Beberapa Tanda-Tanda Perkembangan Janin Kurang Optimal

perkembangan janin https://www.facebook.com/ibudanbalita

Perkembangan janin dalam kandungan harus dijaga benar-benar. Untuk memastikan janin berkembang normal, ibu tidak harus datang ke dokter kandungan untuk melakukan pemeriksaan USG lho. Sekali dalam satu bulan saja sudah cukup. Untuk memastikan tidak ada masalah pada tumbuh kembang janin, ibu hanya perlu tahu apa saja tanda-tanda bahwa janin berkembang normal.

Sebaliknya, jika tidak ada tanda-tanda tersebut, maka ibu perlu mengkhawatirkan perkembangan janin. Lalu, apa saja tanda-tanda yang menunjukkan ada hal salah dengan perkembangan bayi dalam kandungan?

Tidak Mual atau Muntah

Memang untuk tanda yang satu ini, tidak mutlah terjadi pada ibu hamil. Hanya saja, mual dan muntah itu sering dialami oleh setiap ibu hamil. Dan ternyata, dari kaca mata dunia ilmu kedokteran, hal tersebut ada hubungannya dengan perkembangan janin.

Mual dan muntah saat hamil sering disebut dengan morning sickness. Hal ini dikarenakan mual dan muntah sering dirasakan oleh ibu hamil saat pagi hari meskipun tidak sedikit juga ibu hamil yang tetap merasakan mual dan mutah di siang dan malam hari sebelum tidur. Dari tinjauan dunia medis, morning sickness tersebut merupakan gejala yang sangat wajar. Pasalnya, morning sickness dipengaruhi oleh meningkatnya produksi hormone yang dibutuhkan untuk b. Artinya, morning sickness itu tanda baik bagi ibu hamil.

Justru jika seorang ibu hamil tidak mengalami morning sickness, maka kemungkinan produksi hormone tidak mengingkat dan dikhawatirkan akan mempengaruh perkembangan janin. Jadi, masih kesel jika mual dan muntah? Seharusnya ibu bersyukur karena mual dan muntah itu tanda bahwa perkembangan bayi dalam kandungan baik.

Meskipun demikian, hal ini tidak bisa dijadikan patokan bahwa janin mengalami gangguan perkembangan jika ibu hamil tidak mengalami morning sickness. Pasalnya, ada banyak lagi faktor lain yang membuat ibu hamil terbebas dari morning sickness. Namun, setidaknya ibu bisa tenang jika sering mual dan muntah karena itu tandanya baik bagi perkembangan janin.

Tidak Ada Tendangan dan Pukulan

Berapa usia kehamilan ibu saat ini? Jika masa kehamilan sudah memasuki trimester kedua, bersiap-siaplah ibu akan merasakan sang buah hati yang ibu kandung sekarang akan melakukan gerakan seperti tendangan dan pukulan. Memang sedikit menyakitkan tapi ibu harus senang karena itu tandanya perkembangan janin dalam kandungan normal.

Sebaliknya, jika saat kehamilan memasuki trimester kedua namun ibu sama sekali tidak merasakan ada tendangan dan pukulan, maka sebaiknya ibu segera datang ke dokter kandungan untuk mendapatkan pemeriksaan USG. Dikhawatirkan ada hal buruk yang dialami oleh janin. Dengan pemeriksaan USG, banyak sekali informasi yang akan ibu dapatkan seputar perkembangan janin.

Berat Badan Cenderung Turun

Tanda lain yang membuat ibu harus khawatir dengan perkembangan bayi dalam rahim adalah ketika berat badan ibu justru turun. Semakin tua masa kehamilan seharusnya berat badan ibu semakin bertambah, bukan? Berat badan naik seharusnya naik karena berat badan janin dalam kandungan naik seiring dengan perkembagannya. Jika justru berat badan ibu turun, maka ada kemungkinan janin tidak berkembang. Dan jika dibiarkan, janin bisa mengalami keguguran.

Akan tetapi, turunnya berat badan ibu hamil tidak selalu dikarenakan berat badan bayi turun karena tidak berkembang. Bisa saja hal tersebut dikarenakan berat badan ibu yang turun, bukan berat badan bayi dalam kandungan. Oleh karena itu, segera konsultasi kehamilan dengan dokter kandungan segera.

Itulah beberapa tanda-tanda yang menunjukkan kemungkinan ada masalah dengan perkembangan janin.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*