Cara Mengatasi Bayi Susah Tidur

Cara mengatasi bayi susah tidur www.johnsonsbaby.co.id
Cara mengatasi bayi susah tidur

www.johnsonsbaby.co.id

Cara Mengatasi Bayi Susah Tidur – Tentu menjadi kebahagiaan tersendiri bagi orangtua melihat si kecil tidur dengan nyenyak dan nyaman. Apalagi Tidur sangat berperan baik bagi kesehatan bayi dan juga berperan dalam merangsang perkembangan otaknya. Namun kadang, hati orangtua sering kali gusar ketika melihat si buah hati tidak bisa tidur nyenyak, sering terbangun di malam hari dan menangis kencang. Agar Anda dapat mengatasi permasalahan Bayi Sulit Tidur, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:

Susui Bayi

Jika Anda sudah tahu penyebab buah hati Anda rewel dan tak bisa tidur karena lapar, Coba susui si Kecil jika ia susah ditidurkan. Selain itu, bayi yang sudah mendapatkan MPASI bisa juga diberi makan terlebih dulu supaya perutnya tidak lapar dan mau tidur, namun sebaiknya berikan anak makan 1 – 2 jam sebelum tidur.

Bayi Sakit

Bayi yang mengalami gangguan kesehatan memang biasanya akan rewel dan susah ditidurkan. Gangguan kesehatan yang kerap dialaminya dan membuat susah tidur, seperti batuk, pilek, demam, dan hidungnya tersumbat. Maka Anda dapat membawa buah hati Anda ke dokter untuk diperiksa. Jika perlu, bawa bayi ke dokter.

Mengganti Popok yang Basah

Jika popok bayi sudah basah dan terkena kotoran karena ia buang air besar, kejadian tadi akan membuat bayi gusar dan rewel. Hal ini akan membuat si Kecil merasa tidak nyaman dan sulit ditidurkan. Usahakan untuk sering mengecek popok sekali pakai si Kecil dan segera ganti jika sudah penuh atau terkena kotorannya, begitupun di malam hari. Popok yang bersih akan membuat bayi merasa nyaman dan tidur lebih nyenyak.

Mengganti baju bayi dengan yang nyaman

Sering kali Bayi Sulit Tidur dan rewel karena ketidaknyamanan yang dia alami. Bayi bisa saja susah tidur karena baju yang dikenakannya tidak nyaman. Pakaikan baju bayi yang berbahan lembut, nyaman dipakai, dan tidak membuat bayi gerah. Perhatikan pula ukuran bajunya, jangan pakaikan baju yang terlalu sempit maupun kedodoran karena akan membuat anak tidak bebas dalam bergerak.

Beri kenyamanan esktra untuk menjaga si kecil tidur. Kondisi kamar bayi yang kurang nyaman bisa membuat si Kecil susah tidur. Suhu kamar yang terlalu panas atau terlalu dingin bisa membuatnya tidak mau tidur. Sehingga, Ibu perlu memperhatikan ventilasi udara di kamar si Kecil. Selain itu, jika di malam hari si Kecil susah tidur, bisa juga karena lampu kamar yang digunakan terlalu terang. Gunakan lampu kamar yang redup di malam hati .

Kolik

Sekitar 20% bayi sehat pernah mengalami kolik. Kondisi ini biasanya terjadi antara minggu ke-2 dan ke-4 setelah lahir.

Jika Anda sedang menyusui, sebaiknya Anda menghindari produk susu olahan serta makanan yang menimbulkan gas, seperti kubis, bawang, dan bawang putih. Berkonsultasilah dengan ahli kesehatan tentang cara menangani alergi terhadap makanan tertentu.

Untuk mengatasi kolik, bila Anda memberikan susu formula pada bayi Anda, mintalah petunjuk ahli kesehatan apakah sebaiknya menggantinya dengan formula bebas susu atau formula bebas laktosa. Jika kolik yang dialami merupakan bagian dari fase pertumbuhan, maka hal ini akan hilang seiring dengan waktu.

Membuat kamar yang nyaman bagi bayi

Kondisi kamar bayi yang kurang nyaman bisa membuat si Kecil susah tidur. Suhu kamar yang terlalu panas atau terlalu dingin bisa membuatnya tidak mau tidur. Sehingga, Ibu perlu memperhatikan ventilasi udara di kamar si Kecil. Selain itu, jika di malam hari si Kecil susah tidur, bisa juga karena lampu kamar yang digunakan terlalu terang. Gunakan lampu kamar yang redup di malam hari.

Nah, bagaimana tips-tips diatas? Apakah sudah cukup membantu Anda? Anda dapat menerapkan langkah-langkah diatas agar permasalahan Bayi Susah Tidur terselesaikan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*