Berenang Saat Hamil Sangat Dianjurkan. Mau Tahu Kenapa?

manfaat berenang saat hamil www.friso.co.id

Kebanyakan justru khawatir jika harus berenang saat hamil. Padahal sebaliknya, banyak manfaat yang bisa ibu dapatkan dari olahraga yang satu ini.

Mungkin ibu sudah melakukan jalan sehat setiap pagi. Atau mungkin ibu sudah menjalani tips menjaga kesehatan ibu hamil dari www.friso.co.id. Akan tetapi, menjaga kesehatan saat hamil itu tidak hanya dengan melakukan satu atau dua tips saja. Semakin banyak tips yang ibu terapkan maka ibu akan semakin yakin bawasannya ibu dan janin di dalam kandungan sehat.

Jika ibu belum pernah melakukan olahraga renang saat hamil, ibu bisa coba. Banyak sekali manfaat yang bisa ibu dapatkan.

Manfaat Renang Bagi Ibu Hamil

Setidaknya 5 manfaat renang untuk ibu hamil berikut ini yang bisa ibu rasakan.

  1. Melepas Jenuh

Paling menjenuhkan adalah ketika menjalani kehamilan. Apalagi ibu hidup di lingkungan keluarga yang sangat ketat. Ibu dilarang liburan ke luar kota. Jangankan liburan ke luar kota. Pergi jalan-jalan di dalam kota saja sangat dikhawatirkan.

Jika ibu berniat untuk melepas jenuh, kenapa ibu tidak berenang saja? Terbukti berendam di kolam renang akan melepaskan penat ketika ibu harus menjalani masa kehamilan dengan melakukan tips-tips menjaga kehamilan yang jumlahnya sangat banyak.

  1. Program Bersalin Normal

Ada banyak hal yang bisa ibu lakukan untuk memastikan ibu bisa melakukan persalinan secara normal. Ibu bisa baca tips agar bisa melahirkan secara normal di www.friso.co.id.

Namun, yang tak kalah penting adalah memastikan otot-otot pada panggul kuat. Kalaupun ibu sehat dan bayi dalam kandungan juga sehat namun otot panggul lemah, kemungkinan besar dokter akan mengambil langkah untuk melakukan operasi caesar ketika masa persalinan sudah tiba.

Dan salah satu manfaat renang untuk ibu hamil adalah menguatkan otot panggul. Pada ahli kesehatan ibu hamil sangat menyarankan agar saat kehamilan sudah mencapai usia trimester ketiga, maka seorang ibu hamil sebaiknya lebih sering berenang. Tidak lain, hal ini bertujuan agar otot panggul semakin kuat dan siap jika masa persalinan tiba.

  1. Mengatasi Kram

Kram memang bukan hal yang perlu dikhawatirkan. Akan tetapi, kram akan membuat ibu merasa tidak nyaman, apalagi ketika sedang tidur. Ibu akan terbangun sambil menahan sakit.

Entah itu kram di kaki atau kram di perut yang ibu rasakan, hal tersebut bisa diobati dengan berenang. Hal ini disebabkan salah satu manfaat berenang bagi ibu hamil adalah untuk merilekskan otot sehingga tidak kram. Dan jika ibu berendam di dalam air, maka perut akan didorong ke atas sehingga otot bagian bawah perut tidak tertekan. Akhirnya, ibu tidak lagi merasakan kram pada perut.

Kram pada perut sering terjadi ketika kehamilan tua. Hal ini disebabkan perut semakin besar dan berat.

Hati-Hati Dengan Dehidrasi

Memang ibu bisa mendapatkan banyak sekali manfaat dari berenang saat hamil. Akan tetapi, ada juga efek buruk yang bisa terjadi. Ternyata, berenang membakar kalori yang cukup banyak. Selain berenang akan membuat ibu cepat merasa lapar, berenang juga akan membuat ibu cepat haus. Jika hal ini tidak diantisipasi, ibu bisa mengalami dehidrasi.

Itulah mengapa sangat disarankan agar setelah berenang ibu mengkonsumsi air putih. Bahkan, akan lebih baik jika ibu minum air putih setiap 20 menit ketika berenang. Hal tersebut akan membuat ibu mendapatkan manfaat berenang saat hamil tanpa harus mengalami dehidrasi.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*