Bayi Anda Sudah Berusia 6 Bulan? Berikan Bubur Bayi Sehat untuk Mendampingi ASI

bubur bayi sehat www.awalsehat.nestle.co.id

Jika bayi Anda sudah mendapatkan ASI dengan cukup maka di usia 6 bulan Anda bisa memberikan bubur bayi untuk anak Anda. Hal ini dilakukan untuk pengenalan makanan padat bagi bayi Anda. ASI memang salah satu jenis makanan yang sangat dibutuhkan untuk si bayi di bawah 6 bulan.

Akan tetapi setelah 6 bulan, bayi Anda tentu membutuhkan makanan pendamping ASI. Oleh karena itu, bubur bayi memang sudah bisa menjadi menu makanan  untuk anak Anda.

Perlu Anda perhatikan tentang pemberian makanan padat untuk si bayi harus dimulai di waktu yang tepat dan tidak sembarangan. Pengenalan makanan padat yang diperbolehkan adalah  dimulai ketika bayi berusia 6 bulan.

Pengenalan makanan padat ketika si bayi belum berusia 6 bula bisa menimbulkan gangguan pada pergerakan usus bayi dan akan mengakibatkan kegemukan di waktu yang akan datang.

Pengenalan makanan padat juga tidak boleh terlambat karena bisa membuat kebiasaan makan yang buruk. Waktu pengenalan makanan padat untuk si bayi merupakan hal yang sangat dinanti oleh orangtua.

Orangtua pasti sangat senang untuk mengenalkan makanan lain kepada anaknya selain ASI karena nantinya si bayi tidak memilah-milah makanan apa yang akan ia makan.

Akan tetapi, ada juga yang merasa takut dan khawatir anaknya tidak bersedia mencoba makanan padat. Dan banyak juga yang khawatir tentang bagaimana dan menu apa saja yang bisa disajikan kepada si bayi.

Pada usia 6 bulan, makanan padat yang diberikan itu bukan makanan orang dewasa. Karena tidak sepadat itu, tetapi tidak juga seperti ASI yang terlalu cair.

Resep Bubur Bayi Bergizi Untuk Menambah Berat Badan

Anda bisa mulai memberi bubur bayi yang paling encer terlebih dahulu seperti bubur susu. Setelah anak bisa menerima bubur susu, barulah Anda bisa memberikan sari buah. Berikut akan saya sampaikan cara pembuatannya ;

  • BUBUR SUSU

Bahan yang dibutuhkan yaitu 3 sdm tepung beras dan 200 ml susu bisa dengan ASI atau susu formula. Cara pembuatan : Pertama campurkan tepung beras dengan susu dan aduk rata.

Kemudian setelah rata, panaskan larutan tersebut di api yang tidak terlalu besar sambil tetap diaduk. Lalu, tunggu sampai matang biasanya sampai meletup. Terakhir adalah angkat, tiriskan, dan segera berikan pada bayi Anda.

  • RESEP BUBUR MARIE BUAH

Bahan yang dibutuhkan yaitu 4 buah biskuit marie, 100 ml susu, 75 gram pisang ambon yang sudah matang. Cara pembuatan : Pertama yaitu haluskan biskuit marie dengan susu atau bisa juga dengan ASI dengan menambahkan air secukupnya.

Kemudian, keruk daging pisang Ambon secara merata. Lalu, campurkan larutan marie dengan pisang ambon tersebut. Terakhir aduk hingga rata dan sajikan kepada si bayi.

  • RESEP BUBUR BUAH

Bahan yang dibutuhkan yaitu 1 sdm tepung beras merah, 10 ml air matang, 100 ml susu dan 50 gram buah matang misalnya saja jeruk, apel, pisang, pear, pepaya, nanas dan lain sebagainya. Cara pembuatan: Pertama campurkan tepung beras merah ke dalam 10 ml air yang sudah matang dan aduk secara merata.

Kemudian, panaskan larutan tersebut di api yang tidak terlalu besar sampai matang dan aduk sambil dipanaskan agar tidak mengental.

Lalu, masukkan buah yang sudah matang dan biarkan beberapa menit. Setelah itu diangkat dan tiriskan bubur dengan cara diaduk  rata hingga asapnya tidak ada lagi.

Jika suhunya sudah hangat maka tuangkan ASI atau larutan susu formula dan aduk secara merata. Terakhir masukkan dalam mangkuk bayi dan bubur buah sudah dapat disajikan untuk bayi Anda.

  • RESEP PUREE SAYUR

Bahan yang dibutuhkan yaitu 1 potong buncis yang  sudah diiris ujungnya dan dicuci sampai bersih, ASI atau susu formula. Cara pembuatan: Pertama yaitu potong buncis sampai kecil. Kemudian kukus buncis sampai matang. Lalu, haluskan buncis dengan memakai blender.

Setelah itu, ambil buncis yang sudah di blender dan saring dengan kawat supaya bisa mendapatkan sari yang lebih halus. Tambahkan ASI atau susu formula ke sari buncis yang sudah halus. Terkahir Puree sayur siap dan bisa disajikan untuk si kecil.

Cara Membuat Bubur Bayi Sehat dan Berprotein (usia 7-8 bulan)

Pada usia ini, anak sudah mulai bisa diberikan makanan dengan sumber protein hewani , misalnya saja daging. Berikut ini cara membuat bubur bayi yang bisa Anda coba:

  • RESEP NASI TIM SARING CAMPUR

Bahan yang dibutuhkan yaitu 20 gr beras, 625 ml air matang, 25 gr daging giling, 25 gr brokoli tanpa tangkai, 25 gr tomat yang sudah dipotong kecil, 10 gr keju parut dan 1 butir kuning telur.

Cara pembuatan:  Pertama yaitu rebus beras, air dan daging giling sampai menjadi bubur. Kemudian, masukkan brokoli dan tomat tunggu sampai matang.

Lalu masukkan kuning telur dan keju parut serta tetap mengaduk larutan. Terakhir jika sudah matang, dinginkan lalu  haluskan bubur dengan blender atau saringan kawat dan siap disajikan pada bayi Anda.

  • RESEP NASI TIM SARING AYAM

Bahan yang dibutuhkan yaitu 20 gr beras, 625 ml air matang, 25 gr daging ayam giling, 25 gr wortel, 25 gr tempe, 25 gr tomat yang dipotong kecil dan 1 sdt mentega. Cara pembuatan: Pertama yaitu rebus beras, air, tempet dan daging ayam giling jadi satu hingga menjadi bubur.

Kemudian masukkan wortel dan tomat, aduk sampai matang. Lalu, masukkan juga mentega sambil tetap diaduk. Terakhir setelah dingin, haluskan bubur menggunakan blender atau di saring dengan saringan kawat dan siap disajikan untuk si kecil.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*