Cara Memandikan Bayi itu Mudah Kok

cara memandikan bayi yang benar https://www.facebook.com/JohnsonsBabyIndonesia/

Buah hati yang sangat ditunggu-tunggu sudah lahir dan saatnya orang tua untuk mengetahui cara memandikan bayi yang benar. Berbeda dengan bayi baru lahir yang harus sangat diperhatikan, bayi berusia beberapa bulan sudah bisa dimandikan dengan cara yang lebih efisien seperti mengguyur misalnya. Meski demikian, masih perlu diingat bahwa bayi juga masih terhitung lemah karena masih belum mampu duduk dengan benar.

Khusus untuk bayi yang baru lahir perlu dimandikan setiap 3 minggu sekali dan bayi yang sudah beranjak beberapa bulan bisa mulai dimandikan seminggu sekali. Hal ini dikarenakan kulit bayi yang sudah mulai mengencang dan tidak lagi terlalu sensitif. Aktivitas bayi yang menghasilkan keringat juga membuat si kecil harus mandi cukup sering. Ini dia langkah dan cara memandikan bayi yang benar:

  1. Langkah awal yang harus selalu dilakukan adalah mengumpulkan semua perlengkapan mandi yang dibutuhkan seperti handuk, sabun, tisu, bedak bayi, alas untuk mengeringkan dan popok bersih.
  2. Pilih ruangan yang memiliki suhu hangat. Terkadang kamar mandi memiliki suhu lebih dingin dari ruangan lainnya.
  3. Siapkan terlebih dahulu tempat untuk memandikan. Anda bisa memilih bak kecil atau baskom besar dengan air hangat setinggi 3 inci agar si kecil tidak tenggelam. Pastikan suhunya sekitar 37°C dengan mencelupkan pergelangan tangan Anda.
  4. Tanggalkan baju bayi sesaat sebelum dimasukkan ke dalam air hangat. Hindari membawa bayi dalam keadaan telanjang sebelum mandi karena akan menyebabkan perut kembung.
  5. Letakkan bagian belakang leher bayi di pergelangan tangan dan mulailah membasahi kaki, tangan lalu seluruh tubuh bayi. Mencelupkan semua bagian tubuh bayi secara langsung hanya akan membuatnya kaget dan rewel.
  6. Mulailah teteskan sedikit sabun pada handuk dan usahakan agar busa bisa menjangkau semua lipatan tubuh. Hindari penggunaan sabun mandi biasa namun coba pilih sabun bayi dengan kandungan pH yang seimbang sehingga aman untuk kulit bayi yang cukup sensitif.
  7. Gunakan handuk bersih untuk menyeka bagian berlendir seperti mata dan alat kelamin bayi. Untuk daerah rawan ini, handuk yang bersabun akan berbahaya tentunya. Alat kelamin bayi bisa dibersihkan dengan menyeka dari bagian depan hingga ke belakang. Untuk bayi laki-laki, hindari menarik buah zakar dan ujung alat kelamin. Hindari melakukan gerakan ke arah dalam alat kelamin agar tak ada bakteri yang masuk.
  8. Bagian telinga bayi juga perlu dibersihkan namun tak sampai ke bagian dalamnya ya, Bun. Pakailah cotton bud yang berkualitas dan usapkan pada bagian lubang luar hingga ke celah daun telinga.
  9. Setelah selesai memandikan bayi, Ibu bisa mulai mengeringkan dan langsung membungkusnya dengan handuk yang baru. Jangan lupa untuk melembutkan kulit bayi dengan sedikit bedak.

Saat akan memakaikan baju, ibu juga perlu mengoleskan minyak bayi atau baby oil karena air hangat sudah mengurangi kelembapan kulit. Pilihlah baby oil yang mengandung bahan alami yang dapat mengembalikan kelembapan alami kulit bayi. 9 langkah di atas tentu mudah untuk dipraktikkan, bukan? Mereka yang sudah memiliki bayi tentu tidak begitu kaget saat harus melakukan aktivitas ini, namun untuk para calon ibu dan mereka yang berencana untuk memiliki bayi, wacana tentang cara memandikan bayi dengan benar harus diketahui jauh bahkan sebelum si kecil lahir. Selamat menikmati saat-saat yang menyenangkan antara ibu dan si kecil ya, Bun.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*