Beberapa Cara Agar Bayi Bisa Sendawa Setelah Ibu Susui

Ibu dan balita www.ibudanbalita.com
Ibu dan balita

www.ibudanbalita.com

Setelah ibu susui, bayi harus disendawakan. Ini seperti halnya ibu setelah makan atau minum. Sendawa akan membuat perut terasa lebih nyaman. Dan ini pula yang bayi butuhkan.

Oleh sebab itu, setiap kali ibu selesai menyusui, ibu sebaiknya sendawakan si kecil. Bagaimana cara menyendawakan bayi?

Tidak hanya ada satu cara yang bisa ibu lakukan untuk menyendawakan bayi. Karena memang ada beberapa bayi yang sulit untuk disendawakan. Akibatnya bayi tersebut rewel karena tidak merasa nyaman ketika belum sendawa setelah minum ASI.

Berikut beberapa cara menyendawakan bayi.

Yang pertama dengan membuat bayi berdiri. Ini cara yang lazim dilakukan oleh kebanyakan ibu. Ini posisi seperti ketika ibu memeluk si kecil. Hanya saja, posisinya sedikit lebih berdiri tegak. Kepala bayi berada di pundak ibu. Pada saat itu, ibu menepuk-nepuk punggung si kecil hingga ia sendawa.

Ini merupakan cara atau teknik yang paling mudah dilakukan. Akan tetapi, jika belum berhasil sendawa, ibu bisa coba lainnya.

Cara yang kedua, dengan memposisikan bayi telungkup. Jika cara sebelumnya tidak bisa membuat bayi sendawa, ibu bisa coba cara yang satu ini. Ibu telungkupkan si kecil di pangkuan ibu. Kemudian, ibu tepuk-tepuk punggung seperti teknik yang pertama.

Jika ibu menggunakan cara ini, ada satu catatan yang harus ibu perhatikan. Ketika bayi telungkup, pastikan dada bayi berada lebih tinggi daripada perut bayi.  Hal ini selain untuk membuat bayi lebih mudah sendawa, posisi ini juga akan membuat bayi lebih nyaman.

Cara yang ketiga dinamakan teknik tick tock. Teknik lebih sulit dibandingkan dengan dua teknik sebelumnya. Jika ibu tidak yakin bisa melakukannya, sebaiknya ibu tidak mencobanya.

Ada beberapa langkah yang harus ibu lakukan.

  • Pegang bayi pada bagian ketiak
  • Tahan bagian kepala dan juga lehar hari dengan menggunakan jari
  • Biarkan bayi berayun dengan bebas
  • Miringkan ke samping kanan dan kiri

Kenapa cara ini dinamakan tick tock? Karena ayunan bayi tersebut seperti jam dinding yang ada gantungannya. Ia mengayun seperti gantungan pada jam dinding.

Bagaimana? Cara mana yang akan ibu coba?

Bayi usia di bawah 9 bulan umumnya belum bisa sendawa sendiri. Oleh sebab itu, ibu perlu membantunya untuk bersendawa. Dan tiga cara tersebut bisa ibu lakukan agar si kecil merasa nyaman setelah kenyang mengkonsumsi ASI karena sudah sendawa.

Menyendawakan bayi hanya satu dari sekian hal seputar perawatan bayi. Ada banyak hal lagi yang perlu ibu ketahui mengenai cara merawat bayi. Ibu bisa dapatkan semua yang ibu butuhkan di www.ibudanbalita.com. Di sana ada banyak informasi penting mulai dari cara perawatan bayi hingga bagaimana memaksimalkan tumbuh kembang sang buah hati.

Sangat disarankan juga ibu bergabung dengan komunitas ibu di sana. Jadi, ibu bisa berinteraksi dan bertukar informasi dengan semua anggota di komunitas tersebut.

Atau jika mungkin ibu memiliki masalah dengan si kecil, seperti anak susah makan, si kecil sering sakit, atau permasalahan lainnya, ibu bisa berkonsultasi dengan pakarnya. Ibu bisa bertanya dengan ahli perkembangan bayi di situs tersebut.

Buka saja smartphone ibu kapan ibu membutuhkan untuk konsultasi dengan pakar perkembangan anak. Dan ibu akan langsung mendapatkan jawaban yang tetap dan dapat dipercaya karena jawaban tersebut diberikan oleh seseorang yang ahli di bidang perkembangan anak.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*