Biar Si Kecil Tidak Rewel Ketika Tumbuh Gigi

Ibu dan balita www.ibudanbalita.com
Ibu dan balita

www.ibudanbalita.com

Kasian sekali jika si kecil sedang tumbuh gigi. Ia akan sering rewel. Dan ibu pun tidak bisa beraktivitas secara tenang seperti biasanya.

Ada beberapa hal yang bisa ibu lakukan agar si kecil tidak merasa terlalu sakit sehingga rewel ketika tumbuh gigi. Kebanyakan memang anak kecil akan rewel sekali ketika tumbuh gigi. Bahkan, terkadang ia tidak mau digendong oleh selain ibu.

Itu hal yang sangat wajar. Yang perlu ibu lakukan hanya membantu si kecil agar bisa melewati masa tumbuh gigi tersebut.

Apa yang ibu bisa lakukan?

1. Membelikan Teether

Apa itu teether? Ini merupakan mainan gigit-gigitan. Mainan ini aman untuk digigit dan gunanya agar si kecil menggigit mainan tersebut jika terasa perih saat gigi mau tumbuh.

Dalam hal ini, ibu harus tahu bawasannya jika gigi akan tumbuh, si kecil akan merasakan gatal dan perih pada bagian gigi. Dan ia cenderung ingin menggigit apa saja yang ada di sekitar.

Tentu saja ibu harus khawatir. Jangan sampai ia menggigit sesuatu yang berbahaya atau yang ada kumannya. Akan lebih baik jika ibu siapkan teether. Bahannya sudah diseleksi dengan baik sehingga sangat aman jika digigit oleh si kecil.

2. Berikan Pelukan

Tidak ada cara lain selain memberikan kenyamanan kepada si kecil ketika sedang tumbuh gigi. Ia merasa perih sekali dan tidak nyaman. Apalagi biasanya masalah ini dibarengi dengan masalah hilangnya nafsu makan. Ia akan lemas dan menjadi kurang enak badan.

Untuk itu, ibu harus berikan kenyamanan dengan cara memeluk si kecil. Berikan perhatian agar si kecil bisa tenang dan melewati masa tumbuhnya gigi.

3. Menu Makanan yang Tepat

Saat tumbuh gigi, si kecil sebaiknya diberi menu makanan yang lunak. Ibu bisa lebih sering memberikan bubur bayi.

Tidak itu saja. Ibu juga bisa membuatkan menu makanan nasi namun lebih banyak kuahnya sehingga mudah untuk dilunakkan di dalam mulut. Atau, ibu bisa membuat lontong sehingga si kecil lebih mudah untuk mencerna.

4. Buat Penahan Rasa Sakit

Tentu saja ibu tidak bisa memberikan obat penahan rasa sakit atau obat penahan rasa perih karena yang dirasakan oleh si kecil bukan perih lantaran sakit gigi tapi gigi mau tumbuh.

Namun, ada lho cara untuk menahan rasa perih. Setidaknya si kecil tidak terlalu merasa perih. Yaitu dengan memberikan waslap yang dingin. Biarkan si kecil menggigit waslap yang basah dan dingin. Ternyata, waslap ini bisa menahan rasa sakit ketika gigi mau tumbuh.

Salah satu tahap perkembangan anak yang kurang mengenakkan memang ketika si kecil sedang tumbuh gigi. Namun, bagaimanapun juga, tahap tersebut pasti dilewati.

Perlukah ibu membawa si kecil ke dokter gigi? Menurut penjelasan ahli perkembangan yang dituliskan di www.ibudanbalita.com, ternyata perlu lho untuk membawa si kecil ke dokter gigi ketika sedang tumbuh gigi. Salah satu alasannya adalah untuk mengetahui posisi gigi yang tumbuh. Jadi, ibu tahu juga apakah ada gangguan pada proses pertumbuhan gigi atau tidak.

Semoga informasi ini bisa membuat ibu lebih tenang menghadapi si kecil yang rewel ketika tumbuh gigi. Atau jika ibu ingin berkonsultasi dengan pakar kesehatan anak, ibu bisa kunjungi saja website ibu dan balita dan ibu bisa langsung bertanya dengan pakarnya.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*