Butuh Magic Untuk Menghadapi Anak Susah Makan?

anak susah makan

Frustasi menghadapi anak susah makan? Tenang saja. Ibu memerlukan magic khusus untuk mengatasi masalah tersebut. Apa itu?

Ini bukan sekedar bagaimana cara mengatasi masalah anak yang susah makan. Mungkin ibu bisa dapatkan tips dan trik mengatasi masalah tersebut. Dan ibu sudah pratikkan satu atau beberapa tips dan trik tersebut walaupun hasilnya nol besar. Hal ini disebabkan ibu tidak menyentuh akar penyebab anak mogok makan.

Oleh sebab itu, hal utama yang harus Anda lakukan adalah mencaritahu apa penyebabnya. Apakah itu disebabkan oleh masalah kesehatan oral atau mulut si kecil ataukah sang buah hati merasa bosan dengan menu makanan yang selalu sama?

Setelah ibu tahu penyebabnya, ibu tinggal terapkan magic berikut ini untuk mengatasi masalah tersebut.

Siapkan Menu Makanan Yang Benar-Benar Berbeda

Jika selama ini ibu memberikan menu makanan berupa nasi, entah itu nasi liwet, nasi goreng, atau nasi dicampur dengan sayur, ibu bisa coba pertimbangkan untuk membuat menu makanan yang benar-benar berbeda. Ibu bisa membuat menu makanan dengan bahan yang belum pernah dicoba oleh si kecil atau dengan menggunakan bahan yang biasa ibu gunakan namun tampilannya yang berbeda.

Dalam hal ini, ibu harus tahu anak memiliki rasa ingin tahu yang sangat tinggi. Ia cenderung lebih tertarik pada hal yang baru. Diharapkan, dengan menyediakan menu makanan yang benar-benar berbeda, ibu bisa mengembalikan lagi nafsu makan sang buah hati.

Salah satu menu yang bisa ibu coba adalah menu roti panggang. Biasanya, menu seperti ini disajikan di pagi hari sebagai menu sarapan. Gunakan selai yang kira-kira disukai oleh si kecil seperti selai coklat dan keju. Semoga magic food ini bisa membuat anak tidak susah makan lagi.

Siapkan Tempat Makanan Istimewa

Bisa saja anak bukan bosan pada menu makanan tapi cara mengkonsumsi makanan. Untuk itu, ibu bisa coba belikan tempat makanan yang bagus. Sebaiknya ibu browsing untuk mencari piring, sendok, dan peralatan makan untuk anak lainnya yang tampilannya lucu.

Bagus juga jika ibu membuatkan kursi dan meja khusus untuk sang buah hati. Dengan suasana yang berbeda, maka nafsu makan anak bertambah. Ini cara yang patut dicoba untuk dilakukan ketika anak sulit makan.

Makan Bersama

Tahukah ibu anak kecil cenderung meniru kebiasaan orang dewasa? Lihat saja bagaimana anak balita yang mulai mencontoh apa saja yang dilakukan oleh orang tua. Jika anak ibu perempuan, ia biasanya meniru bagaimana ibu memakai makeup. Sementara itu, anak laki-laki suka menirukan perilaku ayah seperti ketika sedang memperbaiki sesuatu di rumah.

Hal inilah yang harus ibu manfaatkan. Ibu sebaiknya membiasakan untuk mengajak anak makan bersama di satu meja. Anak akan melihat bagaimana orang tuanya mengkonsumsi makanan. Ia akan tertarik dengan sendirinya.

Sayangnya, banyak orang tua yang justru makan secara terpisah dengan anak. Alasannya agar anak tidak mengganggu ketika mereka sedang makan. Biasanya, mereka menyuapi anak terlebih dahulu baru kemudian mereka makanan sendiri. Apakah ibu juga melakukan hal yang sama?

Sebaiknya hentikan hal tersebut. Mulailah dengan mengajak si kecil bergabung di meja makan bersama. Ini akan membuat anak yang susah makan menjadi lahap mengkonsumsi menu makanan apa saja.

Mengubah Cemilan Menjadi Menu Makanan

Beruntung sekali banyak sekali cemilan yang sebenarnya bisa digunakan sebagai menu makanan lho. Contohnya saja arem-arem. Ini merupakan makanan berupa nasi dan lauk seperti daging dan tempe yang ditaruh di dalam nasi yang dibungkus dengan daun pisang. Cara makannya tinggal dipegang layaknya memagang pisang. Dengan mengkonsumsi arem-arem, anak ibu tidak merasa sedang mengkonsumsi makanan melainkan cemilan.

Tentu saja ada banyak lagi jenis cemilan yang fungsinya sama seperti menu makanan utama. Dalam hal ini, pastikan menu cemilan tersebut mengandung karbohidrat ya. Pasalnya, menu makanan yang baik harus mengandung karbohidrat agar anak berenergi.

Mengajak Anak Memasak

Jika anak ibu sudah berusia sekitar 3 tahun ke atas, tidak salah jika ibu mengajaknya ke dapur untuk mempersiapkan menu makanannya sendiri. Melibatnya anak dalam proses memasak akan membuatnya senang dan bersemangat. Ia akan merasa senang karena ia membuat makanannya sendiri.

Ibu bisa siapkan alat masak yang tidak terlalu tajam. Belikan alat masak yang terbuat dari plastik. Mintalah si kecil untuk memotong bahan makanan yang mudah untuk dipotong seperti sayuran, kacang-kacangan, dan lain sebagainya. Dengan melibatkan anak dalam proses memasak, diharapkan masalah anak yang sulit makan bisa teratasi.

Beri Makanan Dengan Porsi Sedikit

Ada satu hal yang tidak banyak disadari oleh para orang tua. Jika anak terlalu banyak makan, hal tersebut bisa membuat anak kehilangan nafsu makan di kemudian hari. Apalagi jika sistem pencernaanya tidak lancar. Setelah makan banyak, ia tidak BAB atau buang air besar. Dengan demikian, perutnya kembung dan akhirnya ia susah makan.

Ada baiknya jika ibu membatasi porsi makanan sang buah hati. Kalaupun anak senang sekali dengan menu makanan yang ibu buatkan, pastikan si kecil makan dengan porsi yang secukupnya saja. Lebih baik makan lebih sering dengan porsi yang sedikit daripada makan dengan porsi besar namun jarang.

Mana hal yang sepertinya bisa ibu lakukan untuk mengatasi anak yang susah makan? Jika anak susah makan hingga berhari-hari dan menyebabkan tubuhnya lemas tak bertenaga, sebaiknya pada saat itu juga ibu ajak anak ke dokter agar dilakukan pemeriksaan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*