Benarkah Gadget tidak Baik untuk Perkembangan Balita?

perkembangan balita https://www.facebook.com/ibudanbalita

Perkembangan balita bisa sangat cepat sekali. Bahkan, balita sekarang sudah pintar sekali mengoperasikan gadget. Lalu, bagaimana sikap ibu sebagai orang tua? Apakah ibu akan membiarkan sang buah hati bermain gadget?

Ada banyak sekali orang yang menyayangkan jika balita sudah bisa bermain gadget. Hal ini dikarenaka dampaknya yang ditimbulkan sangat tidak baik. Gadget itu candu. Ketika balita sudah mulai pintar bermain gadget, sangat sulit sekali untuk menghentikan.

Namun, hal buruk tersebut bisa dihindari. Mencegah balita untuk bermain gadget sangatlah sulit. Apalagi banyak sekali balita lainnya yang memang diperbolehkan oleh orang tua mereka masing-masing untuk bermain gadget.

Perkembangan balita yang meliputi motorik kasar salah satunya dipicu oleh permainan ini. Sementara banyak efek negatifnya, bagaimana sikap ibu?

Gadget Tidak Selalu Buruk Bagi Balita

Apakah ibu yakin bahwa gadget itu tidak selalu memberikan pengaruh buruk kepada balita? Untuk menjawab hal tersebut, ibu bisa menerapkan pola pengasuhan seperti berikut ini.

  • Biasakan Balita Minta Ijin

Memang susah sekali untuk mencegah balita untuk tidak bermain gadget. Seperti sifat dasarnya, salah satu ciri dari tumbuh kembang balita adalah semakin lincahnya pergerakan motorik terutama ketika ia bermain dengan mainan-mainannya termasuk gadget.

Untuk itu, daripada susah sekali menghentikan balita untuk tidak bermain gadget, akan lebih baik jika ibu membiarkannya. Akan tetapi, ibu harus membiasakan sang buah hati untuk meminta ijin setiap kali ia ingin bermain gadget.

  • Buat Jadwal Bermain

Sebenarnya, jika ibu menerapkan tips sebelumnya, ibu tidak perlu membuat jadwal kapan ibu perbolehkan balita bermain gadget. Pembuatan jadwal ini diperlukan agar balita ibu tidak kecanduan karena terlalu sering bermain gadget.

Jika balita ibu sudah terbiasa untuk meminta ijin, sepertinya pembuatan jadwal tidak diperlukan. Hanya saja, jadwal ini penting sekali agar balita ibu tahu kapan waktunya untuk bermain gadget dan kapan waktu ia harus bermain bersama teman-teman di luar rumah.

  • Tambahkan Filter pada Gadget

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, salah satu ciri dari perkembangan balita adalah keingintahuannya terhadap hal yang baru. Dalam hal ini, jika ibu memperbolehkan si kecil bermain gadget, sebaiknya ibu memasang filter. Jika gadget tersebut terhubung dengan jaringan internet, pemasangan filter sangat diperlukan agar balita tidak membuka halaman internet yang tidak sepatutnya dibuka oleh anak balita.

Kekhawatiran Balita Bermain Gadget

Dari penjelasan tersebut di atas, jelaslah sudah bahwa sebenarnya tidak ada masalah jika seandainya ibu mengijinkan balita ibu bermain gadget. Hanya saja ibu harus menerapkan tips di atas agar tidak terjadi hal-hal buruk yang bisa mengganggu perkembangan balita.

Akan tetapi, tetap saja ada kekhawatiran. Kekhawatiran yang sering dirasakan oleh orang tua adalah bagaimana jika balita mereka justru kecanduan bermain gadget. Jika dilarang, balita justru menangis dan berontak. Dan jika balita ibu terlalu sering bermain gadget dan jarang melakukan gerakan fisik, bukan tidak mungkin hal ini akan berakibat buruk terhadap berat badannya.

Beruntung jika sang buah hati ibu masih bayi. Selain fokus terhadap berat badan bayi, ibu juga harus mulai mengajarkan bagaimana agar sang buah hati patuh kepada orang tua. Jika anak sejak dini patuh kepada orang tua, ibu akan sangat mudah mengontrol dan mengatakan mana yang boleh dan tidak boleh dilakukan.

Semoga informasi ini bisa membantu ibu menjawab pertanyaan yang mungkin selama ibu pikirkan, yaitu tentang dampak buruk gadget bagi perkembangan balita.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*