Bayi Ibu Belum Mulai Belajar Jalan Di Usia 1 Tahun. Normalkah?

belajar bicara www.facebook.com/ibudanbalita

Belajar jalan itu bisa dimulai ketika usia si kecil sudah mulai menginjak 9 bulan. Pada usia ini, biasanya bayi akan mulai meminta ibu untuk mengajaknya berdiri dan berjalan-jalan. Hanya saja, kaki bayi belum bisa kokoh menopang badannya sendiri. Akan tetapi, pada usia 9 bulan, sudah terlihat bahwa bayi ibu mulai menapakkan kaki kemudian melangkah satu atau dua langkah.

Sementara itu, ketika bayi ibu sudah memasuki usia 10-11 bulan, maka ibu sudah bisa memegang tangannya mengajaknya jalan-jalan. Langkah si kecil sudah mulai tegap. Bahkan, bayi sudah berani berdiri sendiri dengan cara menegang barang yang ada di dekatnya seperti kursi atau meja.

Lalu, bagaimana jika bayi ibu belum terlihat berjalan ketika usai 11 dan bahkan 1 tahun? Haruskah ibu khawatir?

Tentu saja rasa khawatir tersebut sangat wajar apalagi melihat bayi lainnya sudah mulai berjalan sendiri. Akan tetapi, ada hal yang harus ibu pahami bahwa perkembangan bayi itu berbeda-beda. Perkembangan bayi meliputi perkembangan intelegensi dan juga fisik. Dalam hal ini, belajar berjalan itu berhubungan dengan perkembangan fisik, yaitu perkembangan tulang.

Harus dipahami bahwa perkembangan tulang setiap bayi itu berbeda. Sama halnya juga ketika bayi terkadang terlambat belajar bicara. Yang jelas, hal tersebut tidak perlu ibu risaukan. Ibu hanya perlu membantu sang buah hati untuk belajar jalan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*