Cara Agar Bayi Cepat Tidur dengan Mudah

Cara agar bayi cepat tidur

www.johnsonsbaby.co.id

Cara agar bayi cepat tidur tentu banyak dicari oleh orang tua, terutama pasangan yang baru saja mendapatkan anak pertama mereka. Bayi sebagai anugrah dunia tentu tidak ingin anda lepaskan begitu saja hanya karena kesulitan menidurkan anak anda.

Sebelumnya, mari kita mulai dari masalah paling umum: Merancang rutinitas bayi

Beberapa orang tua mungkin tidak tahu bahwa bayi sangat menyukai stabilitas, jadi pastikan anda telah membuat jadwal tidur sang bayi dan patuhi jam tersebut sesering mungkin. Bagian terpenting dari menidurkan bayi adalah melakukan rutinitas bayi bersiap tidur di waktu yang sama setiap malam. Tentu, akan ada masa dimana jadwal ini tidak dapat dipatuhi, tapi cobalah sesering mungkin tidak melanggar kecuali memang mendesak. Anda tidak akan menyukai ketika harus menidurkan bayi yang terlalu capai. Itu akan jadi malam yang panjang bagi bayi dan anda.

Hal kedua yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah buatlah lingkungan tenang dan nyaman untuk bayi beristirahat.

Jika anda tidur, tentu anda sangat benci jika kamar berantakan, terlalu panas, dan suara berisik dimana mana, begitu pula dengan suasana tidur bayi. Kamar seorang bayi harus diletakkan di situasi yang mendukung.

Bayi juga sangat mudah tertarik terhadap hal apapun. Singkirkan mainan favorit bayi dan pengalih perhatian lainnya dari jangkauan mata bayi, redupkan lampu, dan pastikan suara menganggu ke tingkat minimum.

Pastikan pula matras bayi empuk, dengan seprei rapi, mulus, tidak berantakan (bidang yang berliku bisa membahayakan kesehatan bayi dan menganggu kenyamanan punggung bayi). Jika anda melihat ada sedikit saja cahaya masuk menembus kamar, mungkin anda bisa mempertimbangkan kain gorden berwarna gelap untuk menghalangi jalan tembus sinar.

Mungkin anda sering mendengar rutinitas berikut ini: Mandi air hangat, buku dongeng, dan kasur. Ketiga rutinitas tidur ini paling populer diantara bayi. Menikmati mandi air hangat sebelum tidur menimbulkan rasa nyaman (anda dapat mencoba memberi pijatan pada bayi sebelum memakaikan pakaian tidur bayi) dan membacakan dongeng untuk bayi dapat mempererat hubungan antar ibu dan bayi.

Pakaian tidur juga tidak kalah penting, anda tidak ingin memakaian pakaian yang terlalu tebal atau malah terlalu tipis untuk bayi. Dia tidak mudah tidur jika merasa terlalu panas atau dingin saat malam hari. Sebagai tambahan, suhu yang terlalu panas meningkatkan resiko kematian bayi secara mendadak. Jaga suhu kamar tetap nyaman, dan pakaikan piyama bayi berbahan ringan. Jika anda khawatir bayi demam, bedong dia dengan menggunakan selimut atau pakaikan kantung tidur (jangan gunakan selimut biasa pada bayi saat di kasur karena bayi bisa merasa tercekik)

Tidurkan bayi dengan tenang saat masih terjaga

Ingat, bayi menyukai rutinitas, jadi jika anda sering menggoyang tempat tidur bayi atau mengelus bayi sampai tidur saat malam, maka anda harus mengulangi fase ini setiap bayi bangun kembali. Sama halnya dengan menyusui dengan ASI maupun susu formula. Jika bayi kecil anda bengong saat disusui, cobalah untuk berhenti sampai ia tertidur.

Anda mungkin sudah merasa muak diingatkan untuk menidurkan bayi dalam keadaan tengkurap, karena bayi yang tidur terlentang memiliki resiko kematian secara mendadak saat tidur. Tapi jika bayi anda guling kembali ke kondisi terlentang usai tengkurap saat tidur maka sebenarnya tidak masalah.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*