Bolehkah Memberikan Suplemen Nutrisi untuk Balita?

nutrisi untuk balita www.facebook.com/ibudanbalita

Nutrisi untuk balita wajib terpenuhi. Jika tidak, pertumbuhan si kecil akan terganggu. Ibu mungkin pernah melihat kasus di mana balita sampai usia 3 tahun belum bisa berbicara. Atau, balita yang pertumbuhan tulangnya terganggu sehingga ia tampak kerdil. Ada banyak lagi beberapa kasus lainnya yang tidak lain dikarenakan kurangnya asupan gizi dari makanan atau minuman yang diberikan oleh orang tua mereka.

Kekurangan nutrisi jelas menjadi persoalan yang serius. Jika anak ibu susah makan, bisa jadi anak akan kekurangan. Lalu, apa solusinya? Apakah ibu harus memberikan supplemen agar nutrisi pada balita tercukupi?

Alasan Memberikan Suplemen Balita

Susah makan selalu dijadikan alasan para orang tua akhirnya memberikan suplemen. Apakah ibu juga melakukannya? Tentu saja cara tersebut sangat baik dan juga dibenarkan oleh para ahli kesehatan anak.

Hanya, rasanya kurang bijak jika ibu langsung memberikan suplemen hanya karena anak susah makan dan ibu tidak mencari tahu alasan kenapa si kecil susah makan. Sebenarnya, ibu bisa mulai untuk mencari tahu kenapa anak ibu tidak mau makan. Mungkin menu makanannya yang kurang bervariasi sehingga si kecil bosan. Atau ibu melakukan kesalahan dengan memberikan susu formula terlalu banyak. Pasalnya, terlalu banyak memberikan susu formula juga menjadi pemicu anak susah makan.

Hal-hal kecil tersebut harus ibu lakukan terlebih dahulu agar secara obyektif ibu tahu alasan kenapa si kecil susah makan. Konsultasi dengan dokter juga diperlukan jika memang ibu sudah mengusahakan mencari solusi namun tidak menemukan juga.

Suplemen nutrisi untuk balita sebaiknya dijadikan jalan paling akhir saja jika tidak ada solusi yang tepat untuk menangani masalah anak susah makan tersebut. Bagi dokter anak, ibu akan disarankan untuk memberikan suplemen kepada balita ibu jika sudah ada tanda-tanda anak kekurangan nutrisi.

Haruskah Konsultasi dengan Dokter Anak?

Banyak sekali suplemen yang bisa ibu beli di toko obat. Akan tetapi, apakah ibu yakin suplemen tersebut yang benar-benar dibutuhkan oleh si kecil?

Akan sangat bijak jika ibu berkonsultasi dengan dokter anak terlebih dahulu. Diperlukan observasi untuk memastikan nutrisi apa yang dibutuhkan oleh si kecil. Tidak semua anak membutuhkan semua nutrisi untuk balita yang terkandung di dalam suplemen penembah nafsu makan. Begitu juga dengan jenis suplemen untuk balita lainnya. Ada supelemen yang mengandung vitamin kompleks, ada juga yang hanya mengandung satu jenis vitamin. Kandungan supelemen ini harus diketahui. Di lain sisi, dokter anak juga harus mengetahui nutrisi apa yang kurang di dalam tubuh si kecil.

Akibat Buruk Memilih Suplemen yang Salah

Memang nutrisi untuk balita yang terkadung dalam suplemen itu baik. Namun, apakah ibu tahu apa jadinya jika ibu memilih nutrisi yang salah? Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kandungan dalam suplemen itu berbeda-beda. Memberikan suplemen yang mengakibatkan nutrisi pada balita berlebihan jelas akan mengganggu kesehatan. Bahkan, ahli gizi anak mengatakan hal terburuk yang mungkin terjadi adalah adanya disfungsi organ.

Itulah mengapa pentingnya konsultasi dengan dokter anak. Biarkan dokter melakukan observasi untuk mencari tahu kandungan gizi apa yang kurang dalam tubuh si kecil sehingga dokter bisa memberikan saran kira-kira suplemen apa yang dibutuhkan oleh si kecil, yaitu suplemen yang mengandung cukup nutrisi untuk balita.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*