Boleh Saja Memuji Anak, Asalkan Tahu Batasannya

Ibu dan balita www.ibudanbalita.com
Ibu dan balita

www.ibudanbalita.com

Penerapan pola asuh yang tepat akan membuat perkembangan anak baik. Pertanyaannya sekarang apakah memuji anak merupakan salah satu cara mengasuh anak yang dianjurkan?

Tentu saja. Tapi tidak semua pujian itu bagus lho bu.

Untuk memberikan motivasi kepada si kecil agar ia mau berbuat hal yang lebih bagus lagi, memberikan pujian merupakan hal yang sangat tepat.

Akan tetapi, pujian juga bisa berimbas pada hal yang negatif. Ibu tahu apa itu?

Anak Putus Asa

Lho kok bisa putus asa. Tentu saja bisa. Jika ibu memberikan pujian yang kurang tepat, maka si kecil akan putus asa.

Contohnya saja ibu memberikan pujian yang berlebihan. Misalnya, ibu memuji si kecil yang sudah mendapatkan nilai yang bagus di kelas. Ibu memberikan pujian bawasannya ia pasti akan mendapatkan rangking satu di kelas.

Namun, jika ia tidak mendapatkan rangking 1, ibu tahu kan apa yang terjadi? Anak akan depresi dan kecewa dengan diri sendiri. Ia akan putus asa.

Akan lebih baik jika ibu memuji dengan pujian yang tidak berlebihan. Jika anak mendapatkan nilai yang bagus, ibu bisa memuji anak dengan mengatakan jika ia terus belajar, maka ia akan bisa mendapatkan apa yang ia cita-citakan. Bukankah itu lebih baik sehingga ia tidak tertekan? Karena ia menentukan sendiri apa yang ia sukai dan apa yang ia cita-citakan.

Sombong

Ini sebenarnya yang paling dikhawatirkan. Jangan sampai ibu memberikan pujian sehingga anak sombong, merasa lebih baik daripada anak-anak yang lain.

Contohnya saja pujian dengan cara membandingkan dengan anak lain. Ini yang akan membuat anak merasa lebih baik dibandingkan dengan anak yang lain. Dan pujian seperti ini akan membuat anak merasa sombong.

Sayangnya, pujian seperti ini secara tidak sadar sering dilakukan oleh kebanyakan orang tua. Memang paling mudah memuji anak dengan membandingkannya dengan anak yang lain. Dan imbasnya sangat buruk. Anak akan terbiasa dengan pujian tersebut dan hingga dewasa nanti ia akan merasa lebih baik dan menganggap rendah orang lain.

Ada baiknya ibu memperhatikan pujian seperti apa yang tepat untuk si kecil.

  • Pastikan pujian tersebut tidak berlebihan.

Karena pada hakikatnya pujian itu adalah sebuah motivasi agar si kecil mau bergerak dan berbuat lebih baik lagi. Maka pujilah seperlunya. Buat si kecil konsisten dengan hal baik yang ia lakukan. Buat ia melangkah ke level yang sedikit lebih tinggi. Jangan biarkan ia berangan-angan terlalu tinggi.

  • Pujilah apa yang ia sudah lakukan

Fokus pada hal yang bagus dari diri si kecil. Jangan sampai memuji dengan membandingkan dengan apa yang di luar dirinya. Contohnya saja, jangan memuji dengan membandingkan dengan kemampuan anak lain.

  • Memuji seperlunya

Apakah memuji harus dilakukan setiap hari? Tidak juga. Ada kalanya ibu cukup memberikan apresiasi dengan tepuk tangan atau pelukan saja. Dan ada kalanya ibu bisa memberikan pujian.

Untuk lebih banyak tahu tentang bagaimana menerapkan pola asuh yang tepat, ada forum ibu dan balita di mana seluruh anggota sangat rajin berbagi pengetahuan serta informasi tentang hal tersebut.

Ibu bisa mengambil bagian dari diskusi di forum tersebut sehingga ibu memberikan serta mendapatkan informasi tentang bagaimana menerapkan pola asuh yang tepat. Langsung saja ibu kunjungi www.ibudanbalita.com dan daftarkan diri ibu sebagai anggota terlebih dahulu.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*