Beberapa Hal Yang Harus Dipahami Bunda Saat Perkembangan Bayi 2 Bulan

perkembangan bayi 2 bulan www.awalsehat.nestle.co.id

Melihat Perkembangan Bayi 2 Bulan merupakan salah satu hal yang menarik namun juga membuat khawatir oleh para orang tua. Beberapa ibu merasa bayinya selalu berkembang setiap hari dan akan semakin menggemaskan. Walaupun ada sebagian ibu yang merasa khawatir saat bayi sedikit tertinggal dibandingkan bayi lain seusianya.

Bahkan ada juga ibu yang menghadapi kelahiran secara prematur selalu merasa cemas dengan perkembangan buah hatinya. Saat bayi memasuki usia 2 bulan maka tahap perkembangan bayi usia 1 bulan sudah terlewati dengan baik.

Para ibu mungkin juga akan merasakan perubahan yang terjadi pada bayi semakin besar.  Bayi yang sudah berusia 2 bulan biasanya masih mempunyai waktu tidur yang sangat panjang, umumnya sekitar 14 sampai 16 jam untuk setiap hari. Beberapa bayi akan lebih senang tidur saat pagi dan siang hari namuan ada juga bayi yang tidak suka tidur saat malam hari. Saat bayi tertidur maka bayi yang menerima ASI umumnya akan minta makan setiap 2 sampai3 jam sekali. Jika bayi sudah mulai nyaman untuk tidur sendiri maka ibu dapat mencoba mengerjakan pekerjaan lain.

Ibu juga bisa mendaptkan waktu istirahat yang lebih banyak pada masa usia 2 bulan dibandingkan ketika bayi berusia 1 bulan. Si kecil harus ditidurkan dengan posisi telentang guna menjaga sistem pernafasan yang baik bagi Bayi. Apabila Anda menempatkan bayi di keranjang bayi maka Anda bisa memberikan bantal pada setiap sisinya. Biasanya bayi yang baru berusia 2 bulan belum terlalu memerlukan mainan. Akan tetapi hal yang paling penting adalah untuk mencoba memancing reaksi bayi saat diberikan mainan.

Memberikan Perawatan Bayi 2 Bulan

Bayi yang berusia 2 bulan sudah mulai tertarik untuk memegang objek tertentu dan memasukkannya ke dalam mulut. Untuk mencegah hal yang buruk terjadi maka usahakan untuk memberikan benda dengan ujung yang tumpul atau tidak kasar. Jauhkan dari berbagai jenis benda yang mudah lepas, misalnya saja mainan tertentu sebab bayi dapat menelan lalu  benda tersebut bisa menyebabkan bayi tersedak. Untuk membantu gerakan kaki dan perut yang baik maka ibu dapat membantu bayi untuk mendorong gerakan badan mereka sendiri. Tentu saja ibu tetap perlu untuk menjaga keseimbangan koordinasi berat badan si kecil.

Saat siang hari biarkan si kecil tidur sesuai dengan kebutuhan, dan saat  bayi terbangun maka ajak bayi untuk melakukan berbagai macam aktivitas yang ringan misalnya saja gerakan kaki dan tangan. Memberikan pelukan bagi bayi berusia 2 bulan sangat baik guna mendorong bayi untuk mengenali orang tua dan merasa lebih nyaman. Saat bayi merasa bosan dan mulai rewel maka cobalah untuk memberikan hiburan yang dapat menenangkan bayi atau menggendong si kecil.

Perubahan Fisik Yang Terjadi Saat Pertumbuhan Bayi 2 Bulan

Bayi usia 2 bulan sudah mulai bergerak aktif, oleh karena itu jangan pernah meninggalkan bayi sendiri saat Anda melakukan beberapa kegiatan. Apabila Anda terpaksa harus meninggalkan bayi sebentar maka usahakan untuk memberikan pengaman dengan begitu bayi tidak akan jatuh atau terkena cedera yang tidak diinginkan. Jangan pernah melakukan berbagai hal yang dapat menyebabkan bayi cedera, misalnya aja minum air panas saat menggendong bayi. Bayi pada usia 2 bulan sudah dapat menggerakkan tangan dan mulai meraih benda didekatnya. Berikut ini beberapa perubahan fisik yang terjadi pada bayi usia 2 bulan;

-Bayi akan tumbuh dengan peningkatkan berat badan yang sangat pesat.

-Bayi mempunyai otot leher yang lebih kuat, akan tetapi Anda tetap harus menahan kepala saat mengangkatnya.

-Bayi mulai dapat menggerakkan otot kepala dengan baik dan sebagian bayi mampu memutar kepala ke arah 45 derajat.

-Bayi dapat menggerakkan kepalan tangan dengan baik, misalnya saja gerakan membuka dan menutup.

-Gerakan pada bagian lengan dan kaki bayi akan nampak lebih teratur sebagai tanda perkembangan syaraf dan otot sudah cukup baik. Cara melakukan pijat bayi yang benar dapat membantu perkembangan fisiknya.

-Apabila  Anda menempatkan mainan yang menggantung maka ia akan memberikan gerakan refleks seperti tangan yang ingin meraih mainan.

-Bayi mulai dapat mengembangkan koordinasi mata dengan baik , misalnya saja ekspresi saat disapa, merasa sedih maupun senang.

-Bayi mulai dapat mengatur gerakan otot dengan sempurna, misalnya saja gerakan memegang kepala mereka sendiri. Ibu sudah dapat membiarkan bayi berbaring di perut dengan gerakan yang lebih banyak dibandingkan ketika bayi berusia 1 bulan.

-Bayi mempunyai kemampuan menghisap yang sangat kuat termasuk saat menyusui dari ASI maupun dengan botol. Karena kemampuan bayi semakin baik maka produksi ASI harus terus dijaga dengan baik. Oleh karena itu,  ibu dapat mengkonsumsi makanan sehat supaya bayi tetap sehat dan cerdas.

-Sebagian bayi juga akan mulai mengisap beberapa jari yang telah sampai ke mulut. Dan ibu tidak perlu cemas sebab gerakan ini ternyata dapat membuat bayi merasa lebih tenang.

-Bayi sudah dapat mengenali berbagai macam mainan seperti mainan yang berwarna. Ibu dapat mulai menggantung beberapa mainan dengan warna yang cerah, misalnya saja warna merah, hijau, biru atau kuning.

-Saat bayi dikenalkan beberapa objek dengan cara dibantu untuk memegang, maka bayi dapat memegang mainan tersebut namun tidak dalam waktu lama.

-Saat Anda membaringkan bayi lalu mengangkat kakinya maka bayi akan merasa sangat gembira. Gerakan yang terjadi saat perkembangan bayi 2 bulan ini juga bisa membantu bayi untuk dapat menendang dan merasakan kekuatan kaki untuk pertama kalinya.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*