Beberapa Jenis Makanan Ibu Hamil Untuk Mengurangi Morning Sickness

makanan ibu hamil www.facebook.com/ibudanbalita

Makanan ibu hamil sangatlah diperlukan untuk menjaga kondisi tubuhnya, dan juga untuk mengatasi masalah morning sickness.

Istilah morning sickness ini adalah gejala tidak mengenakkan yang dialami oleh ibu hamil di waktu pagi hari. Biasanya ditibui dengan mual, kemudian muntah, dan tidak jarang membuat ibu merasa keletihan yang teramat sangat.

Banyak sekali penyebab utamanya, salah satunya adalah pada masa kehamilan anak pertama. Pada masa-masa ini, ibu hamil akan lebih sering mengalaminya karena baru saja menyesuaikan diri dengan kondisi berbeda yang belum pernah dialami sebelumnya.

Namun hal ini bisa menjadi pertibu baik buat Ibu karena sejatinya Ibu telah mengandung dari buah pernikahan.

Permasalahannya adalah jika kondisi ini terlalu sering dialami, maka morning sickness ini tentu kurang baik. Bagaimana cara mengatasinya? Caranya adalah dengan mengkonsumsi makanan yang baik untuk ibu hamil di bawah ini!

Perbanyak Konsumsi Sayuran

Sayuran selalu menjadi makanan ideal untuk menjaga kesehatan, baik itu untuk Ibu yang dalam kondisi mengandung atau tidak.

Sayuran ini seakan menjadi menu wajib yang harus disediakan. Terutama sayuran yang mengandung zat besi tinggi.

Sayuran yang kaya akan kandungan zat besi tinggi diantaranya adalah sayuran-sayuran hijau. Sayuran jenis ini nantinya akan membantu dalam meningkatkan kondisi tubuh, dan menjauhkan dari efek keletihan yang didapat dari morning sickness.

Selain sayuran yang mengandung zat besi, ibu hamil juga disarankan untuk mengkonsumsi sayuran yang kaya akan asam folat. Kenapa?

Karena asam folat ini nantinya akan membantu dalam proses pembelahan sel. Hasilnya, buah hati yang dikandung akan terlahir dengan kondisi fisik yang lebih sempurna.

Contoh beberapa jenis sayuran yang mengandung asam folat tinggi adalah sawi, asparagus, serta brokoli.

Konsumsi Buah Alpukat Dan Pisang

Makanan sehat untuk ibu hamil yang berasal dari buah ini juga harus ditambahkan. Buah yang memang baik untuk kesehatan ibu hamil dan janin adalah buah alpukat dan pisang.

Buah pisang ini akan sangat baik jika dikonsumsi pada trimester pertama. Tujuannya adalah untuk menghindari dari ngidam berlebihan, dan tentunya menjauhkan dari rasa mual yang berlebihan.

Sementara buah alpukat ini akan sangat baik dalam mencegah terjadinya serangan jantung, kemudian baik untuk pertumbuhan jaringan serta pertumbuhan otak bayi.

Normalnya, buah alpukat ini akan sangat tepat bilamana dikonsumsi pada trimester kedua. Pasalnya, pada trimester kedua ini, janin sudah mulai tumbuh sehingga kandungan dari buah alpukat ini bisa membantunya dengan tepat.

Minum Air Kelapa Muda

Sejauh ini memang belum ada penelitian yang menyebutkan bahwa air kelapa bisa membantu dalam menjaga kesehatan ibu hamil. Meskipun begitu, air kelapa ini tetap saja bermanfaat untuk ibu hamil.

Umumnya, ibu hamil akan membutuhkan cairan yang sangat banyak bila dibandingkan dengan yang tidak hamil. Nah, untuk memenuhi cairan tersebut, air kelapa muda inilah yang bisa menjawabnya.

Selain itu, air kelapa muda ini juga akan bermanfaat dalam proses pemulihan stamina ibu hamil pada trimester pertama.

Pasalnya, air kelapa muda ini bersifat sebagai elektrolit alami yang sejatinya mengandung mineral yang cukup tinggi.

Dengan adanya asupan makanan dan minuman tersebut, masalah keletihan dan masalah mual akan segera teratasi. Dan inilah yang akan membuat kehamilan Ibu lebih baik.

Demikianlah ulasan mengenai makanan untuk ibu hamil. semoga membantu ibu dalam meminimalisir terjadinya morning sickness dengan mengkonsumsi makanan ibu hamil.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*