Bayi Sehat Lahir dari Ibu yang Menghidap AIDS, Mungkinkah?

bayi sehat www.facebook.com/ibudanbalita

Bayi sehat ternyata bisa dilahirkan dari rahim seorang ibu yang menghidap AIDS. Awalnya terdengar tidak mungkin lantaran banyak ahli kesehatan mengatakan bahwa orang yang terkena AIDS akan menurunkan penyakitnya tersebut kepada sang buah hati.

Namun, pendapat tersebut terbantahkan. Memang AIDS merupakan penyakit yang belum ditemukan obatnya. Hanya saja, penyebaran AIDS ini bisa diatasi dengan cara memberikan treatment khusus kepada wanita hamil.

Menurut Samsuridjal Djauzi, pemberian obat berupa obat ARV secara teratur akan membuat wanita hamil (yang mengidap AIDS) bisa melahirkan anak normal. Dokter spesialis penyakit dalam tersebut juga menjelaskan tidak hanya obat ARV saja yang harus dikonsumsi si ibu, tapi juga diperiksa jumlah viral loadnya juga.

Treatment tersebut akan diberikan selama kurang lebih 6 bulan. Dalam jangka waktu tersebut, dokter akan memastikan virus tidak terdeteksi sehingga anak akan lahir dalam keadaan sehat. ARV ini merupakan obat mencegak virus HIV atau AIDS menyebar dan jumlahnya semakin banyak.

Itulah mengapa wanita hamil di Indonesia sekarang disarankan melakukan tes HIV/AIDS selain serangkaian cek kesehatan lainnya seperti tekanan darah dan berat badan bayi dalam kandungan. Tujuannya tidak lain adalah agar deteksi dini bisa dilakukan sehingga dokter bisa memberikan penanganan khusus jika memang ibu hamil terindikasi terkena virus HIV. Dengan demikian, bayi bisa lahir tanpa membawa virus HIV. Secara tidak langsung, penderita HIV bisa berkurang karena setiap ibu (walaupun menghidap HIV) bisa melahirkan bayi sehat.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*