Beberapa Jenis Buah Yang Menjadi Pantangan Ibu Hamil

pantangan ibu hamil Source: MomJunction

Berbagai jenis buah untuk ibu hamil menjadi sumber nutrisi yang baik untuk para ibu hamil. Sebab tidak hanya ibu saja yang memerlukan nutrisinya, namun  janin yang ada di dalam kandungan juga membutuhkan asupan nutrisi yang cukup setiap harinya untuk dapat berkembang. Oleh sebab itu tidak heran bila  ibu hamil umumnya selalu dilarang makan ini dan itu.

Tujuannya jelas untuk menjaga kondisi kandungan dan kondisi sang ibu agar tidak mengalami gangguan kesehatan. Disamping itu berbagai jenis buah untuk ibu hamil ini juga dapat membantu Anda para ibu hamil untuk mengurangi kondisi mual dan muntah di awal kehamilan atau yang biasa  disebut dengan morning sickness. Oleh sebab itu makanan memang perlu diperhatikan dan diseleksi untuk memperoleh jenis makanan mana yang memang baik dikonsumsi oleh ibu hamil.  Selain itu tentu ada juga jenis buah yang menjadi pantangan ibu hamil, salah satunya adalah buah nanas.

Bermacam-macam Buah Yang Bukan Menjadi Pantangan Ibu Hamil Dan Baik Untuk Kandungan

Tidak bisa dipungkiri bahwa kehamilan merupakan masa yang sangat ditunggu oleh para pasangan suami istri. Adanya seorang anak tentu akan membuat keluarga semakin lengkap dan sangat bahagia. Namun sebagai orang tua Anda tentu mempunyai tanggung jawab untuk selalu kondisi anak Anda mulai sejak berada di dalam kandungan, sampai lahir dan tumbuh besar nanti. Salah satu cara yang dapat  Anda lakukan sebagai bentuk tanggung jawab Anda tersebut adalah dengan mengonsumsi berbagai jenis makanan sehat untuk menjaga kondisi kehamilan. Dan buah-buahan merupakan jenis makanan sehat dan lezat yang mungkin dapar menjadi salah satu pilihan camilan untuk para ibu hamil untuk tetap bisa menjaga kondisi kesehatan kandungannya. Berikut ini beberapa macam  buah  untuk ibu hamil yang baik dikonsumsi;

  • Kurma

Buah kurma mungkin memang sangat akrab dengan buah untuk sahur atau untuk berbuka puasa. Rasanya yang manis dan kaya akan serat ini ternyata juga mempunyai banyak manfaat bagi ibu hamil. Sebab tidak hanya serat saja yang banyak terkandung dalam kurma, namun  kurma juga mempunyai banyak kandungan kalium, zat besi, mangan, belerang, kalsium, serta magnesium sehingga sangat baik dikonsumsi oleh para wanita yang sedang masa hamil. Kurma dapat  membantu Anda mengatasi kram perut dan juga memperkuat kondisi kandungan Anda.

  • Alpukat

Jenis buah buahan untuk ibu hamil yang kedua yaitu  buah alpukat. Salah satu jenis buah yang juga sangat enak rasanya. Selain bermanfaat untuk kesehatan kulit, alpukat ini ternyata juga mempunyai kandungan asam folat dan vitamin kompleks yang sangat berguna  untuk seorang ibu hamil. Asam folat dapat membantu tumbuh kembang otak dan juga tulang belakang janin di dalam kandungan Anda. Sedangkan vitamin B kompleks akan membantu Anda untuk mengatasi rasa mual dan muntah atau morning sickness di awal masa kehamilan Anda.

  • Manggis

Buah selanjutnya yaitu buah manggis, buah yang pasti sudah sangat populer di kalangan masyarakat. Manfaat kulit manggis juga sudah sangat terbukti untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Bahkan kulit manggis ini dapat  menjadi obat kanker yang sangat  ampuh. Sekarang ini Anda juga sudah bisa mendapatkan banyak sekali obat-obatan herbal yang berasal dari ekstrak kulit manggis. Disamping  itu teryata manggis juga mempunyai banyak manfaat untuk para ibu hamil. Salah satunya yaitu  vitamin C yang bisa membuat sang ibu lebih kuat daya tahan tubuhnya dan dapat menjaga kondisi elastisitas kulit perut untuk persiapan masa kehamilan sampai  proses kelahiran nanti. Manggis juga memiliki  banyak kandungan asam folat yang berguna untuk janin di dalam kandungan.

  • Buah Naga

Untuk jenis buah  ini mungkin masih belum terlalu umum dikonsumsi oleh kebanyakan msyarakat.  Namun ternyata buah sejuta manfaat ini mempunyai  rasa yang nikmat dan cukup unik. Buah ini juga mempunyai  banyak manfaat bagi para ibu hamil sebab kandungan nutrisinya. Vitamin C yang terkandung dalam buah naga membantu para ibu hamil  guna menjaga daya tahan tubuh. Disamping  itu ada satu keuntungan lain yang dapat Anda peroleh dari buah naga. Buah yang satu ini mempunyai kulit yang tebal sehingga biasanya lebih aman dari pestisida.

  • Apel

Buah yang satu ini merupakan  buah buahan untuk ibu hamil yang rasanya sangat nikmat dan diminati oleh banyak orang. Tidak hanya ibu hamil saja, namun  buah apel juga menjadi salah satu jenis buah yang dapat  Anda jadikan sebagai camilan. Apel mempunyai kandungan vitamin A, B1, B2, B3, B5, 6 dan B9, serta kandungan vitamin lainnya yang dapat  membantu dalam tumbuh kembang janin yang ada di dalam kandungan. Disamping itu Anda juga dapat mengonsumsi buah ini setiap hari agar dapat  menjaga berat badan agar tetap seimbang.

Buah yang Merupakan Pantangan Ibu Hamil

Apabila sebelumnya saya sudah memberikan beberapa macam buah untuk ibu hamil yang baik dikonsumsi, akan tetapi ternyata tidak semua buah aman dikonsumsi untuk ibu hamil. Ada tiga jenis buah yang memang tidak dianjurkan untuk para wanita hamil. Hal ini disebabkan oleh  zat-zat yang dikandungnya dapat mengganggu kesehatan kandungan ibu hamil.

Secara umum buah durian  memang memiliki banyak sekali mineral dan juga vitamin yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Akan tetapi ternyata ada dampak negatif yang dapat ditimbulkan oleh buah durian dan menjadi pantangan ibu hamil. Buah yang satu ini bersifat panas, sehingga jika dikonsumsi dan masuk ke dalam perut akan berdampak negatif  untuk kandungan Anda. Apalagi durian ini juga mengandung alkohol, dan ibu hamil tidak boleh mengonsumsi alkohol secara berlebihan.

Selain buah, ibu juga tidak boleh melakukan aktifitas berat. Simak tulisan dari Awal Nestle ini.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*