Cara Memperbanyak ASI Yang Dianjurkan Untuk Ibu Menyusui

cara memperbanyak ASI www.awalsehat.nestle.co.id

Pada masa ibu menyusui tentu akn mencari tau bagaimana cara memperbanyak ASI secara alami. ASI adalah makanan yang pertama kali dan paling utama untuk bayi yang bersifat alamiah. Asi juga paling bagus sebab di dalamnya terdapat berbagai macam zat gizi yang dibutuhkan dalam proses pertumbuhan bayi Anda. Di dalam ASI terdapat gizi paling lengkap yang tidak dapat di gantikan oleh jenis makanan lainnya. Selain, mengandung berbagi jenis zat gizi , misalnya saja Air, Asam lemak, Laktosa, serta Asam Amino yang sangat baik dan sudah tentu sesuai untuk pencernaan si kecil.

Disamping itu, masih banyak lagi yang diperlukan untuk perkembangan otak, pertumbuhan dan kekebalan untuk si kecil sebab di dalamnya mengandung mikronutrien yang berfungsi untuk membantu daya tahan tubuh bayi Anda. ASI sebaiknya diberikan pada usia 6 bulan untuk menghindari dari kegemukan karena ASI itu sendiri dapat membantu menstabilkan kondisi lemak didalam tubuh si kecil. Produksi ASI dalam jumlah yang kurang banyak atau tidak standar akan menjadi masalah dalam proses menyusui. Selain bayi Anda sering rewel sebab tidak dapat kenyang dengan kondisi air ASI yang sedikit namun juga akan berdampak kurang baik untuk pertumbuhan si kecil kedepannya. Dalam mengatasi ASI yang sedikit sebenarnya tidak sulit namun banyak dari beberapa ibu yang menyusui tidak tahu caranya, sebab kurang pengetahuan tentang hal ini.

Ada beberapa cara yang perlu dilakukan untuk ibu yang meyusui dalam memperbanyak produksi ASI mereka diantaranya yaitu :

– Memperbanyak konsumsi daun katuk, dapat dimasak bening atau juga bisa di jadikan lalapan.

– Mengonsumsi susu khusus bagi ibu menyusui sebelum dan sesudah menyusui.

– Memperbanyak minum air putih.

– Memperbanyak mengonsumsi berbagai macam sayuran, misalnya seperti : Bayam, Buncis, dan Kacang Panjang.

– Menenangkan hati dan pikiran, sebab produksi ASI juga dapat dipengaruhi oleh suasana hati yang terjadi pada ibu.

Cara Mengatasi ASI Yang Keluarnya Sedikit

Selain beberapa hal yang sudah saya sampaikan tadi, sebaiknya Anda juga memperhatikan berbagai hal berikut ini :

– Pastikan bayi menyusu dengan baik dan menghisap secara benar.

Artinya, semakin banyak susu yang diminum bayi maka akan banyak pula susu yang diproduksi oleh ibu. Apabila posisi pelekatan bibir bayi pada payudara kurang tepat, seperti hanya bagian puting yang masuk ke mulut bayi maka bayi tidak bisa menyedot dengan baik. Jika bayi dinilai belum bisa menyusu dengan benar maka setelah bayi selesai menyusu, Anda bisa menggunakan cara lain untuk mengeluarkan sisa ASI. Misalnya saja yaitu dipompa, baik dengan menggunakan tangan maupun alat. Dengan begitu, tubuh akan mengetahui bahwa ASI perlu ditingkatkan sebab produksi saat ini habis.

-Perbanyak menyusui.

Anda harus tahu bahwa semakin sering mengosongkan payudara Anda, maka semakin banyak susu yang akan diproduksi. And bisa memberikan ASI setiap 2 jam sekali pada siang hari dan miniml setiap 3 jam sekali di malam hari.

-Memberikan kedua sisi payudara saat menyusui.

Anda harus membiarkan bayi menyelesaikan sisi pertama, lalu lanjutkan dengan memberikan sisi kedua.

– Jangan menggunakan dot dan botol. Semua keperluan mengisap bayi perlu dipenuhi dari payudara, kecuali karena keadaan terpaksa, misalnya saja saat Ibu harus bekerja.

– Hanya Berikan ASI pada bayi Anda .

Anda harus hindarkan bayi Anda dari makanan padat, air putih, dan susu formula jika bayi yang belum sampai 6 bulan.

-istirahat yang cukup.

Tidurlah ketika bayi tidur dan kurangi banyak pikiran. Ketika haus, Anda bisa minum cairan secukupnya akan tetapi tidak harussampai minum berlebihan sebab hal tersebut juga tidak akan meningkatkan jumlah ASI. Disamping itu, Anda juga harus makan makanan bergizi baik dan seimbang.

– Menambahkan sesi memompa setelah menyusui

Hal tersebut bisa dsangat membantu, memompa ini cukup penting saat bayi tidak menyusui dengan baik atau tidak cukup sering. Saat memompa untuk meningkatkan produksi susu, tetaplah memompa selama 2 sampai 5 menit setelah tetes terakhir susu.

Cara Melancarkan ASI secara Alami Dengan Makanan Bernutrisi

Cara melancarkan ASI yaitu bisa dengan memenuhi kebutuhan nutrisi. Memang penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi secara baik dan seimbang. Hal ini bermanfaat supaya ASI yang keluar bisa lancar dan efisien. Berikut adalah beberapa makanan yang harus dikonsumsi untuk ibu menyusui ;

– Ikan salmon

Salmon merupakan salah satu makanan terbaik bagi ibu menyusui karena sarat dengan jenis lemak yang dinamakan DHA. DHA cukup penting untuk perkembangan sistem saraf si kecil. Semua ASI tentu mengandung DHA, namun jenis nutrisi penting ini lebih tinggi dalam ASI wanita yang memperoleh DHA tambahan dari makanan yang mereka konsumsi.

-Daging sapi tanpa lemak

Jika Anda sedang mencari makanan untuk meningkatkan energi Anda maka Andab bisa mencari makanan yang mengandung zat besi, seperti daging tanpa lemak. Kekurangan zat besi bisa menguras tingkat energi Anda, sehingga susah untuk Anda dalam bersaing dengan tuntutan bayi yang baru lahir.

– Berbagai jenis kacang

Berbagai macam kacang, terutama yang berwarna gelap seperti kacang hitam dan kacang merah merupakan makanan bagi ibu menyusui yang sangat berguna. Bukan saja banyak mengandung zat besi namun juga kaya akan protein berkualitas non-hewani, dengan harga yang tidak menguras kantong. Cara memperbanyak ASI memang dianjurkan untuk mengonsumsi berbagai jenis makanan ini.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*