Benarkah Mie Instan Merupakan Pantangan Ibu Hamil?

pantangan ibu hamil

Banyak orang yang bilang mie instan merupakan pantangan ibu hamil. Anda saat hamil dilarang mengkonsumsi jenis makan yang satu ini. Namun, apakah Anda benar-benar harus meninggalkan mie instan selama 9 bulan kehamilan?

Meskipun banyak sekali ahli kesehatan yang menyarankan agar tidak makan mie instan, toh masih banyak saja mie instan yang dijual di pasaran. Bahkan, jumlahnya semakin banyak dengan berbagai rasa dan merk yang berbeda. Ada juga yang menyatakan diri sebagai produk mie instan yang sehat.

Tentu bukan tanpa alasan mengapa mie instan itu makanan yang kurang sehat. Apalagi bagi ibu hamil di mana mie instan dianggap sebagai pantangan saat hamil.

Mengapa Mie Instan Dilarang Bagi Ibu Hamil?

Anda harus tahu alasan di balik pelarangan makan mie instan bagi ibu hamil. Ternyata, alasannya sangat sederhana, yaitu kandungan nutrisi yang sangat rendah di dalam mie instan. Bahkan, bisa dikatakan di dalam mie instan itu hanya mengandung tepung, minyak dan garam saja. Kandungan protein, kalsium, dan vitaminnya tidak ada. Bagaimana bisa ibu bisa sehat dan janin bisa berkembang dengan baik jika protein, kalsium, dan vitamin saja tidak ada? Inilah yang menjadikan para ahli kesehatan ibu hamil melarang ibu hamil mengkonsumsi mie instan.

Keadaan ini menjadi berbeda jika Anda memilih mie instan yang mengandung protein yang tinggi. Toh sekarang ini semakin banyak varian mie instan yang dijual di pasaran, bukan? Sekarang sudah ada mie instan yang dilengkapi dengan daging asli, jamur asli, dan bahkan sayuran yang sudah lengkap.

Jadi, kurang tepat jika dikatakan semua mie instan itu merupakan pantangan bagi ibu hamil. Dan Anda perlu sekali mengetahui tips berikut ini jika ingin mengkonsumsi mie instan saat hamil.

Agar Mie Instan Mengandung Nutrisi Ibu Hamil

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, sekarang ini sudah ada mie instan yang dilengkapi dengan daging dan jamur asli. Jadi, konotasi mie instan sebagai makanan yang kurang bergizi sudah tidak relevan lagi. Sekarang sudah ada pilihan mie instan yang tak kalah bergizi dibandingkan dengan makanan yang lainnya.

Meskipun demikian, Anda juga perlu melakukan sesuatu agar mie instan menjadi makanan yang bergizi. Dan Anda tidak perlu was-was ketika sedang hamil dan mengkonsumsi mie instan ini.

  • Menambahkan Telur

Jika Anda ingin sekali makan mie instan saat hamil, sebaiknya Anda tambahkan telur, entah itu telur rebus atau telur goreng. Dengan demikian, ada tambahan protein yang Anda dapatkan ketika mengkonsumsi mie instan.

  • Mengganti Air

Sebaiknya air yang Anda gunakan untuk merebus mie diganti dengan air yang baru. Air sisa rebusan mengandung zat kimia yang berbahaya jika masuk ke dalam tubuh. Oleh sebab itu, setelah ibu merebus mie instan, saring dan ambil mie nya saja. Taruh mie ke dalam mangkuk dan tambahkan air mendidih yang baru sebagai kuah.

  • Menambahkan Sayuran Hijau

Mie instan akan semakin nikmat jika ditambah sayur-sayuran segar. Anda bisa tambahkan sawi, wortel, kubis, dan juga seledri untuk menambah rasa. Dan yang pasti, dengan adanya sayuran tersebut, mie tidak hanya mengandung minyak dan garam tapi juga vitamin, kalsium, dan juga protein.

Dengan menerapkan tips tersebut di atas, Anda tidak perlu khawatir jika mengkonsumsi mie instan saat hamil. Mie instan tidak lagi menjadi pantangan ibu hamil jika ditambahkan telur dan sayuran yang komplit.

Meskipun mie instan sudah ditambah dengan telur dan sayuran, bukan berarti Anda boleh mengkonsumsinya setiap hari. Tetap saja makanan yang sehat adalah makanan yang terbuat dari bahan alami yang masih segar. Sesekali bolehlah Anda makan mie instan. Akan tetapi, menu makanan setiap hari tetap saja harus yang terbuat dari bahan alami.

Jika berbicara tentang pantangan untuk ibu hamil, banyak sekali yang harus ibu ketahui, tidak hanya mie instan. Ada beberapa buah yang segar tapi ternyata tidak boleh ibu konsumsi. Contohnya saja buah durian dan buah nanas. Ini merupakan dua dari sekian buah yang tidak boleh dikonsumsi saat hamil. Alasannya, dua buah tersebut mengandung senyawa yang bisa menyebabkan keguguran.

Meskipun demikian, ini sama seperti mie instan. Artinya, bukan berarti Anda tidak boleh sama sekali mengkonsumsi buah durian dan nanas. Boleh – boleh saja Anda mengkonsumsi dua buah tersebut. Hanya saja, harus diperhatikan kuantitasnya. Jika hanya mencicipi sedikit saja, maka hal tersebut tidak masalah.

Daripada mengkonsumsi makanan atau minuman yang belum tentu baik untuk kehamilan, alangkah baiknya jika Anda minum minuman yang jelas sehat. Contohnya saja mengkonsumsi susu Nestle Mom & me. Ini bisa Anda jadikan minuman setiap hari. Cocok disajikan saat hangat atau dingin. Minuman ini bisa menjadi teman di pagi hari saat sarapan atau di malam hari saat ibu bersantai di depan TV. Yang pasti, di dalam susu ini, terdapat nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil, mulai dari protein, kalsium, hingga asam folat yang sangat baik untuk perkembangan otak janin di dalam kandungan.

Semoga masa kehamilan bisa ibu lewati dengan lancar ya Bu. Dengan mengkonsumsi makanan yang sehat, minum susu setiap hari, dan meninggalkan lifestyle yang kurang sehat, bisa dipastikan perkembangan janin di dalam kandungan akan baik-baik saja. Dan satu lagi yang penting. Anda harus jauh semua yang menjadi pantangan ibu hamil.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*