Beberapa Manfaat Dari Susu Untuk Balita

susu untuk balita yang baik family.fimela.com

Apabila Anda adalah  orangtua baik Ayah atau Ibu, anda pasti menginginkan seorang anak yang tumbuh sehat dan cerdas. Maka Anda bisa memberikan susu untuk balita Anda, karena susu mengandung banyak kalsium yang baik untuk pertumbuhan anak. Berikut ini beberapa manfaat susu formula yang baik, dengan begitu Anda bisa mengetahui betapa pentingnya susu untuk si kecil.

Berikut diantaranya:

– Tulang menjadi kuat dan sehat

Susu mempunyai kandungan kalsium yang tinggi, sehingga sangat baik untuk kesehatan tulang beserta gigi. Terdapat juga kandungan yang lainnya yang terdapat pada susu, contohnya seperti fosfor, magnesium, protein dan beberapa macam kandungan bermanfaat lainnya. biasakan sang buah hati untuk mengkonsumsi susu anak sejak dini, sehingga susu dapat membantu kesehatan dan meningkatkan kecerdasan mereka.

-Membantu proses perkembangan otak si kecil

Otak membutuhkan nutrisi untuk berkembang, di sini susu sangat berperan penting untuk pertumbuhan otak, sehingga untuk anak balita wajib di berikan susu agar mereka tumbuh menjadi cerdas.

-Mencegah kegemukan pada anak

Obesitas atau kegemukan dapat dihindari dengan mengkonsumsi susu sesuai dengan aturannya. Susu dapat membantu seseorang dalam mempertahankan keidealan tubuhnya, sehingga seorang anak yang mengkonsumsi susu maka mereka akan terhindar dari kelebihan berat badan atau obesitas.

–  Mencegah diabetes

Manfaat susu juga dapat menghindari seorang balita dari penyakit diabetes tipe 2. Berikanlah para balita susu yang rendah lemak, sehingga mereka akan terhindar dari penyakit diabetes tipe 2. Kandungan kalsium dan juga magnesium yang terdapat di dalam susu mampu mencegah terjadinya diabetes.

Kandungan Gizi Yang Terdapat Pada Susu Untuk Balita

Berikut ini beberapa kandungan gizi yang ada dalam susu formula ;

– AHA, Kandungan susu formula AHA atau AA berfungsi sebagai perangsang kecerdasan otak anak, namun selain itu ada juga manfaat lain yaitu untuk merangsang perkembangan syaraf mata sehingga mata bayi akan sehat.

– DHA, kandungan susu formula yang satu ini hamper sama dengan AHA yaitu berfungsi untuk perkembangan otak dan juga mata anak.

– LA, Kandungan ini merupakan asam lemak yang sangat bermanfaat untuk kesehatan mental dan juga perkembangan otak anak.

–  FOS dan GOS, Kandungan ini berfungsi agar pencernaan bayi semakin sehat karena FOS dan GOS ini dapat meningkatkan kekebalan tubuh, meningkatkan jumlah bakteri baik untuk tubuh dan mengurangi jumlah bakteri jahat yang terdapat di dalam tubuh.

–  Omega 3 dan omega 6, Kandungan ini berfungsi untuk kesehatan rambut , kuku, kulit, mencegah kerusakan sel. Antara omega 3 dan juga omega 6 harus seimbang karena memiliki fungsi yang saling terkait.

Jika Anda akan  membeli susu formula online untuk anak yang berkualitas dan mengandung gizi yanglengkap, tak ada salahnya Anda harus mencoba produk susu dari friso yang tentunya berkualitas baik.

Beberapa Jenis Susu Bagi Balita

Sampai si kecil memasuki  usia 1 tahun, ASI merupakan satu-satunya jenis susu yang dapat dikonsumsi mereka. ASI mengandung segala jenis nutrisi yang diperlukan tubuh si kecil untuk dapat tumbuh dengan optimal, disamping itu saat usianya dibawah 1 tahun pencernaan si kecil masih belum siap untuk mencerna nutrisi yang bersumber dari susu sapi. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan para ibu untuk memberikan ASI setidaknya sampai usia si kecil mencapai dua tahun.

Akan tetapi saat usia si kecil  sudah menginjak 1 tahun, para ahli mulai menyarankan supaya  anak  diberikan susu pertumbuhan sebagai pelengkap pola makan 4 sehat 5 sempurna. Sekarang ini ada beragam jenis susu sapi yang ditujukan untuk si kecil , diantaranya adalah ;

– Susu full cream adalah susu sapi yang sudah dipasterisasi dan dihomogenisasi, biasa di jual dalam bentuk cair atau serbuk. Jenis susu sapi ini umumnya mengandung setidaknya 3,2 persen lemak.

– Susu rendah lemak adalah susu sapi dengan kandungan lemak berkisar antara 1,5 – 2 persen lemak.

–  Susu skim adalah jenis susu sapi dengan kandungan lemak sangat rendah yaitu sekitar 0,15 persen.

– Susu formula khusus yaitu susu yang diproduksi untuk memenuhi kebutuhan asupan nutrisi khusus. Biasanya dapat berupa susu rendah laktosa atau sudah ditambahkan protein, zat besi, kalsium, vitamin D, asam lemak omega-3 atau nutrisi lainya.

Para ahli merekomendasikan susu full cream untuk si kecil dengan usia 1-2 tahun karena susu jenis ini adalah sumber yang bagus dari protein, lemak, dan kalsium. Selain itu, susu full cream mengandung cukup energi untuk aktivitas sehari-hari si kecil. Usia pertumbuhan 1 sampai dengan 2 tahun adalah masa dimana pertumbuhan si kecil berlangsung pesat sehingga mereka membutuhkan asupan protein, lemak, dan energi cukup yang salah satunya dapat dipenihi dari jenis susu tersebut. Susu rendah lemak biasanya akan direkomendasikan dokter untuk si kecil yang mengalami kegemukan berlebih atau obesitas.

Pertumbuhan si kecil saat usia memasuki usia dua tahun tidak sepesat ketikamereka berusia 1 tahun, sehingga mereka dengan berat badan ideal biasanya lebih direkomendasikan untuk mengkonsumsi susu untuk balita yang rendah lemak, kecuali bagi mereka yang berat badannya dibawah angka normal. Konsumsi lemak pada tahapan ini masih sangat diperlukan yang salah satunya digunakan untuk pertumbuhan otak mereka. Hal tersebut bergantung pada kondisi si kecil, contohnya anak yang mengalami intoleransi laktosa, Anda bisa memberikan si kecil susu rendah laktosa.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*