Cara Menaikkan Berat Badan Bayi Dalam 1 Minggu

cara menaikkan berat badan bayi www.ibudanbalita.com

Cara menaikkan berat badan bayi menjadi hal penting yang harus diketahui oleh orang tua karena pada dasarnya bayi harus memiliki berat badan yang ideal. Perlu Anda ketahui bahwa berat badan bayi ini harus selalu meningkat.

Tidak mengherankan, jika para orang tua selalu fokus untuk menaikkan berat badan bayinya. Mengingat bayi yang sehat itu ketika berat badannya dari waktu ke waktu selalu bertambah. Namun banyak para orang tua yang bingung terkait dengan cara menambah berat badan bayi.

Orang tua mana yang tidak merasa khawatir jika melihat buah hatinya bertambah kurus. Padahal Anda sudah memberikan makanan yang bergizi tinggi dan juga seimbang. Namun ternyata si kecil bukannya bertambah gemuk namun malah bertambah kurus saja.

Sebelum Anda mencari cara untuk menaikkan berat badan bayi, terlebih dahulu kenalilah apa yang sebenarnya menyebabkan berat badan si kecil ini semakin menurun. Jadi nanti Anda bisa mengantisipasinya dengan cara yang tepat.

Kenali Penyenan Berat Badan Bayi Rendah

Mengenali terlebih dahulu penyebab kenapa berat badan bayi semakin menurun merupakan langkah awal yang harus Anda ambil sebelum menentukan cara menaikkan berat badan si kecil.

Sebab tanpa mengenalinya terlebih dahulu maka tujuan Anda untuk menaikkan berat badan si kecil akan sulit untuk dicapai. Berikut ini adalah beberapa penyebab berat badan bayi turun atau sulit naik:

  1. Kurang Asupan

Perlu para orang tua pahami bahwa makanan terbaik untuk bayi baru lahir sampai dengan usia 6 bulan adala ASI. Jadi sebenarnya Anda tidak perlu menambahkan menu makanan lainnya.

Ketika jumlah ASI dan frekuensi pemberian cukup, maka tidak akan ada masalah. Namun ketika salah satunya terganggu, maka umumnya berat badan si kecil akan langsung turun. Sehingga mungkin akan membutuhkan bantuan dari susu formula.

Namun ketika si kecil sudah berusia di atas 6 bulan, diharuskan untuk ada makanan pendamping ASI (MPSI). Alasannya adalah ASI saja tidak akan cukup. Berilah MPSI dengan gizi yang cukup dan yang sesuai dengan usianya.

Dalam sutuasi ini peranan dari Bunda sangatlah besar untuk menentukan asupan dari nutrisi yang seimbang dengan kebutugan gizi dari si kecil itu sendiri. Maka dari itu jika kurang asupan gizi umumnya berat badan bayi akan semakin menurun.

  1. Bayi Mulai Aktif

Sebelum Anda menentukan cara menambah berat badan si kecil, sebaiknya carilah dulu apa penyebab si kecil berat badannya turun atau susah naik. Perlu Bunda ketahui juga bahwa bayi usia di atas 6 bulan umumnya aktifitasnya semakin bertambah.

Dimana pada usia ini si kecil sudah mulai belajar untuk mengankat kepala, merangakak, dan duduk. Nanti ketika si kecil sudah berusia di atas 9 bulan umumnya sudah mulai belajar berjalan.

Aktifitas yang terus meningkat seperti ini secara otomatis harus juga ditunjang dengan asupan nutrisi yang tepat juga. Jika tidak, potensi berat badan si kecil akan terus menurun akan sangat besar. Selain itu juga akan menghambat perkembangannya.

  1. Terkena Penyakit

Ketika bayi mengalami gangguan pada kesehatannya, contohnya saja gangguan pada pencernaan, maka sistem penyerapan makanan akan terganggu juga. Misalnya saja si kecil akan terkena diare dan sejenisnya.

Ketika kondisi seperti ini menimpa si kecil, maka upaya Anda untuk memberikan asupan gizi yang cukup bisa terganggu. Dan pada akhinya akan berdampak juga terhadap menurunnya berat badan si kecil. Atau minimal si kecil sulit untuk gemuk.

Tips Menaikkan Berat Badan Bayi

Tips menambah berat badan bayi ini bisa Anda pilih untuk menyikapi si kecil yang berat badannya semakin menurun atau yang tidak kunjung gemuk-gemuk. Maka dari itu apabila berat badan bayi Anda cukup lamban mengalami kenaikan, cobalah beberapa tips berikut ini:

  1. Asupan ASI Berkualitas

Untuk bayi usia di bawah 6 bulan, cara satu-satunya untuk menambah berat badan si kecil adalah dengan meningkatkan pemberian ASI yang berkualitas. Sedangkan ASI yang berkualitas ditentukan dari asupan makanan Bunda.

Intinya trik menambah berat badan bayi yang satu ini bisa berhasil jika Anda melengkapi kebutuhan nutrisi harian yang Bunda konsumsi. Selain itu sebaiknya hindari tekanan yang bisa membuat Bunda stress, sebab kondisi seperti ini ternyata bisa mengurangi kualitas dari ASI Bunda.

  1. Jadawalkan Pemberian Makanan Pengganti ASI (MPASI)

MPSI ini bisa Bunda berikan ketika si kecil sudah berusia 6 bulan ke atas. Dengan sudah diberikannya MPASI ini membuat pemberian ASI untuk si kecil juga berkurang. Agar supaya berat badan bayi tidak berkurang, Anda harus memberikan MPASI yang tepat kepada si kecil.

Untuk itu trik menaikkan berat badan bayi yang harus Anda lakukan adalah dengan menjadwalkan pemberian MPASI. Bunda bisa menjadwalkan pemberian MPASI ini sebanyak 2-3 kali dalam sehari. Tentunya dengan porsi yang disesuaikan dengan usia si kecil. Yang perlu Bunda perhatikan saat memberikan MPASI adalah terkait dengan kandungan gizinya, terutama kalori.

  1. Komposisi MPASI Yang Tepat

Tips menaikkan berat badan si kecil yang terakhir adalah dengan cara memberikan komposisi MPASI yang tepat. Agar supaya berat badan si kecil naik dengan cepat maka perhatikan jenis bahan MPASI untuk si kecil.

Buatlah MPASI dengan komposisi karbohidrat, lauk, dan sayur yang sebanding (50:50). Contohnya saja nasi 4 sdm, lauk 2 sdm, dan sayurnya 2 sdm. Supaya berat badan si kecil semakin cepat bertambah, Bunda bisa memberikan tambahan berupa cemilan sehat dua kali sehari, yaitu saat menjelang siang dan sore hari.

Sebenarnya menaikkan berat badan bayi itu mudah untuk dilakukan. Dengan catatan jika tahu caranya. Semoga cara menaikkan berat badan bayi yang sudah diulas di atas bisa membantu Bunda semua.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*