Cara Mengatasi Anak yang Rewel Ketika Perjalanan

Friso

www.friso.co.id

Terkadang membawakan mainan kesukaan ketika sedang perjalanan tidak mampu membuat si kecil diam. Pasti ibu sangat malu bercampur dengan marah ketika anak rewel ketika berada di dalam kendaraan umum. Ibu memberikan mainan kesukaan tapi tetap saja rewelnya tidak berhenti.

Ada ide lain yang bisa ibu lakukan?

Terkadang memberikan mainan kesukaan bisa membuatnya diam. Tapi itu tidak bertahan lama karena beberapa menit kemudian, si kecil akan rewel kembali.

Ada beberapa hal yang bisa ibu lakukan agar si kecil tidak rewel selama di perjalanan. Namun, ibu harus tahu apa yang menyebabkan anak ibu rewel.

Penyebab Anak Rewel Di Perjalanan

Jika memberikan mainan tidak mempan membuatnya diam, coba ibu perhatikan dan cari tahu kenapa si kecil rewel.

Ada dua kemungkinan yang terjadi. Yang pertama, anak ibu merasa bosan. Balita yang baru belajar berjalan atau berlarian akan mudah bosan ketika berada di perjalanan. Karena ia tidak bisa merasa sebebas ketika berada di rumah. Ia berada di dalam kendaraan di mana ia hanya bisa duduk saja.

Namun, bukan tidak mungkin balita yang usianya sudah mencapai di atas 3 tahun juga mengalami bosan. Untuk itu, ibu harus alihkan dengan hal yang baru agar lupa dengan rasa bosan tersebut.

Kemungkinan yang kedua adalah ia merasa lelah. Ibu harus tahu struktur tulang si kecil tidak sekuat seperti struktur tulang orang dewasa seperti itu. Getaran di dalam kendaraan bisa membuat si kecil cepat merasa lelah.

Itulah mengapa orang tua dulu sering merekomendasikan agar balita dipijat setelah pulang dari perjalanan jauh. Karena mereka tahu si kecil pasti merasa kelelahan.

Dari dua penyebab tersebut, mungkin ibu tahu apa yang seharusnya ibu lakukan.

Agar Anak Tidak Rewel Saat Perjalanan

Dari penjelasan tentang penyebab anak rewel tersebut di atas, ada beberapa hal yang bisa ibu lakukan untuk menghentikan rewel tersebut.

Salah satunya dengan mengalihkan perhatian. Ibu bisa menunjukkan apa saja yang bisa dilihat selama perjalanan sembari menceritakan tentang hal tersebut. Cara ini juga bisa

sekaligus membuat anak belajar bicara. Ibu bisa bercerita sambil berinteraksi dengan si kecil selama perjalanan. Dengan demikian, ia tidak akan merasa bosan.

Selain itu, ibu juga perlu membawa minyak telon untuk dioleskan pada kaki. Karena minyak telon tersebut akan membuat otot rileks, terutama otot kaki. Dengan cara ini, diharapkan si kecil tidak begitu merasakan lelah.

Dan yang paling penting, ibu harus membawa cemilan yang paling ia suka. Saat perjalanan, biasanya balita susah sekali jika diminta untuk makan seperti makan nasi. Agar ia tidak lapar yang bisa mengakibatkannya rewel, maka ibu harus bawa cemilan yang paling ia suka. Akan lebih baik jika cemilan tersebut juga mengenyangkan seperti cemilan yang terbuat dari gandum.

Yang pasti, butuh kreativitas agar si kecil tidak bosan. Tips lain ketika mengajak si kecil bepergian jauh seperti mudik ke kampung bisa ibu dapatkan di Friso. Di sana ada banyak informasi menarik seputar balita.

Atau ibu bisa masuk ke forum Friso di mana ibu bisa tukar pengalaman dengan ibu-ibu yang lain seputar apapun. Ibu juga bisa share informasi penting seputar tumbuh kembang balita barangkali ada ibu di luar sana yang butuh informasi yang ibu ketahui. Jadi, Friso menjadi tempat yang tepat untuk berbagi.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*