Cara Efektif Menjaga Kehamilan Muda agar Terhindari dari Hyperemesis

menjaga kehamilan muda https://www.facebook.com/ibudanbalita

Menjaga kehamilan muda tidak boleh disepelakan. Beberapa ibu hamil justru merasa kualahan atau merasa lebih sulit untuk menjaga kehamilan ketika trimester pertama daripada kedua dan ketiga. Hal ini dikarenakan banyak sekali keluhan kesehatan yang sering dialami pada masa hamil muda.

Jika ibu sedang hamil muda, apakah keluhan kesehatan yang paling sering ibu alami? Kebanyakan ibu hamil muda mengatakan morning sickness merupakan keluhan yang paling sering mereka alami. Mual dan muntah hampir setiap hari terjadi.

Namun, ibu tidak boleh menyepelekan morning sickness ini. Pasalnya, ada istilah hyperemesis di mana rasa mual dan muntah itu berlebihan.

Bahaya Hyperemesis

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, hyperemesis merupakan kondisi di mana ibu hamil mengalami morning sickness yang luar biasa. Tentu hal ini harus diantisipasi agar tidak terjadi dampak yang lebih buruk lagi.

Ibu hamil yang mengalami hyperemesis umumnya kondisi kesehatannya drop. Hal ini dikarenakan mereka cenderung kehilangan nafsu makan. Sementara itu, semua yang masuk ke dalam perut dikeluarkan karena muntah. Jika kondisi ini berlangsung lama, bukan tidak mungkin kesehatan janin juga akan terganggu. Itulah mengapa penting sekali ibu tahu bagaimana cara menjaga kehamilan muda, terutama cara menangani hyperemesis.

Khusus bagi wanita karir, kondisi badan yang drop akibat hyperemesis tentu saja akan sangat merugikan. Pekerjaan tidak bisa ter cover dan kesehatan ibu dan juga janin kemungkinan memburuk. Jelas cara menjaga kehamilan muda saat bekerja harus benar-benar dipraktekkan agar pekerjaan sehari-hari tidak terganggu dan kesehatan janin normal.

Dan yang lebih parah lagi ketika justru berat badan ibu turun. Hyperemesis sering sekali mengakibatkan berat badan ibu mengalami penurunan. Tentu hal ini bukan tanda yang baik, bukan?

Cara Mencegah Hyperemesis

Ibu sekarang sudah tahu apa bahayanya jika ibu mengalami hyperemesis. Nah, sekarang ibu harus mengatahui info ibu hamil tentang cara pencegahannya.

Karena hyperemesis merupakan kondisi di mana ibu mengalami mual dan muntah yang luar biasa, tentu saja cara pencegahan paling utama adalah menghindari makanan yang membuat ibu muntah. Dalam hal ini, setiap ibu hamil berbeda-beda. Ada makanan tertentu yang membuat setiap ibu hamil mual dan muntah. Dan makanan tersebut harus dihindari sebagai menjaga kehamilan muda.

Selain itu, ibu juga harus mengatur pola makan yang tepat. Menurut para ahli kandungan, cara yang tepat untuk menghindari mual yang luar biasa saat kehamilan muda adalah mengurangi porsi makanan namun ibu harus makan lebih sering. Dalam satu hari, ibu bisa makan 5-6 kali.

Bagaimana jika ternyata rasa mual dan muntah tersebut dikarenakan ibu mengkonsumsi susu ibu hamil? Apakah ibu boleh stop minum susu kehamilan? Sebenarnya tidak dianjurkan ibu hamil berhenti mengkonsumsi susu ibu hamil lantaran kandungan nutrisi dalam susu yang sangat dibutuhkan untuk perkembangan janin dalam kandungan.

Jika memang penyebab mual dan muntah itu susu ibu hamil, ibu bisa mencoba mengganti susu. Selain itu, cobalah untuk mengurangi takaran susu. Yang jelas, jangan sampai ibu justru membahayakan perkembangan janin dalam kandungan dengan berhenti mengkonsumsi susu ibu hamil.

Itulah beberapa cara menjaga kehamilan agar terhindari dari hyperemesis. Jadi, mulai sekarang jangan anggap remeh rasa mual dan muntah. Jika mual dan muntah tersebut berlebihan (hyperemesis) dan berakibat buruk bagi kesehatan ibu dan janin, ibu bisa menerapkan menjaga kehamilan muda tersebut di atas.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*