Bunda, Raih Peluang Memajukan Diri dengan Beasiswa

ahmadarib.com

Belajar, belajar, belajar. Kehidupan manusia tidak pernah terlepas dari kegiatan belajar. Belajar tidak hanya terbatas pada duduk di suatu ruangan atau area untuk mendengarkan pembelajaran, tetapi juga proses menemukan hal baru, sampai belajar beradaptasi terhadap lingkungan baru. Tidak dapat dipungkiri, beberapa perusahaan mensyaratkan karyawannya untuk meraih gelar tertentu jika ingin kenaikan jabatan. Selama ini mungkin Bunda mempertimbangkan hal-hal tertentu untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya, mulai dari adanya keluarga yang perlu diurus hingga masalah pembiayaan kuliah. Tenang Bunda, banyak lembaga, baik lembaga dalam negeri maupun luar negeri yang menawarkan peluang beasiswa. Tentu saja masing-masing dengan keunggulan dan kelemahannya masing-masing yang perlu disesuaikan dengan kondisi Bunda saat ini. Informasi ini bukan hanya berlaku untuk Bunda saja loh, tetapi juga dapat disebarkan kepada anak, keluarga, maupun teman. Berikut ini keterangan masing-masing beasiswa yang rutin ditawarkan.

Beasiswa LPDP

Beasiswa LPDP merupakan program beasiswa penuh yang disediakan oleh pemerintah Indonesia. Programnya dinamai Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI). Jenis beasiswa yang ditawarkan beasiswa LPDP beragam, seperti BPI Program Magister dan Doktor, BPI Program Afirmasi, Beasiswa Presiden, BPI Program Tesis/Disertasi, dan beasiswa dokter spesialis. Beasiswa ini bukan hanya menawarkan beasiswa di dalam negeri, tetapi juga ke luar negeri walaupun pembiayaannya tetap berasal dari dalam negeri. LPDP berfokus pada disiplin ilmu terkait pengembangan kualitas sumber daya manusia di berbagai bidang yang menunjang percepatan pembangunan Indonesia, yaitu bidang teknik, sains, pertanian, hukum, ekonomi, keuangan, kedokteran, agama, dan sosial-budaya.

Beasiswa BPP-DN dan BPP-LN

Beasiswa ini cocok bagi Bunda yang berkarier dalam dunia pendidikan. Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Dalam Negeri (BPP-DN) dan Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Luar Negeri (BPP-LN) menyediakan biaya pendidikan penuh.

Beasiswa American Indonesian Exchange Foundation (AMINEF)

American Indonesian Exchange Foundation atau disingkat AMINEF merupakan lembaga non-profit yang mengelola beasiswa Fulbright di Indonesia. AMINEF didirikan pada tahun 1992. Program beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa Indonesia dan Amerika untuk belajar, mengajar, ataupun melakukan penelitian dalam berbagai disiplin ilmu. Fasilitas yang diberikan beasiswa ini ialah asuransi kesehatan, tiket pesawat pulang-pergi, buku-buku yang diperlukan saat studi lanjut, biaya kuliah penuh, dan biaya hidup selama berkuliah. Umumnya penerima beasiswa ini adalah mahasiswa yang akan melanjutkan kuliah S2 atau S3 ke luar negeri.

Beasiswa Stuned/Neso Indonesia

Beasiswa ini merupakan program beasiswa yang ditawarkan oleh pemerintah Belanda kepada para mid-career professional Indonesia sebagai bagian dari bentuk kerjasama bilateral antara pemerintah Belanda dengan Indonesia. Program beasiswa ini direalisasikan sebagai bagian dari kebijakan kerja sama pembangunan pemerintah Belanda yang bertujuan untuk mendukung pencapaian “UN Millenium Development Goals” pada tahun 2015. Kerangka kerja sama bilateral dengan Indonesia tercantum dalam Multi-Annual Policy Framework 2012-2015 yang memiliki lima bidang yang diprioritaskan, yaitu manajemen air (water management), ketahanan pangan (food security), sektor ekonomi (economy sector), sektor judisial (judicial sector), dan hak asasi manusia (human rights).

Beasiswa Eramus Mundus

Beasiswa Erasmus Mundus merupakan beasiswa berbentuk hibah dari Uni Eropa. Beasiswa ini bertujuan mendorong dan membuka kesempatan kepada lulusan S1 yang memenuhi syarat dari negara-negara di luar Uni Eropa untuk mengikuti beasiswa di Eropa dalam jangka waktu 1-2 tahun. Selain itu, tersedia pula dana untuk para akademisi untuk melaksanakan kegiatan mengajar atau penelitian dan kegiatan ilmiah di lembaga-lembaga yang turut serta dalam Program-program Magister Erasmus Mundus. Fasilitas yang diberikan beasiswa ini mencakup pemberian biaya perjalanan, biaya kuliah, biaya hidup bulanan, akomodasi, asuransi kesehatan, dan lain-lain.

Bagi Anda yang berkarier sebagai jurnalis, beasiswa ini juga menawarkan program beasiswa Erasmus Mundus Master’s Jurnalism, Media and Globalization.

Beasiswa Monbukagakusho

Beasiswa Monbukagakusho tersedia untuk jenjang S1 dan S2. Beasiswa ini dapat dipergunakan untuk mengambi S2 di universitas-universitas di Jepang dan diberikan tanpa ikatan dinas. Fasilitas yang diberikan beasiswa ini ialah biaya kuliah dan biaya hidup. Biasanya beasiswa ditawarkan awal April tiap tahunnya.

Beasiswa Chevening

Pemberi penawaran beasiswa ini ialah pemerintah Inggris dan ditujukan bagi mahasiswa asing. Beasiswa Chevening merupakan program beasiswa S2 penuh untuk studi di universitas-universitas Inggris. Selain tanggungan biaya kuliah, penerima beasiswa juga memperoleh tiket perjalanan, biaya penyusunan tesis, tunjangan hidup, dan uang saku bulanan.

Beasiswa Eiffel

Umumnya, pada masa muda seorang wanita menginginkan untuk menginjakkan kakinya di negara ini. Nah, beasiswa ini dapat menjadi peluang untuk mewujudkan impian tersebut. Beasiswa Eiffel ditawarkan setiap tahun bagi siswa Indonesia. Pelamar yang berminat biasanya diminta untuk mendaftar terlebih dahulu ke universitas yang dituju, kemudian meminta pihak universitas mendaftarkan nama pelamar ke penyelenggara Beasiswa Eiffel. Fasilitas yang didapat oleh penerima beasiswa ini adalah tunjangan hidup bulanan, tiket perjalanan, asuransi kesehatan, tunjangan akomodasi, dan biaya kuliah.

Beasiswa Australia Awards

Bagi para siswa yang ingin kuliah di Australia, terdapat banyak beasiswa yang ditawarkan. Salah satunya adalah Beasiswa yang secara rutin ditawarkan oleh Universitas. Beasiswa di Australia ini diberikan baik kepada siswa lokal maupun siswa internasional yang memiliki prestasi akademik yang baik. Fasilitas yang diberikan kepada penerima beasiswa adalah uang kuliah, biaya hidup, dan biaya perjalanan. Selain menawarkan beasiswa kepada siswa yang tengah belajar, beasiswa dari Universitas ini juga ditawarkan kepada siswa yang sedang dalam tahap mendaftar pada universitas atau institusi tersebut. Untuk mendapatkan beasiswa ini terdapat beberapa syarat yaitu prestasi akademik yang baik dari tingkat pendidikan yang terakhir, kemampuan berbahasa inggris yang dibuktikan dengan sertifikat IELTS serta kegiatan ekstrakulikuler dan kegiatan sosial yang telah dilakukan. Selain beasiswa universitas, terdapat beberapa macam beasiswa yang ditawarkan oleh Pemerintah Australia, seperti beasiswa Australian Awards, Endeavour Scholarships and Fellowships, dan International Postgraduate Research Scholarships.

Ayo pikirkan Bunda, jika ada peluang yang lebih baik dalam meningkatkan karier maupun menghemat biaya pendidikan, mengapa tidak diambil?

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*