Bukan Bintik-Bintik Saja Menjadi Tanda Alergi Pada Bayi

Alergi pada anak www.friso.co.id

Banyak sekali ibu yang mendiskusikan tentang alergi pada anak di forum Friso. Ibu juga bisa bergabung di forum tersebut agar ibu mendapatkan lebih banyak informasi kesehatan anak.

Banyak ibu yang menemukan banyak sekali fakta tentang alergi kulit pada bayi. Namun, ada juga ibu yang melihat adanya tanda alergi yang lain.

  • Muntah

Ini merupakan tanda lain bayi mengalami alergi. Muntah ini bisa saja disebabkan oleh makanan atau susu ibu berikan. Jika bayi ibu sudah mengkonsumsi makanan atau minuman selain ASI, sebaiknya ibu hati-hati. Hentikan dulu pemberian makanan dan minuman tersebut sampai akhirnya bayi tidak muntah lagi.

Alergi ini sering bisa juga disebabkan oleh susu. Susu soya bisa sering menjadi penyebab alergi pada bayi. Sebaiknya hentikan dulu memberikan susu tersebut. Akan lebih baik jika ibu memberikan ASI saja.

Muntah ini seringkali dibareng dengan diare. Jika muntah dan diare ini berlangsung hingga 3 hari, sebaiknya segera konsultasi dengan dokter anak.

  • Sesak Nafas

Ini tanda lain yang muncul jika anak alergi. Sekilas tidak ada hubungannya. Padahal, ini juga salah satu tanda alergi pada anak yang harus diantisipasi.

Sesak nafas ini sering disebabkan oleh debu. Anak yang alergi terhadap debu akan mengalami hal ini. Sayangnya, bukan hanya debu penyebabnya. Alergi debu ini bisa lebih parah jika ternyata ada partikel berbahaya lainnya yang masuk ke sistem pernafasan. Hal inilah yang bisa menyebabkan alergi yang dialami oleh anak semakin parah.

Tidak ada cara lain selain berkonsultasi dengan dokter. Karena dokter akan memberikan masukan apa yang sebaiknya ibu lakukan untuk mengatasi alergi pada anak ibu tersebut.

  • Pingsan

Ini bisa saja terjadi jika alergi yang dialami oleh sang buah hati begitu parah. Menurut pakar kesehatan, alergi yang dialami oleh sang buah hati bisa menyebabkan pingsan jika hal tersebut mengakibatkan penurunan tekanan darah yang sangat drastis.

Untuk informasi lebih lengkap, ibu bisa berkonsultasi dengan dokter anak di www.friso.co.id.

Langkah Yang Sebaiknya Ibu Lakukan Jika Terjadi Alergi Pada Bayi

Semoga saja bayi ibu sehat dan tidak mengalami keluhan kesehatan seperti alergi. Akan tetapi, jika hal ini terjadi, maka ada beberapa langkah awal yang harus ibu lakukan.

Yang pertama, berikan ASI. Tidak ada yang lebih baik daripada ASI. Alergi pada bayi bisa disebabkan oleh bakteri. Dan ini bisa diatasi dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi sehingga bakteri di dalam tubuh bisa dibasmi. Salah satu cara untuk meningkat sistem imun bayi adalah dengan memberikan lebih banyak ASI.

Yang kedua, stop dulu pemberian makanan atau minuman tertentu. Sebenarnya sangat disayangkan jika bayi usia di bawah 6 bulan sudah mendapatkan asupan gizi selain dari ASI. Dan inilah yang paling sering menjadi penyebab bayi mengalami alergi.

Kalau bayi ibu sudah di atas 6 bulan dan ia terkena alergi, hentikan pemberian makanan atau minuman yang ibu mengira menjadi penyebab alergi pada anak.

Semoga informasi ini bermanfaat.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*