Cara Mencegah si Kecil Tidur Terlalu Malam

Friso www.friso.co.id
Friso

www.friso.co.id

Jangan anggap sepele jika anak ibu sering tidur larut malam. Jika dibiarkan, bukan tidak mungkin si kecil akan terbiasa dan akhirnya mengalami insomnia. Apakah balita bisa mengalami insomnia? Pada dasarnya semua orang terlepas itu balita atau orang dewasa bisa terkena masalah insomnia.

Jika anak mengalami hal tersebut, itu tidak hanya buruk baik kesehatan si keci, tapi juga untuk tumbuh kembangnya. Untungnya, masalah tersebut bisa diatasi jika ibu tahu apa yang seharusnya ibu lakukan. Ibu harus tahu semua hal yang terkait dengan sang buah hati itu sangat berhubungan sekali dengan pola asuh yang ibu lakukan.

Mencegah Anak Terlalu Larut Malam

Ada tiga cara yang bisa ibu coba agar si kecil tidak tidur terlalu larut malam.

  1. Membiasakan Tidur Siang

Ada banyak sekali manfaat tidur siang bagi balita. Salah satunya agar ia mendapatkan staminanya kembali. Setelah dari pagi beraktivitas, pasti ia lelah dan butuh istirahat. Tidur siang menjadi cara yang tepat untuk mendapatkan staminanya kembali.

Namun, tidak itu saja. Tidur siang juga bisa membuat si kecil bisa terlalap di malam hari. Karena jika anak tidak tidur di siang hari, ia akan kelelahan di malam hari dan hal ini biasanya membuat anak susah tidur. Atau si keci akan tidur di waktu petang dan bangun di malam hari. Akhirnya ia tidak bisa tidur hingga larut malam.

Akan lebih baik jika ibu membiasakan si kecil agar tidur di siang hari setidaknya 1 jam. Dengan demikian, pada sore hari, si kecil akan bangun dan siap untuk tidur di malam hari.

  1. Ajak Bermain Di Sore Hari

Jangan biarkan si kecil hanya berada di depan TV saja di sore hari. Ajaklah ia bermain dan beraktivitas fisik.  Hal ini akan menguras tenaga sehingga ketika malam tiba ia akan merasa mengantuk.

Dalam hal ini, ada beberapa kegiatan fisik yang bisa ibu lakukan di sore hari. Tidak perlu keluar rumah karena ada banyak ide yang bisa ibu terapkan. Ibu bisa dapatkan ide permainan untuk anak di www.friso.co.id

Yang pasti, ibu harus ajak si kecil bermain di sore hari agar energinya terkuras sehingga ia siap tidur ketika matahari tenggelam.

  1. Pilihkan Menu Makan yang Tepat

Pernah dengar sayuran kangkung bisa membuat mengantuk? Ini bukan mitos lho bu. Ini fakta ilmiah. Dan ibu bisa memberikan menu makanan berupa sayuran kangkung untuk si kecil di sore hari.

Anak Sulit Tidur

Mungkin ibu sudah menerapkan tips tersebut di atas tapi tetap saja anak tidak mau tidur. Anak ibu mengalami masalah sulit tidur.

Jika ibu sudah menerapkan tips tersebut di atas, ibu bisa menambahkan satu tips lagi, yaitu membacakan dongeng.

Dongeng akan membuat si kecil terdiam lalu mengantuk. Sama halnya orang dewasa yang biasanya mengantuk ketika membaca buku.

Selain itu, membacakan buku dongeng juga cara menanamkan nilai-nilai yang baik kepada si kecil. Ada satu waktu di mana ibu bisa memberikan nasehat dan nasehat tersebut akan diingat terus oleh anak, yaitu ketika ia hampir tertidur atau sedang dalam masa transisi menuju ke alam bawah sadar.

Yang pasti, jangan biarkan si kecil tidur larut malam sehingga ia bangun di siang hari. Jelas hal tersebut bisa sangat menggangu perkembangannya.

Selain itu, ibu juga bisa belajar bagaimana memaksimalkan tumbuh kembang anak dengan membaca beberapa artikel ilmiah di website Friso.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*