Bingung Cari Menu MPASI yang Mudah Dibuat Tapi Bergizi Tinggi?

ibudanbalita https://www.facebook.com/ibudanbalita/

Wajar jika ibu kebingungan menemukan MPASI yang bagus. Apalagi jika ibu baru memiliki anak pertama.

Jangan pernah berpikir untuk memberikan menu MPASI instan. Memang lebih mudah. Tinggal buka bungkus dan seduh dengan air. MPASI sudah siap untuk dihidangkan.

Memang mudah tapi apakah ibu mau memberikan menu makanan yang bukan tidak mungkin mengandung bahan pengawet kepada si kecil?

Akan lebih baik jika ibu membuatkan menu MPASI alami sendiri. Toh ada banyak menu MPASI yang mudah dibuat dan bergizi tinggi.

Ingin tahu beberapa dari menu MPASI tersebut? Berikut ini MPASI yang bisa ibu berikan untuk si kecil.

Buah Blewah

Kok buah? Betul sekali. Menu MPASI tidak harus terbuat dari beras, ketela, atau bahan lain yang mengandung karbohidrat tinggi. Pada dasarnya, MPASI itu diberikan kepada si kecil agar sistem pencernaanya belajar tidak hanya mencerna ASI yang cair. Itu yang terpenting.

Dan buah tentu bukan pilihan yang salah. Buah mudah dihaluskan namun teksturnya tidak begitu halus dan cair seperti ASI.

Dan ibu tahu apa kandungan di dalam buah blewah? Terdapat vitamin C yang cukup tinggi yang akan memperkuat sistem kekebalan tubuhnya. Bukankah itu bagus?

Cara membuatnya pun sangat mudah. Kupas blewah dan hancurkan dengan cara diblender. Ibu tidak perlu menambahkan air karena blewah sudah mengandung cukup air. Justru jika ditambah air, teksturnya terlalu cair.

Bubur Kacang Hijau

Siapa yang tidak kenal bubur kacang hijau. Dan ini juga termasuk menu MPASI yang tepat.

Apa yang terkandung di dalam bubur kacang hijau? Mungkin itu yang ibu pikirkan. Semua jenis kacang-kacangan itu mengandung protein nabati yang tinggi, tak terkecuali bubur kacang hijau. Dengan memberikan menu MPASI berupa bubur kacang hijau, si kecil akan memiliki berat badan yang ideal.

Selain itu, protein juga berperan penting untuk mencerdaskan otak. Jadi, memberikan kacang hijau kepada si kecil akan membantu agar ia semakin mudah belajar hal baru seperti belajar berjalan, belajar berbicara, belajar melakukan gerakan motorik kasar atau halus, dan lain sebagainya.

Dan perkembangan otak yang baik sangat berpengaruh terhadap perkembangan tubuh si kecil lho.

Baso Ayam

Jika si kecil sudah mulai terbiasa dengan menu MPASI yang sedikit lebih lunak, sudah saatnya ibu memberikan menu yang satu ini, yaitu baso ayam. Layaknya kacang hijau, baso ayam juga mengandung protein yang tinggi. Protein akan menghindarkan si kecil mengalami masalah dengan berat badan di bawah normal.

Akan tetapi, tidak sampai di situ saja. Baso ayam juga akan membuat si kecil mendapatkan energi yang cukup untuk beraktivitas setiap hari. Mungkin ia sudah mulai belajar jalan. Dan pada tahap itu, si kecil membutuhkan lebih banyak energi, bukan?

Dan baso ayam merupakan menu MPASI yang sangat tepat.

Ingin tahu lebih banyak tentang menu MPASI yang mudah dibuat dan bergizi tinggi? Ibu bisa kunjungi situs ibudanbalita. Di sana terdapat banyak ide menu MPASI yang bisa ibu coba.

Kenalkan si kecil dengan berbagai jenis makanan. Jangan hanya satu atau dua menu MPASI saja karena ia bisa bosan dan akhirnya tidak mau makan.

Jadi, masih berpikir memberikan menu MPASI instan? Semoga saja tidak lagi. Karena ibu tahu menu MPASI alami yang mudah dibuat di rumah.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*