Cara memperbanyak ASI tanpa susah

cara memperbanyak asi www.awalsehat.nestle.co.id

Ketika bunda mulai menyusui tentu menjadi momen yang ditunggu tunggu. Ikatan kasih sayang akan segera terbentuk antara malaikat kecil anda dengan ibu. Namun, apa jadinya jika bunda sadar air susu ibu hanya tersedia sedikit sehingga bayi seringkali merasa lapar. Memberi susu formula tentu bukan solusi, toh manfaat yang diberikan beda. Cara memperbanyak ASI apakah mudah ? sebenarnya jika anda mau dan berkenan mencari tahu, ada berbagai cara yang menyenangkan dan bahkan tidak menyusahkan bunda sama sekali.

Tentu saja, jika bunda mau mencobanya dan merubah kebiasaan yang ternyata bisa menghambat produksi susu bunda. Seperti apa ?

  1. Oatmeal

Membayangkan oatmeal memang bukan suatu makanan yang ‘mengundang’ walau sejatinya justru makanan bertekstur aneh satu ini sangat bermanfaat bagi anda yang menyusui. Meski oatmeal terkenal dengan slogan rendah kolesterol mengatur tekanan darah, sebetulnya ada manfaat tersembunyi dari oatmeal yaitu membantu bunda bunda memproduksi air susu lebih banyak yang tentu saja berita gembira bagi malaikat kecil anda.Memasak oatmeal sendiri ada berbagai macam. Mulai dari mencampurkan oatmeal instant dengan susu coklat bubuk atau madu untuk dibikan sereal, sampai makanan pendamping granola. Tidak ada yang salah dengan berbagai macam cara konsumsi oatmeal, yang paling penting anda mau memakan oatmeal dengan penuh selera dan tanpa adanya paksaan. Pagi hari merupakan momen terbaik untuk mengkonsumsi oatmeal. Jika anda cukup malas untuk menyiapkan oatmeal sudah banyak oatmeal batangan yang bisa anda jadikan kudapan di sela sela menjaga si kecil, sediakan minuman favorit anda agar sesi mengkonsumsi oatmeal lebih fun.

  1. Sedia air putih

Bahkan sebelum punya anak sekalipun, mungkin anda sering mendengar kalimat peringatan dari orang terkasih anda untuk banyak minum air putih. 8 galon setiap hari. Anda bisa bisa muak mendengarnya apabila anda tidak suka minum air putih. Ternyata suka atau tidak, air putih memang sangat dibutuhkan oleh anda, terlebih ketika anda memang sedang mencari cara memperbanyak ASI alami.Tapi 8 galon setiap hari memang sedikit berlebihan, sih, sangat baik jika anda mencapainya, jikapun tidak setidaknya anda harus memastikan kalau anda tidak dehidrasi. Dehidrasi adalah musuh terbesar anda ketika pertama kali menyusui. Minum saja setidaknya 8 gelas setiap hari dengan teratur alias perlahan. Banyak orang merasa dirinya harus minum 8 gelas sekaligus demi mengejar ‘target’ air putih. Padahal, akan jauh lebih baik jika minum air putih perlahan tapi pasti. Bangun tidur adalah keharusan mengkonsumsi air putih. Selalu sedia satu botol penuh air, sehingga kalau kalau anda haus, anda bisa langsung meminum air putih tersebut sebelum memulai hari anda.

Tanpa adanya kehadiran air putih, anda seolah olah menghentikan bahan bakar dalam tubuh anda, tentu saja anda tidak ingin hal ini sampai terjadi.

  1. Jahe

Jahe adalah sahabat yang bisa dibilang sejati selama masa kehamilan. Bagaimana tidak ? jahe sangat diandalkan ketika bunda mulai merasa mual di pagi hari dan hal itu sangat wajar. Cukup seduh beberapa potong jahe dengan air, dan dunia seolah kembali normal. Ternyata hubungan anda dengan jahe tidak boleh berhenti hanya sampai disini. Bersantai sambil meminum jahe ternyata bisa menjadi cara memperbanyak ASI dengan mudah nan menyenangkan apalagi jika anda memang penggemar jahe dari awal. Ya, jahe memang mampu membantu kelenjar payudara memproduksi air susu ibu lebih banyak lagi terlepas dari efek hangat yang dirasa langsung usai mengkonsumsi jahe.Bagi anda yang tidak menyukai jahe, anda tidak perlu khawatir. Tidak hanya di tanah air Indonesia namun juga daerah Asia, semuanya nyaris sering menggunakan jahe sebagai bahan utama masakan. Yang perlu anda lakukan, jika anda belum tahu bagaimana mengolah jahe menjadi beragam jenis masakan, adalah ‘menghadap’ alias belajar resep baru. Anda bisa bertanya pada orang tua anda, atau sesepuh yang anda anggap tradisional. Jika dirasa susah, google pun membuka lebar lebar tangannya untuk membantu.

  1. Ikan salem

Masuk ke dalam restoran jepang sudah pasti sering melihat ikan merah satu ini, ya ikan salem merupakan ikan yang cukup ikonik dengan negeri sakura. Nyaris semua restoran jepang menyediakan ikan salem. Rasa ikan salem yang khas dengan berbagai manfaat nan khasiat yang melimpah membuat banyak orang menyukai ikan salem berada dalam daftar menu makanan. Berita baik untuk bunda, ikan salem tidak hanya membantu meningkatkan produksi air susu bunda, namun juga membuat kualitas air susu ibu makin tinggi. Kandungan omega ikan salem membuat air susu ibu lebih bergizi dibanding bunda yang enggan mengkonsumsi ikan salem sehari harinya.Keuntungan lain dari ikan salem tentu saja, seperti yang telah banyak dikenal, ikan salem bisa diolah menjadi beragam masakan tanpa batas yang jelas. Mulai dari bentuk sup, sampai dengan makan mentah sekalipun, ikan salem seolah olah tidak pernah meninggalkan spot light .  Memanjakan lidah penikmatnya.

 Bunda kini sudah tahu jalan jalan menyenangkan untuk meningkatkan produksi air susu ibu. Kembali lagi pada pernyataan diatas, sekarang terserah pada kemauan bunda. Tidak ada paksaan bagi bunda untuk segera melaksanakan semuanya. Tanyakan pada diri bunda sendiri, apakah bunda mau tetap berada di posisi yang sama atau mulai menjalankan cara memperbanyak Asi diatas.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*