Berbagai Macam Makanan Bayi Yang Baik Untuk Kesehatan Si kecil

makanan bayi awalsehat.nestle.co.id

Makanan yang sehat untuk bayi bisa diberikan sebagai pendamping ASI ketika usianya sudah lebih dari 6 bulan. Sedangkan ketika masih berusia 1 sampai 6 bulan maka cukup ASI saja sebagai makanan utama untuk si kecil, karena ASI juga sangat penting untuk meningkatkan imunitas bayi.

Makanan pendamping ASI haruslah sehat dan bergizi, bisa dalam bentuk bubur sebab sistem pencernaan bayi masih belum sempurna. Sebelum bayi bisa makan dalam jumlah normal, lebih baik tetap diberikan ASI saja.

Jika sudah mulai bisa makan dalam jumlah normal, maka asupan ASI bisa Anda kurangi sedikit demi sedikit agar bayi Anda dapat terbiasa dengan makanan padat.

Semua gizi dan nutrisi yang diperlukan oleh bayi terkandung di dalam  ASI, khususnya untuk bayi dengan usia di bawah 6 bulan. Kandungan yang kaya akan nutrisi dan gizi ini tidak bisa digantikan oleh susu forumula, walaupun harganya paling mahal.

Pemberian ASI eksklusif diberikan kepada bayi sampai bayi mencapai usia lebih dari 6 bulan, itu artinya selama 6 bulan bayi tidak membutuhkan tambahan makanan pendamping untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya.

Memberikan makanan pendamping ASI memang lebih baik diberikan secara bertahap, baik itu dari jenis makanannya, bentuk dan jumlah porsinya.

Kekentalan makanan bayi dan jumlahnya perlu disesuaikan dengan kesiapan bayi dalam kemampuan menerima dan mencerna makanan.

Dari segi bentuk makanan, awalnya bayi perlu diberi makanan semi padat, sedangkan makanan padat diberikan saat bayi sudah mulai tumbuh giginya.

Porsi makanan juga di mulai dari satu sendok sampai bertambah sesuai porsi bayi. Sangat disarankan ketika Anda ingin meningkatkan jumlah asupan makanan selain ASI maka lakukan  secara perlahan.

Jangan tergesa-gesa untuk memberikan makanan dalam jumlah banyak agar pencernaannya bisa beradaptasi dengan sempurna. Bayi juga terkadang memang sulit untuk disuapi, tapi hal seperti itu memang hal yang wajar.

Sebab, bisa saja si kecil sudah merasa kenyang dengan makanan barunya, jangan pernah Anda memaksa bila bayi Anda menolaknya.

Cara Membuat Makanan Bayi Yang Tepat Untuk Pertumbuhan Anak  Anda

Selain mengonsumsi ASI, bayi yang usianya sudah mencapai 6 bulan atau sudah lebih dari 6 bulan sangat disarankan supaya mengonsumsi beberapa jenis makanan pendukung ASI yang lainnya. Cara yang paling mudah yaitu dengan membeli bebagai jenis makanan untuk si kecil di toko atau supermarket.

Namun, agar lebih aman dan sehat mungkin Anda harus mengganti berbagai makanan instan tersebut dengan makanan yang lebih segar dan alami. Ketika bayi sudah mulai memasuki usia 6 bulan, makanan pendamping ASI diperlukan agar selanjutnya bayi dapat menyesuaikan diri dengan segala jenis makanan lain yang lebih padat.

Untuk hal tersebut, bayi hanya dianjurkan untuk mengonsumsi makanan sehat dimulai dengan porsi kurang lebih satu sendok makan untuk sekali makan. Jenis makanan bagi si kecil  yang sejak dulu selalu disarankan yaitu bubur susu.

Semua jenis makanan yang dikonsumsi bayi pun umumnya selalu berupa bubur. Ketika mengonsumsi buah pun pasti buahnya dilembutkan terlebih dahulu agar mudah saat ditelan dan dicerna oleh bayi.

Berikut ini akan saya sampaikan tentang cara membuat makanan bayi agar Anda dapat mengurangi konsumsi bubur instan untuk bayi Anda;

  • Bubur Susu

Bubur susu merupakan salah satu makanan sehat untuk bayi berusia 6 bulan sebagai pendamping ASI. Jenis makanan ini juga merupakan jenis makanan padat pertama yang sebaiknya diberikan kepada bayi Anda. Cara pembuatannya yaitu, sediakan bahan seperti tepung beras sebanyak 1 sendok makan, dan susu formula sekitar 200 ml. Lalu, Anda bisa melarutkan tepung beras tersebut dengan menggunakan susu formula.

Kemudian, masak dengan api kecil sampai sedikit mendidih dan campuran tersebut sedikit mengental. Bila ada tepung yang menggumpal, saring terlebih dahulu. Terakhir masukkan ke dalam mangkok bayi dan berikan untuk bayi Anda.

  • Bubur Susu Kentang

Untuk makanan sehat pendamping ASI yang lainnya, Anda dapat mengganti bubur susu dengan kentang. Perpaduan makanan pada bayi sangat disarankan supaya bayi tidak merasa bosan karena selalu mengonsumsi makanan yang hanya itu saja.

Bahan pembuatannya yaitu 50 gram kentang yang telah dikupas dan dikukus serta sudah dipotong kecil. Lalu, sediakan juga susu formula atau lebih baik menggunakan ASI sekitar 50 ml.

Cara pembuatannya yaitu, Pertama haluskan kentang yang telah dicampur dengan sedikit susu dengan memakai blender. Setelah itu tambahkan susu yang tersisa dan bubur  sudah siap untuk dihidangkan kepada bayi Anda.

Jenis Asupan Nutrisi Yang Terkandung Pada Makanan Bayi

Selain mengetahui tentang beberapa cara membuat makanan bayi  yang sudah saya sampaikan tadi, Anda juga perlu untuk mengetahui dan mengenali berbagai asupan nutrisi yang diperlukan oleh bayi Anda selain ASI.

Sehingga nutrisi yang diperlukan bayi untuk tumbuh kembangnya dapat terpenuhi. Berikut ini akan saya jelaskan beberapa jenis nutrisi tersebut ;

  • Protein

Memang  nutrisi yang satu ini sangat diperlukan oleh bayi Anda sebagai zat yang dapat memelihara sekaligus membantu memperbaiki jaringan tubuh. Untuk mendapatkan asupan protein yang cukup, Anda bisa mencampurkan ayam giling atau daging sapi giling ke bubur yang Anda buat untuk bayi Anda.

  • Lemak

Di dalam makanan sehat untuk si kecil, ia juga membutuhkan asam lemak esensial yang harus dipenuhi untuk kebutuhan dalam perkembangan bayi Anda. Disamping  itu, lemak juga akan bermanfaat sebagai sumber energi bagi si kecil.

  • Karbohidrat

Tidak kalah pentingnya dengan nutrisi lain, karbohidrat memang  sangat penting untuk bayi sebagai zat yang dapat memberikan energi di dalam tubuh. Dalam sehari bayi Anda memerlukan kurang lebih  68,75 gram sampai 89,39 gram karbohidrat yang dapat Anda peroleh dari beras putih atau beras merah.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*