Blacklist Buah Untuk Ibu Menyusui

buah untuk ibu menyusui www.awalsehat.nestle.co.id

Baik anak pertama maupun anak kedua, memberikan air susu ibu melalui cara menyusui tentu menaikkan tingkat kasih sayang antara ibu dan anak. Menatap mata bayi sambil menggendong bayi mampu memberikan chemistry ibu dengan bayinya. Kebaikan apapun yang ibu punya akan diberi kepada sang bayi. Kebaikan yang dimadsud disini adalah nutrisi yang didapat bunda lewat asupan vitamin baik dari makanan maupun suplemen.

Sumber makanan kaya vitamin yang lezat dan menyegarkan adalah buah buahan. Tapi bukan berarti semua jenis adalah buah untuk ibu menyusui. Beberapa sangkaan buah untuk ibu menyusui berbahaya jika anggapan ini diteruskan, kesehatan bunda dan si kecil bisa terancam. Walau bunda sangat suka mengkonsumsi buah buahan, tidak artinya jika nutrisi yang didapat malah menimbulkan malapetaka.

Memang dokter kerap menyarankan bunda agar banyak memasukkan elemen buah buahan ke dalam daftar menu makanan namun bukan berarti semua buah itu baik. Ingat, bayi sangat sensitif, seperti yang telah dijelaskan diatas seputar ‘kebaikan’ , air susu ibu adalah kontak pertama bayi untuk mendapatkan asupan. Jika salah makan, air susu ibu bukan kaya nutrisi malah kaya akan mikro bakteri dan infeksi. Bisa bayangkan apa akibat dari air susu ibu yang tidak sehat tersebut jika diminum oleh bayi, seperti bunda memberi hadiah kuman untuk membuat bayi sakit. Tentu bukan hal membahagiakan. Agar tidak salah tanpa sengaja, berikut ini black list buah untuk ibu menyusui.

  1. Buah Asam
    Rasa asam menyengat, penuh kesegaran sering ditemui di buah asam. Cita rasa satu ini adalah salah satu rasa yang sangat populer di Indonesia, seperti yang banyak kita jumpai di jenis makanan seperti rujak. Sayang, pada saat menyusui buah asam sangat tidak disarankan untuk dikonsumsi.Buah asam yang dimadsud disini tidak hanya terbatas pada jeruk nipis, namun juga kiwi, stroberi, nanas, jeruk, dan anggur. Kenapa ? buah asam seringkali meningkalkan rasa asam pada air susu ibu dengan bau yang kurang disukai di hidung bayi. Banyak bayi menolak rasa air susu ibu semacam itu, bahkan beberapa baik mengekspreksikan penolakan tersebut dengan menangis, meraung ketika sesi menyusui, atau pada kasus ekstrem bayi langsung muntah.

    Pada banyak kasus pula, bayi memilih untuk menurut dan diam saja meski ia tidak suka, tapi selang beberapa saat, anda akan menemukan diare, dan radang pada kulit yang disebabkan oleh peninggalan buah asam tadi. Menurut dunia media penyebab utama ada pada kandungan asam yang tinggi pada jenis buah ini yang bisa menyebabkan masalah iritasi.

  1. Beri berian
    Selain buah asam, keluarga beri berian termasuk dalam daftar black list. Meski buah beri berian terlihat feminin, manis, lucu, dan tidak berbahaya, sebetulnya ada ‘badai besar’ dibalik penampilan ‘polos’ buah cheri.

Sangat umum apabila bayi yang baru lahir masih mencoba normalisasi kadar gas dalam tubuh dikarenakan sistem pencernaan bayi masih dalam tahap pembentukan, karenanya anda harus hati hati. Jika anda sudah telanjur gemar makan buah beri, anda harus perhatikan bayi anda.

Apabila anda lihat bayi sudah mulai menunjukkan gejala gejala perut sakit, diare, kentut bau berlebih, segera hentikan mengkonsumsi keluarga beri berian sebelum anda membawa malaikat kecil anda ke dokter.

Keluarga beri berian termasuk namun tidak terbatas pada cheri merah, cheri biru, cheri hitam, dan lain lain.

  1. Kopi dan coklat
    Kopi dan coklat mungkin lebih dikenal sebagai minuman dan kudapan, tapi sejatinya baik kopi maupun coklat dulunya adalah keluarga buah buahan. Kopi berasal dari biji bijian (biji kopi) dan coklat berbahan dasar biji cokelat atau biasa dikenal biji kakao.

Kandungan kafein pada kopi bisa menyebabkan kecanduan dini dan membuat bayi yang seharusnya masih butuh tidur lebih banyak malah akan kesulitan tidur. Tentu saja anda tidak menginginkan hal tersebut karena bisa menghambat pertumbuhan anak anda.

Bukan hanya coklat dan kopi, makanan seperti telur, kedelai, dan ikan, makanan makanan tersebut bisa berujung sakit pencernaan dan juga mendorong alergi pada malaikat kecil anda.

Jika anda khawatir dimana asupan vitamin C karena sebagian besar buah dengan kandungan vitamin C harus hilang dari daftar anda, tenang saja, mengingat teknologi dan bidang medis sudah maju dengan pesat, suplemen vitamin sudah banyak diciptakan. Bahkan tidak hanya suplemen, makanana atau minuman penuh vitamin bisa anda konsumsi untuk menggantikan apa yang tidak bisa anda dapatkan dari buah buah diatas. Banyak sekali produk produk yang bisa anda pilih dengan beragam bentuk dan rasa yang sesuai selera anda.

Daftar buah buahan black list diatas hanyalah sebagian kecil dari sekian banyak buah yang mungkin berbahaya bagi anda dan bayi dalam konteks umum, atau yang kemungkinan besar dialami oleh sebagian besar bunda dan bayi sejauh ini. Setiap bayi maupun anda memiliki tubuh yang berbeda beda dengan satu sama lain. Bisa jadi, buah diatas tidak berbahaya bagi anda tapi buah diluar daftar black list tersebut malah bisa jadi lebih berbahaya lagi. Atau malah sebaliknya, daftar black list diatas bisa jadi menguntungkan anda namun buah di luar black list diatas akan bisa melengkapi maksimalisasi manfaat yang anda dapatkan. Konsultasikan dan minta rekomendasi dokter favorit anda mengenai buah untuk menyusui.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*