Cara Asyik Menghitung Usia Kehamilan

menghitung usia kehamilan https://www.facebook.com/ibudanbalita/

Menghitung usia kehamilan bisa ibu lakukan di rumah. Tidak perlu datang ke dokter karena kini sudah kalkulator online untuk menghitung berapa usia janin yang sedang ibu kandung saat ini. Dengan hanya memasukkan beberapa data saja, ibu akan tahu berapa usia kandungan.

Akan tetapi, bukan itu saja yang menjadi tujuan menghitung usia kehamilan. Dengan mengetahui usia kandungan, ibu juga tahu kira-kira pada tanggal berapa dan bulan apa sang buah hati akan lahir ke dunia.

Agar ibu semakin excited dalam menjalani masa kehamilan, ibu harus tahu cara yang asyik untuk menghitung usia kehamilan berikut ini.

Memasang Kalender di Kamar

Sebelumnya, ibu harus tahu melakukan penghitungan usia kehamilan secara online. Hal ini perlu dilakukan untuk mengetahui berapa usia bayi dalam kandungan.

Setelah itu, tempelkan kalender di tembok kamar dan ibu bisa tandai tanggal yang menunjukkan pergantian bulan. Mungkin ibu bisa tandai stiker bergambar bayi atau lingkaran dengan menggunakan spidol warna warni.

Dengan cara tersebut, ibu akan mengingat-ingat terus bahwa ibu sedang mengandung. Ada janin yang sedang berkembang di dalam janin yang harus jaga kesehatannya. Setiap kali ibu melihat kalender, ibu tidak akan terlena untuk melakukan hal yang membahayakan perkembangan janin seperti mengkonsumsi makanan favorit tapi tidak sehat.

Menuliskan Tanda Perkembangan Janin

Selain menandai pergantian usia kehamilan pada kalender, ibu juga perlu menuliskan tanda-tanda perkembangan janin di setiap tanggal pergantian janin. Ini bisa dijadikan alert apakah ibu sudah merasakan tanda perkembangan janin sesuai usianya atau belum.

Jadi, menghitung usia kehamilan tidak hanya mengetahui usia janin saja, tapi juga sekaligus mengetahui bagaimana perkembangan janin. Ibu bisa mencari tahu hal-hal yang berkaitan dengan perkembangan janin sesuai dengan usianya serta tanda-tandanya. Seperti contoh, saat usia janin sudah mencapai 3 bulan, biasanya sudah ada gerakan-gerakan kecil.

Jadi, pada kelander, ibu bisa mendandai pergantian usia kehamilan sekaligus tanda-tanda dari perkembangan janin. Ini bisa ibu jadikan warning jika ibu tidak merasakan tanda-tanda tersebut, maka ibu harus konsultasi kehamilan segera dengan dokter kandungan.

Memberi Tanda Kapan Harus Melakukan Persiapan Pra Persalinan

Tentu banyak sekali yang harus ibu persiapkan untuk menyambut kehadiran sang buah hati, mulai dari pakaian bayi, popok, selimut, tempat tidur, dan lain sebagainya. Atau mungkin ibu juga perlu mendesain ruangan khusus untuk sang buah hati. Tentu ibu memerlukan waktu yang tidak sedikit.

Oleh sebab itu, setelah ibu menghitung usia kehamilan, ibu juga harus menandai tanggal harus melakukan persiapan kelahiran. Pada tanggal itulah ibu harus mulai berbelanja alat-alat yang harus disiapkan.

Persiapan Cuti

Bagi ibu yang menjadi wanita karir, terkadang kesibukan setiap hari membuat ibu lupa kapan harus mengajukan cuti. Padahal, cuti hamil harus direncanakan jauh-jauh hari. Ibu harus membereskan beberapa pekerjaan sebelum pekerjaan tersebut di take over oleh rekan sekantor ibu. Oleh karena itu, ibu perlu menandai tanggal kapan ibu harus mengajukan cuti.

Menghitung usia kehamilan dengan cara tersebut akan menjadi pengingat bagi ibu agar selalu menjaga kehamilan. Lebih dari itu, ibu juga bisa mengontrol kesehatan kandungan setiap hari berdasarkan perkembangan janin.

Terlepas dari itu semua, ibu harus tahu hasil penghitungan usia kehamilan itu tidak 100% valid. Ibu bisa gunakan cara apapun mulai dari USG atau kalkulator penghitung usia kehamilan secara online. Tidak ada yang memberikan hasil yang valid dalam menghitung usia kehamilan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*