Cara Mencegah Gigi Berlubang Yang Paling Ampuh

cara mencegah gigi berlubang www.listerine.co.id

 

Pada umumnya, gigi berlubang disebabkan oleh kadar gula berlebih yang terkandung di dalam makanan seperti coklat, permen, gula-gula yang mudah menempel, terselip dan menyangkut di sela-sela gigi. Memang mudah untuk menghilangkan sisa makanan yang menempel pada mulut tetapi perlahan dan pasti hal tersebut akan menyebabkan lubang gigi makin lebar dan berpotensi menimbulkan sakit gigi yang lebih parah dan berdenyut. Untuk mengatasinya, ada beberapa cara mencegah gigi berlubang yang dapat Anda lakukan. Berikut ini tips-tipsnya.

  1. Menggosok Gigi Setiap Hari

Pentingnya mengosok gigi setiap hari adalah salah satu cara mencegah gigi berlubang. Gosok gigi secara rutin pada saat mandi dan malam hari menjelang tidur. Hal ini bermanfaat untuk menghilangkan kotoran sisa-sisa makanan agar tidak muncul kuman dan bakteri. Jika Anda suka dengan makanan yang memiliki rasa manis, sebaiknya kurangi atau minumlah air putih lalu berkumurlah hingga tidak ada sisa yang menempel di gigi Anda.

  1. Hindari Makanan Lengket

Jika Anda tidak ingin memiliki gigi yang berlubang, sebaiknya hindari makanan lengket seperti permen, coklat, roti, biskuit, daging dan sejenisnya yang kerap tersangkut di sela-sela gigi dan tidak tercerna air liur.  Hal ini berpotensi merusak email gigi dan menyebabkan gigi menjadi berlubang. Anda disarankan untuk selalu berkumur-kumur setiap selesai makan makanan yang manis dan lengket. Dan rutinlah untuk selalu menggosok gigi sebelum tidur agar bakteri tak menyerang gigi Anda.

  1. Menggunakan benang Gigi

Benang gigi atau dental floss dianggap mampu untuk membantu menghilangkan sisa-sisa makanan yang tersangkut di celah-celah gigi. Ini alasan mengapa menggunakan benang gigi sangat penting untuk mencegah gigi berlubang. Apalagi pada bagian-bagian yang tak terlihat oleh mata. Umumnya, makanan yang tersangkut pada bagian yang tak terlihat itu bisa menyebabkan kerusakan pada dua gigi sekaligus.

  1. Kurangi Merokok

Merokok dapat menyebabkan berbagai masalah yang serius pada kesehatan. Seperti yang tertera pada bungkus rokok, jika merokok dapat menyebabkan penyakit kanker, gangguan kehamilan, stroke hingga serangan jantung. Namun, tidak hanya itu saja karena rokok juga dapat merusak gigi, menyebabkan bau mulut dan membuat kulit  menjadi cepat menua. Kandungan tembakau yang terdapat pada rokok dapat menghambat produksi air liur dalam mulut. Maka dari itu, ini akan menjadi masalah yang besar bagi Anda karena dapat menyebabkan gigi berlubang.

  1. Kurangi Kebiasaan Ngemil

Cara mencegah gigi berlubang yang kelima adalah dengan mengurangi kebiasaan mengemil terutama di malam hari. Selain dapat membuat berat badan cepat naik, kebiasaan mengemil juga tidak baik untuk kesehatan gigi Anda. Setiap mengonsumsi cemilan, ini akan menyebabkan serangan asam pada gigi. Jika gigi terus-terusan diserang asam, maka dengan seiring jalannya waktu, gigi Anda akan keropos dan menjadi berlubang.

  1. Rutin Berkonsultasi dengan Dokter Gigi

Untuk mencegah gigi berlubang, tidak ada salahnya Anda rajin ke dokter gigi minimal 3 bulan sekali. Hal ini untuk mencegah agar gigi Anda terhindar dari penyakit mulut yang membuat penampilan menjadi tidak percaya diri. Dengan memeriksakan gigi secara rutin dan berkala, hal ini dapat membantu Anda untuk mencegah timbulnya gigi berlubang di kemudian hari.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*