Buah Segar Pelengkap Nutrisi Ibu Hamil, Apa Sajakah Itu?

nutrisi ibu hamil www.facebook.com/ibudanbalita

Nutrisi untuk ibu hamil memang bisa ibu dapatkan dari mana saja. Akan tetapi, ada buah yang begitu segar untuk dikonsumsi yang mengandung gizi yang sangat dibutuhkan ibu hamil sebagai cara untuk menjaga kesehatan janin.

Yang digarisbawahi, ada juga buah segar yang tidak boleh dikonsumsi ibu hamil. Contohnya saja buah nanas. Buah ini mengandung zat yang membahayakan perkembangan janin dalam kandungan. Menurut penelitan kesehatan, buah ini bisa mengakibatkan keguguran.

Untuk itu, hati-hati dengan apa yang ibu konsumsi. Meskipun buah itu segar dan menyehatkan, bukan berarti buah tersebut baik untuk dikonsumsi ibu hamil.

Namun, yang pasti ibu tidak akan mengalami hal-hal yang membahayakan kesehatan ibu ataupun kesehatan janin yang ibu kandung jika mengkonsumsi 3 buah segar berikut ini.

  1. Pisang

Pisang terkadang dijadikan salah satu buah yang dicampurkan ke dalam sup buah. Akan tetapi, jika ibu suka, pisang juga terasa lezat walaupun dikonsumsi secara langsung. Ibu juga bisa berkreasi dengan menambahkan yogurt, keju, atau susu.

Terlepas bagaimana ibu menyajikan buah pisang ini, ibu harus tahu buah yang satu ini menjadi solusi beberapa masalah yang sering dialami oleh ibu selama masa kehamilan seperti kaki bengkak, kram dan juga sembelit. Hal ini dikarenakan pisang mengandung potassium yang bisa mencegah beberapa keluhan tersebut.

  1. Kiwi

Ibu pasti sering mendengar istilah asam folat. Ini merupakan nutrisi ibu hamil yang sangat dibutuhkan untuk perkembangan janin. Kandungan ini juga yang pasti ibu dapatkan di berbagai jenis susu ibu hamil.

Hanya saja, ibu tidak hanya bisa mendapatkan asam folat dari susu, tapi juga dari buah kiwi. Jadi, ibu bisa menjadikan kiwi sebagai buah favorit ibu, khususnya selama masa kehamilan.

Selain kandungan asam folat, buah kiwi juga mengandung vitamin C yang tinggi. Vitamin C ini sangat penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh sehingga ibu tidak mudah sakit. Dan yang paling terpenting, buah ini juga merupakan antioksidan.

  1. Stroberi

Ibu pecinta stroberi? Ibu harus bersyukur karena buah ini sangat baik untuk dikonsumsi saat hamil. Sayangnya, tidak mudah mendapatkan stroberi yang masih segar. Selain itu, ibu harus memilih betul – betul stroberi organik, yaitu stroberi yang ditanam di atas lahan tanpa zat kimiawi.

Buah yang satu ini mengandung beberapa kandungan yang merupakan gizi ibu hamil, seperti vitamin C, asam folat, antioksidan, serta serat. Salah satu manfaat yang ditawarkan dari buah ini adalah mencegak janin dalam kandungan mengalami masalah obesitas. Selain itu, stroberi dengan kandungan di dalamnya akan mengurangi resiko bayi terkena penyakit diabetes tipe 2.

Jadi, mana buah yang akan ibu konsumsi terlebih dahulu? Ada baiknya ibu mencampurkan ketiganya ke dalam satu mangkuk dan tambahkan yogurt atau susu. Jika dikonsumsi pada siang hari, buah tersebut pasti akan menyegarkan tubuh ibu. Dan yang pasti, buah tersebut akan menjaga perkembangan janin dalam kandungan.

Menjaga kesehatan janin itu tidak susah. Perhatikan apa yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi. Yang jelas, hindari mengkonsumsi aneka macam fastfood dan perbanyak mengkonsumsi buah serta sayuran. Update terus informasi tentang makanan serta minuman yang baik yang bisa memenuhi nutrisi ibu hamil.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*