Butuh Usaha Ekstra Untuk Mengatasi Anak Pemalu Dalam Bergaul

www.friso.co.id

Ada lho bu cara mengatasi anak pemalu dalam bergaul. Dan itu artinya sifat malu pada anak itu bukan karakter bawaan. Ini soal kebiasaan saja.

Meskipun demikian, ada juga pakar psikologi anak yang mengatakan anak pemalu itu karakter bawaan. Meskipun demikian, mereka menjelaskan karakter bawaan tersebut terbentuk karena waktu. Ada faktor yang menyebabkan seorang akan menjadi pemalu.

Bisa saja anak pemalu itu karena kesalahan yang ibu lakukan. Pasalnya, banyak orang tua yang lebih sering mengurung anak mereka di dalam rumah. Ketika weekend tiba, mereka tidak mengajak anak mereka keluar rumah tapi hanya bersantai dan tidur di rumah saja. Itulah salah satu kesalahan yang membuat anak pemalu dan tidak bisa bergaul dengan orang lain.

Mungkin ibu merasa tidak melakukan kesalahan. Dan yang paling penting sekarang adalah bagaimana mengatasi anak pemalu dan pendiam.

Step By Step Mengatasi Anak Pendiam

Sebenarnya tidak sulit mengatasi anak yang pendiam. Hanya saja, ibu harus lebih bersabar karena ibu harus meluangkan waktu. Masalah yang satu ini tidak bisa diatasi dalam sekejap mata. Membutuhkan waktu yang cukup lama agar anak tidak lagi pendiam.

  • Beri Contoh

Banyak psikolog anak yang menjelaskan ternyata anak pendiam itu disebabkan orang tua juga pendiam. Ini sangat masuk akal mengingat anak cenderung meniru orang lain. Dan orang yang paling sering ia lihat adalah orang tuanya sendiri. Jadi, sangat wajar jika anak pendiam lantaran orang tua juga pendiam.

Untuk itu, hal pertama yang harus ibu lakukan adalah memberikan contoh. Ibu bisa beri saja contoh bagaimana menyapa orang lain, mulai dari kalimat apa yang harus diucapkan dan bagaimana berjabat tangan dengan orang lain. Langkah sederhana ini akan menghilangkan rasa malu pada anak sehingga ia bisa lebih mudah bergaul dengan orang lain sekalipun orang tersebut baru pertama kali ia temui.

  • Masukkan Anak Ke Sekolah

Setiap orang tua memiliki alasan sendiri mengapa mereka memasukkan anak mereka ke sekolah lebih awal. Akan tetapi, alasan yang tepat jika ibu memasukkan anak ke sekolah lantaran anak pendiam dan susah bergaul.

Mengapa demikian? Dengan membiarkan anak bertemu dengan rekan sebayanya di sekolah, maka ia akan mulai beradaptasi dengan lingkungan. Ia akan terbiasa bertemu dengan orang selain orang tua.

Menyekolahkan anak lebih awal sangat disarankan jika dilingkungan di mana ibu tinggal tidak banyak anak seusia si kecil atau interaksi dengan tetangga sangat jarang sekali. Ibu bisa memasukkan si kecil ke taman bermain yang biasanya menerima anak balita usia 2 tahun.

Usia 2 tahun memang bukan usia untuk sekolah. Di sekolah tersebut, kebanyakan anak akan dibiarkan untuk bermain dengan anak lain yang seumuran. Sementara itu, penjaga atau baby sitter akan mengarahkan agar anak ibu lebih banyak berinteraksi, bukan belajar layaknya sekolah formal.

  • Buat Jadwal Jalan-Jalan

Cara mengatasi anak pemalu yang satu ini sebenarnya yang paling manjur. Sekalipun ibu sudah memasukkan anak ke sekolah, peran langsung ibu lebih penting lho. Jadi, ibu tidak hanya menjadi orang tua, melainkan juga teman serta guru.

Untuk mengatasi anak yang pendiam, ibu bisa membuat jadwal jalan-jalan, Setiap jumat sore, ibu bisa pikirkan mau ibu ajak kemana si kecil di hari sabtu minggu besok. Ibu bisa mengajak ke tempat sepupu, saudara, pamam, teman, dan lain sebagainya. Dan usahakan ibu mengajak ke tempat yang berbeda. Semakin banyak yang ia kenal, maka ia akan semakin mudah menghilangkan rasa malu.

Tidak perlu banyak tips mengatasi anak pendiam. 3 hal tersebut jika ibu lakukan secara konsisten akan membuat anak ibu mudah berinteraksi dan bergaul dengan orang lain.

Bahaya Anak Pemalu

Mengapa ibu harus mengatasi anak pemalu? Ini bukan masalah yang sepele. Dan untuk mengatasi masalah yang satu ini, ibu harus melakukan tindakan sedini mungkin. Karena ketika anak sudah dewasa, maka semakin sulit untuk mengatasi anak pemalu.

Anak yang pemalu itu susah untuk berkembang. Dan untuk meraih kesuksesan, ia juga akan mengalami kesulitan. Pasalnya, pada zaman sekarang, orang yang sukses itu cenderung mudah bergaul dengan orang lain. Semakin luas pergaulan, maka seseorang akan lebih mudah mendapatkan kesuksesan.

Jadi, anak yang pemalu itu pada awalnya akan sulit berkembang. Ia takut dan minder sehingga sulit untuk berkembang. Lebih dari itu, ia tidak memiliki banyak teman sehingga sangat menghambat tumbuh kembangnya. Dan ketika dewasa nanti, ia menjadi pribadi yang pemalu dan pasti sulit untuk mencapai apa yang ia inginkan.

Agar ibu lebih tahu tentang parenting, ibu bisa kunjungi situs Friso. Ini merupakan situs yang membagikan informasi mengenai bagaimana menjadi orang tua yang tepat. Ini terdengar sepele. Tapi, coba ibu lihat banyak orang tua yang ternyata salah dalam menerapkan pola asuh. Akibatnya, anak mereka tidak bisa berkembang maksimal. Padahal, pola asuh yang tepat saat anak masih balita sangat menetukan perkembangannya nanti ketika ia sudah dewasa.

Jadi, parenting itu meliputi banyak hal, tidak hanya bagaimana mengatasi anak pemalu dalam bergaul. Ini lebih kepada bagaimana ibu sebagai orang tua mengetahui bagaimana mendukung potensi anak ibu sendiri dan bagaimana agar tumbuh kembangnya lebih optimal, tidak kalah dengan anak-anak yang lain.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*