Berat Badan Bayi Melebihi Normal?

berat badan bayi www.facebook.com/ibudanbalita

Berat badan bayi harus dikontrol dari waktu ke waktu. Jangan sampai berat badan si kecil melebih berat badan badan ideal yang ditentukan oleh WHO (World Health Organization). Kelebihan berat badan akan berakibat buruk bagi bayi itu. Apa saja akibat buruk dari kelebihan berat badan bagi si kecil?

Obesitas atau kegemukan akan menimbulkan masalah kesehatan serius lainnya. Salah satunya adalah diabetes. Meskipun tidak ada korelasi yang pasti antara kegemukan dengan diabetes, penelitian ilmiah menunjukkan bahwa bayi yang mengalami obesitas rentan sekali terkena penyakit diabetes, terutama ketika dewasa nanti. Jadi, ibu melihat efek negaitif dari obesitas ketika masih bayi, tapi nanti pada waktu ia sudah beranjak dewasa.

Oleh karena itu, jika si kecil mengalami masalah berat badan, ada beberapa hal yang harus segera ibu lakukan. Yang pertama, ibu harus mulai membuat jadwal pemberian susu formla jika ibu sudah mulai memberikan susu formula kepada si kecil. Pasalnya, banyak sekal kasus kegemukan pada bayi dikarenakan bayi terlalu banyak mengkonsumsi susu formula setiap hari.

Langkah selanjutnya adalah mengganti dengan susu balita tanpa gula. Ada kemungkinan penyebab kegemukan pada bayi ibu itu dikarenakan susu yang ibu berikan. Perhatikan kadungan dalam susu. Jika memang benar penyebabnya adalah kandungan glukosa, maka ibu harus mengganti susu tersebut dengan susu formula rendah gula. Mulai sekarang, ibu harus sering mengecek berat badan bayi.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*