Beberapa Cara Mengatasi Mual Saat Hamil Dengan Lebih Aman

Untuk Anda para calon ibu yang sedang hamil, tentu harus paham dan tau mengenai  bagaimana cara mengatasi mual saat hamil. Sebab rasa mual ketika hamil atau morning sickness merupakan salah satu tanda kehamilan yang biasa dialami oleh para ibu hamil. Namun yang harus menjadi catatan bahwa sudah ada banyak sekali tentang metode yang alami atau tanpa obat  kimia. Morning sickness juga merupakan kondisi atau gejala kehamilan yang dialami oleh wanita hamil yang disebabkan karena meningkatnya jumlah hormon di dalam tubuh. Biasanya 70 % wanita hamil akan mengalami gejala tersebut  dan 50 % diantaranya akan mengalami muntah sesudah mual. Walaupun disebut morning sickness, akan tetapi umumnya mual dan muntah akan dialami secara bertahap  dalam satu hari.

Tips Mengatasi Mual Ketika Hamil dengan Kebiasaan Baik

Walaupun morning sickness ini terjadi disebabkan karena kondisi yang alami yakni peningkatan jumlah hormon, akan tetapi ternyata rasa mual dan muntah tersebut dapat sedikit teratasi dengan melakukan beberapa kebiasaan baik.  Sebab kondisi seperti ini umumnya akan sangat mengganggu kegiatan sehari-hari. Terutama pada beberapa minggu awal hingga minggu ke 6 dan ke 9 saat masa kehamilan. Berikut ini beberapa tips untuk mengatasi mual saat masa kehamilan;

-Perbanyak Makan

Sama halnya seperti wanita yang akan melakukan diet atau menurunkan berat badan, ibu hamil dianjurkan untuk lebih sering makan. Namun, tentu saja porsi tiap makanannya perlu dikurangi. Dengan begitu,  dalam sehari Anda dapat makan 4 sampai 5 kali dengan porsi makan yang tidak terlalu banyak. Anda bisa membuat jadwal makan setiap harinya dan harus mengatur menu makannya agar asupan nutrisi dan gizi yang masuk ke dalam tubuh dapat mencukupi kebutuhan nutrisi dan gizi harian ibu hamil. Mulai dari trimester pertama, Anda perlu unuk mulai memerhatikan dan mengubah pola makan Anda dari sebelumnya. Anda harus melakukannya secara konsisten hingga trimester terakhir kehamilan agar kondisi kesehatan Anda dan kandungan Anda selalu terjaga dan aman.

-Tidak Boleh  Langsung Bangun dari Tempat Tidur

Cara mengatasi mual  ketika hamil yang lainnya yaitu  jangan gunakan langsung beranjak dari tempat tidur saat Anda bangun pagi. Setelah Anda membuka mata, Anda harus duduk terlebih dahulu dan bangunlah secara bertahap namun pelan. Anda harus berada di atas ranjang selama beberapa menit untuk menikmati pagi hari yang menyegarkan bagi Anda. Jika harus Anda juga dapat menyediakan beberapa makanan kecil dan juga minuman di samping tempat tidur.

Agar setelah bangun tidur Anda dapat segera mengonsumsi makanan dan minuman tersebut. Cara ini dipercaya sangat tepat untuk mengatasi mual dan pusing saat hamil.

-Hindari Makan Pedas dan Berlemak

Untuk Anda yang sebelumnya suka mengonsumsi berbagai makanan pedas dan berlemak, mulai saat ini sebaiknya Anda menghindari atau setidak kurangi konsumsi makanan-makanan seperti itu tersebut, kecuali di siang hari mau pun di malam hari. Dalam mengatasi masalah tersebut lebih baik Anda banyak mengonsumsi minum air putih. Disam ping itu makan pedas dan berlemak juga dapat mengganggu kondisi kesehatan Anda terutama kesehatan pencernaan.

Cara Menyembuhkan Mual Saat Hamil Yang Lainnya

Jika dengan beberapa tips diatas belum bisa menyembuhkan mual Anda, maka cobalah beberapa cara berikut ini ;

-Melakukan Olahraga Secara Rutin

Cara yang pertama yaitu dengan melakukan kegiatan olahraga ringan secara teratur. Walaupun sedang hamil, akan tetapi aktivitas olahraga sangat bermanfaat untuk kesehatan para ibu hamil. Salah satu manfaat olahraga yaitu untuk menyembuhkan morning sickness atau rasa mual dan muntah yang dialami oleh ibu hamil. Anda tidak harus melakukan olahraga berat sebab justru dapat mengganggu atau bahkan membahayakan kondisi calon bayi Anda. Anda bisa melakukan beberapa macam  olahraga yang ringan, contohnya olahraga yoga atau gerakan olahraga khusus bagi ibu hamil.

-Melakukan Terapi

Selain dengan melakukan olahraga, ada pula cara untuk menyembuhkan mual dan pusing ketika hamil lainnya yakni dengan terapi akupuntur dan akupresur. Dua macam terapi  ini merupakan  cara untuk menstimulasi berbagai titik tertentu pada tubuh Anda hingga  pada sistem syarafnya. Cara ini juga sangat efektif untuk mengatasi kondisi mual dan muntah yang diderita ibu hamil. Namun Anda juga perlu memilih klinik akupuntur dan akupresur yang terpercaya dan terbukti kualitasnya agar tidak terjadi kesalahan atau malpraktik yang justru akan membahayakan kesehatan janin dan tubuh Anda.

-Ruangan yang Lebih Dingin

Jika di rumah Anda memiliki AC, maka Anda bisa mencoba untuk menyalakan AC tersebut agar suhu ruangannya menjadi lebih dingin. Alasannya sangat sederhana, yakni karena moring sickness ini dapar terpicu karena kondisi tubuh yang terlalu panas.

Oleh sebab itu sebaiknya jika tubuh Anda mulai terasa panas atau gerah, segera dinginkan dengan cara menghidupkan  AC atau bisa juga dengan kipas angin. Namun jangan menyalakan AC atau kipas angin secara berlebihan sebab  justru akan membuat kesehatan Anda terganggu dan bisa saja mengalami demam.

Anda juga harus mengonsumsi beberapa macam makanan pencegah mual ketika hamil. Salah satunya yaitu buah-buahan dingin yang sudah disimpan dalam lemari pendingin. Buah-buahan pada intinya sangat bermanfaat  untuk kesehatan kandungan dan juga ibu hamil sebab vitamin dan nutrisinya cukup lengkap. Apabila buah-buahannya dingin, maka buah tersebut juga merupakan cara mengatasi mual saat hamil. Namun Anda juga perlu memastikan bahwa buah tersebut telah dicuci hingga bersih.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*