untuk Menyambut Masa Kehamilan

menghitung usia kehamilan https://www.facebook.com/ibudanbalita/

Menghitung usia kehamilan bisa dilakukan dengan banyak cara. Setiap wanita hamil pasti ingin tahu berapa usia kandungan dan kapan HPL atau hari perkiraan lahir. Dan informasi tersebut bisa diketahui jika tahu bagaimana menghitung usia kehamilan.

Namun, bukan itu yang paling penting. penghitungan usia kehamilan itu sangat mudah. Sekarang ada metode menghitung usia kehamilan online ada juga tes USG yang hasilnya lebih valid. Bukan hanya untuk sekedar tahu berapa usia sang buah hati dalam kandungan dan kapan kira-kira sang buah hati tercinta akan lahir di dunia. Lebih dari itu, jika ibu sudah tahu hasil dari penghitungan usia kehamilan, ibu harus mengetahui juga apa yang harus ibu lakukan.

Saat Usia Kehamilan Muda

Sudahkah ibu menghitung usia kehamilan? Berapa usia janin dalam kandungan? Jika masih 1-3 bulan, itu artinya masa kehamilan pada trimester pertama. Masyarakat sering mengatakan masa kehamilan muda.

Untuk masa-masa kehamilan muda ini, ibu harus benar-benar ekstra hati-hati. Kurangi kegiatan yang menguras banyak tenaga. Lupakan untuk memvorsir diri sehingga ibu stress karena hal tersebut bisa sangat mengganggu kesehatan ibu dan juga janin dalam kandungan.

Masa saat hamil muda, biasakan untuk mengkonsumsi susu ibu hamil karena susu tersebut mengandung nutrisi ibu hamil yang sangat lengkap. Jangan mengkonsumsi makanan yang sekiranya kurang baik bagi janin. Jangan main-main ketika masa kehamilan muda karena pada masa ini bayi dalam kandungan rentan sekali mengalami keguguran.

Jika ada rencana liburan ke luar kota, sebaiknya ibu urungkan. Goncangan sedikit saja bisa membahayakan janin dalam kandungan. Namun yang paling penting, ibu harus rutin konsultasi kehamilan untuk memastikan kondisi janin dalam kandungan.

Saat Usia Kehamilan Trimester Kedua

Selamat jika masa kehamilan ibu sudah masuk usia trimester kedua. Ini artinya ibu sudah bisa melewati masa yang sangat rawan bagi janin mengalami keguguran. Ibu sudah boleh melakukan kegiatan yang sedikit menguras tenaga. Namun, tetap saja hindari pekerjaan yang sangat melelehkan.

Setidaknya pada masa ini, ibu harus mulai mengkonsumsi makan makanan yang sehat dan baik untuk perkembangan janin. Asupan gizi berupa protein, kalsium, dan juga vitamin sangat diperlukan oleh janin untuk perkembangannya di dalam rahim.

Apakah ibu sudah ingin sekali berlibur? Pada masa kehamilan trimester kedua, ibu sudah bisa berlibur ke luar kota karena janin dan juga rahim sudah sangat kuat. Namun, ingat hasil dari menghitung usia kehamilan. Salah satu hasilnya adalah HPL atau hari perkiraan lahir, bukan? Itu artinya ibu harus lebih banyak menabung untuk persalinan dan untuk membeli peralatan sang buah hati. Daripada berlibur di luar kota yang menghabiskan banyak uang, kenapa tidak ditabung saja untuk sang buah hati?

Saat Usia Kehamilan Trimester Ketiga

Kehamilan sudah masuk usia trimester ketiga. Itu artinya ibu sadang dalam masa hamil tua. Itu juga berarti semakin dekat waktunya ibu untuk menyambut sang buah hati.

Namun, bukan itu yang paling penting. Pada masa hamil tua, ada kegiatan yang seharusnya ibu lakukan. Selain mengkonsumsi makan makanan yang sehat serta minum susu ibu hamil, sebaiknya ibu mempertimbangkan untuk mengikuti senam ibu hamil. Senam akan membuat tubuh ibu bugar. Dan yang paling penting, senam ini akan membuat persalinan lancar.

Jadi, berapa usia kehamilan ibu saat ini? terlepas dari itu semua, beberapa hal tersebut sebaiknya lebih diperhatikan dari sekedar mengetahui hasil menghitung usia kehamilan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*