Cara Memandikan Bayi yang Benar untuk Ibu Muda

cara memandikan bayi yang benar https://www.facebook.com/JohnsonsBabyIndonesia

Cara Memandikan bayi yang benar memang bukan perkara yang mudah. Terutama bagi mereka pasangan suami isteri yang baru memiliki buah hati yang pertama. Sebab, ada beberapa ibu muda kurang lihai dan telaten dalam memandikan buah hatinya yang baru lahir. Sehingga mereka lebih memilih menyewa jasa babysitter untuk merawat anaknya. Namun, ada juga ibu muda yang menyerahkan pekerjaan tersebut di kerjakan oleh neneknya selain perawat bayi atau babysitter. Lalu bagaimana cara memandikan bayi yang baru lahir bagi ibu muda? Bagi anda yang baru kali pertama memiliki buah hati pekerjaan seperti ini memang akan terlihat kaku di awal.

Cara memandikan bayi yang benar adalah kegiatan penting yang wajib dilakukan oleh orang tua terutama Bunda secara benar. Tujuan utama dari memandikan bayi adalah untuk membersihkan badan bayi. Dalam memandikan bayi perlu dilakukan teknik dan cara yang hati-hati agar tidak melukai badan bayi. Sebab Bunda, bayi yang baru lahir masih memiliki kondisi tubuh yang lemah. Beberapa tulang mudanya masih belum terbentuk dengan baik. Maka Bunda harus berhati-hati dalam urusan memandikan ini.

Artikel berikut ini akan membahas tentang cara memandikan bayi yang benar. Karena pada kegiatan memandikan bayi yang baru lahir dengan benar sering kali membuat ibu muda yang baru memiliki buah hati menjadi bingung. Hal tersebut dapat terlihat dari minggu pertama dimana tali pusarnya belum ‘puput, atau belum lepas. Bayi yang baru lahir memiliki jenis kulit bayi masih lembek atau empuk dan takut kulitnya yang lembut terluka. Untuk itu dokter menyarankan dalam memandikan bayi yang baru lahi, tidak memandikan dengan cara diguyur air atau terlalu lama direndam bak mandi. Namun, bayi yang baru lahir cukup dimandikan dengan menggunakan waslap saja.

Berikut ini akan dibahas lebih rinci cara memandikan bayi yang benar untuk ibu muda:

  1. Siapkan segalah kebutuhan peralatan mandi. Kemudian siapkan air hangat secukupnya, shampo dan sabun khusus bayi, handuk bayi dan waslap untuk memandikan bayi.
  2. Setelah semua perlengkapan siap, buka baju bayi pelan-pelan. Ingat ya Bun, tulang pada tubuh bayi masih belum kuat. Lalu, bungkus badan bayi anda dengan handuk. Kemudian baringkan pada alas yang anti air.
  3. Jika sudah Bunda mulai dengan membersihkan kelopak mata dengan menggunakan waslap yang sudah dibasahi air hangat dan diperas. Basuh dengan perlahan.
  4. Kemudian, beri sedikit sabun bayi pada waslap yang basah tadi. Kemudian bersihkan tubuh bayi dengan perlahan. Tutup bagian tubuh bayi yang tidak dibersihkan dengan handuk, agar bayi anda tidak merasa kedinginan.
  5. Usap bagian telinga luar bayi dengan waslap secara hati-hati agar air dari waslap tidak masuk ke dalam telinga. Jangan lupa untuk membersihkan bagian-bagian lipatan pada tubuh bayi seperti leher, tangan, dan kaki.
  6. Juga berikan sedikit shampo pada waslap kemudian gosokkan perlahan pada kepala bayi. Kemudian bersihkan waslap atau basuh perlahan kepala bayi dengan air yang bersih. Agar busa hilang.
  7. Untuk area kelamin bersihkan mulai dari arah depan ke belakang bersihkan dengan sangat hati-hati.
  8. Setelah bersih pindahkan bayi anda pada tempat yang lebih kering disarankan pindahkan ke tempat tidur. Keringkan kepala, wajah, tubuh, tangan dan kakinya secara halus dengan handuk yang halus.
  9. Kemudian gosok bagian seluruh tubuh bayi dengan minyak telon hindari kontak langsung dengan mata bayi. Dengan memberikan minyak telon dan bedak dapat membuat bayi mejadi lebih hangat.
  10. Terakhir, pakaikan bau hangat dan popok pada bayi.

 

 

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*