Beberapa Pertanyaan Yang Bisa Diajukan Saat Sesi Tanya Dokter

tanya dokter www.klikdokter.com

Supaya kunjungan ke dokter benar-benar bermanfaat, perbanyaklah melakukan tanya dokter yang lengkap. Biasanya dokter akan menentukan dari dua parameter. Pertama dari hari pertama haid terakhir, dan dari pemeriksaan USG.

Dengan mengetahui, tanggal hari pertama haid terakhir apalagi bila siklus haid ibu teratur, dokter dapat menentukan usia kehamilan dengan lebih tepat ketimbang ibu yang melupakan tanggal tersebut. Bagi ibu yang lupa, akan digunakan pemeriksaan USG. Semakin dini pemeriksaan USG dilakukan, hasil penentuan usia kehamilan yang didapat akan lebih akurat. Kalaupun meleset paling hanya dalam hitungan satu atau dua hari saja.

Kepastian usia kehamilan ini akan kembali dikonfirmasi lewat pemeriksaan USG saat ibu melakukan kontrol berikutnya. Saat kontrol pertama ini pun umumnya perkiraan tanggal persalinan sudah dapat diprediksi. Pemeriksaan darah memang  dianjurkan di awal kehamilan, seperti periksa darah rutin komponen HB, trombosit, lekosit dan hematokritnya.

Hal ini untuk mengetahui status keadaan ibu pada awal kehamilan secara laboratorium, baik keadaan kurang darah ataupun ada tidaknya infeksi mengingat umumnya sering terjadi infeksi saluran kencing pada kaum hawa. Akan lebih baik bila ibu telah melakukan pemeriksaan TORCH saat persiapan kehamilan atau remarital check up.

Dengan patokan dari usia kehamilan dan pemeriksaan USG, kemungkinan pertama yang harus muncul adalah adanya kantong kehamilan. Jika kantong ini tidak berkembang sesuai usia kehamilan dan tidak ditemukan janin di dalamnya berarti ada kelainan yang disebut telur kosong.

Contoh lain di usia kehamilan 6-7 minggu, juga lewat pemeriksaan USG, organ fetus harus sudah bisa terlihat secara keseluruhan meski belum detail. Ketiadaan denyut jantung janin bisa berarti ada kematian hasil konsepsi. Jika diketahui memiliki kista dengan diameter lebih dari 5 cm ibu umumnya akan diobservasi selama kehamilan.

Jika kista membesar akan dilakukan operasi pengangkatan di awal trimester kedua sekitar usia kehamilan 15-16 minggu. Kista yang dibiarkan dikhawatirkan akan membesar dan terpuntir sehingga dapat mengganggu pertumbuhan janin. Bila ada kelainan atau ketidaknormalan, pada saat pemeriksaan harus dipastikan apakah sifat ketidaknormalan atau kelainan tersebut mayor ataupun minor.

Jika diprediksikan kondisi bakal memburuk misalnya kelainan dapat menyebabkan kematian atau kelainan berat akan dipikirkan tindakan terminasi atau pengakhiran kehamilan. Dokter akan menganjurkan ibu untuk mengonsumsi asam folat di usia tiga bulan pertama sebelum kehamilan atau paling tidak selama trimester awal. Tujuannya untuk mencegah terjadinya cacat bawaan pada janin.

Tanya Dokter Ketika USG Kehamilan

Pada umumnya jika  anda kontrol ke ahli kandungan maka anda akan ditawarkan untuk diperiksa dengan alat USG untuk memeriksa dan memantau kehamilan dan pertumbuhan janin. Kalau saya perhatikan pada umumnya pasien hanya diam saja dan bila diberi kesempatan bertanya, tidak tahu apa yang akan ditanyakan. Berikut ini diantaranya ;

-Jumlah janin

Bila ini adalah pertama kali anda melakukan USG, pastikan anda menanyakan jumlah janin, karena siapa tahu kehamilan anda adalah kehamilan ganda atau malah lebih.

-Usia kehamilan

Pastikan anda mendapatkan informasi tentang usia kehamilan anda. Umumnya dokter akan menggunakan satuan minggu, bukan bulan. Sebagai patokan, kehamilan yang dianggap normal adalah hingga usia kehamilan 40 minggu

-Taksiran Berat Janin

Taksiran berat janin penting untuk mengetahui apakah janin anda berkembang sesuai dengan usia kehamilan, tanyakan juga ke dokter anda apakah pertumbuhan janin sesuai dengan usia kehamilan. Selain itu juga berguna untuk menentukan apakah bisa bersalin secara normal atau harus operasi, pada umumnya dengan postur orang Asia maka janin dengan taksiran di atas 4000gram umumnya dianggap besar dan adalah lebih baik dilahirkan secara operasi.

-Adakah kelainan

Tentu saja tidak semua kelainan dapat dideteksi dengan USG, tetapi kelainan-kelainan yang sangat nyata pada umumnya bisa dideteksi. Adapun kelainan yang seringkali ditemukan antaralain bibir sumbing, kelainan jantung yang nyata, dan lain-lain.

-Denyut Jantung Janin

Dengan USG, dokter dapat memeriksa frekuensi denyut jantung janin (DJJ). Nilai normal DJJ tergantung pada usia kehamilannya. Pada trimester satu DJJ hingga 180 kali per menit masih dianggap normal, sementara pada trimester tiga DJJ yang dianggap normal adalah antara 110-160 kali per menit.

-Air ketuban

Air ketuban juga dapat diperiksa dengan USG, nilai normal juga tergantung dari usia kehamilan.

-Lokasi ari-ari

Yang paling penting ditanyakan adalah apakah ari-ari menutupi atau terletak di dekat mulut rahim.Namun demikian, pemeriksaan lokasi ari-ari ini baru akan bermakna bila dilakukan di atas 28 minggu.

-Presentasi janin

Pada trimester tiga dapat ditanyakan tentang presentasi janin anda. Presentasi maksudnya bagian janin yang paling bawah loh, bukan janinnya presentasi karya tulis. (eh jayus ya..? :P) Pada umumnya presentasi yang diharapkan adalah presentasi kepala. Apabila didapatkan presentasi bukan kepala, mohon ditanyakan kepada dokter anda apakah boleh lahir secara normal atau tidak.

-Lilitan tali pusat

Apabila ditemukan lilitan tali pusat, maka mohon didiskusikan dengan dokter anda apakah persalinan akan dilakukan secara normal atau operatif.

Tanya Dokter Tentang Screening TORCH

Di usia kehamilan berapa saja perlu screening TORCH?  Tidak jarang ada yang  bilang tidak perlu screening TORCH karena sudah pernah kena. Kapan perlu tes hematologi lengkap? Hematologi lengkap itu tes darah lengkap yang ada trombosit, leukosit, hemoglobin, dan lain-lain. Ibu hamil perlu punya kadar hemoglobin yang baik. Maka dari itu, kalau dari saat tanya dokter dan akan melakukan tes hematologi lengkap ditemukan hemoglobin nya rendah, obsgyn bisa menganjurkan untuk konsumsi penambah darah.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*