“Bermain Bebas” Kunci Penting Tumbuh Kembang Anak

Friso www.friso.co.id

Ada satu pelajaran menarik dari pola mengajak anak usia dini di Australia. Ternyata, para gula taman kanak-kanak di negara kanguru tersebut tidak mewajibkan anak harus belajar hal tertentu. Akan tetapi, mereka ditanya apa yang ingin mereka lakukan atau pelajari.

Jelas berbeda dengan sistem pembelajaran di Indonesia. Anak cenderung harus mengikuti materi yang sudah disiapkan oleh pengajar.

Konsekuensi jika anak dibiarkan untuk memilih apa yang ingin mereka lakukan atau pelajari adalah akan ada banyak sekali kegiatan di kelas. Dan pengajar harus melakukan pengawasan yang ekstra.

Namun, ibu akan tercengang jika hal tersebut ibu terapkan kepada si kecil. Tumbuh kembang anak akan lebih optimal.

Bermain Bebas

Membiarkan si kecil memilih untuk melakukan kegiatan atau belajar sesuai dengan yang ia inginkan itu istilahnya bermain bebas. Artinya, anak ibu bebas memilih apapun yang ia inginkan.

Kenapa bermain bebas ini bisa memaksimalkan tumbuh kembang anak?

Mungkin itu pertanyaan yang ada di benak ibu sekarang ini. Jawabannya sangat sederhana.

Proses belajar anak kecil itu harus bahagia. Karena hanya dengan suasana gembira tersebut si kecil bisa lebih optimal dalam belajar.

Bagaimana ia bisa gembira jika ia tidak suka dengan apa yang ia lakukan? Itulah mengapa ada konsep belajar bebas, yaitu membiarkan si kecil memilih apa yang ingin ia pelajari.

Di Mana Peran Ibu Sebagai Orang Tua?

Sekarang ibu sudah tahu kenapa ada kaitan antara mengoptimalkan tumbuh kembang anak dengan bermain bebas.

Nah, apa yang harus ibu lakukan?

Ibu bisa menyediakan berbagai jenis permainan yang bagus untuk tumbuh kembang anak. Ibu bisa menyiapkan banyak sekali jenis permainan. Biarkan si kecil memainkan permainan yang ia sangat sukai. Mungkin hari ini ia akan bermain mainan A dan besok ia akan berganti memainkan permainan B.

Ibu tidak boleh memihkan. Biar ia sendiri yang memilih.

Sebenarnya ini juga salah satu cara untuk mengetahui bakat anak lho. Jadi, biarkan ia mengenal permainan yang ia sukai maka ibu akan tahu di mana potensi serta bakat anak.

Ada berbagai jenis permainan edukatif yang mendorong sisi kreatif anak. Ide tentang permainan yang membuat anak belajar dan bereksplorasi bisa ibu dapatkan di www.friso.co.id.

Di sana juga ibu bisa berkonsultasi dengan pakar di bidang perkembangan anak. Jadi, ibu bisa mendapatkan penjelasan tentang tumbuh kembang anak secara lebih mendetail.

Jadi, ibu tidak perlu lagi memilihkan permainan edukatif. Sediakan saja dan biarkan anak bermain bebas.

Hal yang Sebaiknya Tidak Ibu Lakukan

Dalam menerapkan bermain bebas kepada anak, ada beberapa hal yang sebaiknya ibu tidak lakukan.

1. Memperkatat Jadwal

Memang penting sekali mengajarkan kedisiplinan kepada si kecil. Namun, bukan berarti ibu terlalu memperkatat jadwal si kecil. Bebas saja asalkan ibu memberikan batasan kapan waktunya tidur siang dan kapan waktunya makan. Selain itu, biarkan si kecil bebas bermain apa saja.

2. Sering Di Dalam Rumah

Karena konsepnya bermain bebas, ada baiknya ibu justru sering membawa si kecil ke taman terbuka. Apalagi jika di taman tersebut terdapat banyak sekali fasilitas bermain.

Terlalu sering berada di dalam rumah justru akan membatasi tumbuh kembang anak lho Bu.

Semoga informasi ini bisa membuat ibu semakin mengerti apa yang sebaiknya dilakukan untuk mengoptimalkan perkembangan anak. Kunjugi website Friso untuk informasi lebih lengkap tentang tumbuh kembang anak.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*