Balita Mengalami Cacar Air. Apa yang Harus Ibu Lakukan?

Friso www.friso.co.id

 

Kasian sekali jika balita terkena cacar air. Karena si kecil tidak hanya merasakan gatal saja. Lebih dari itu, cacar air juga sering disertai dengan suhu tubuh yang meningkat, flu, dan hilangnya nafsu makan.

Lalu, apa yang sebaiknya ibu lakukan?

Membawanya ke dokter menjadi hal yang perlu untuk ibu lakukan. Akan tetapi, setidaknya ibu harus tahu apa saja yang bisa ibu lakukan sebagai langkah pencegahan agar cacar air tidak menjadi terlalu parah.

Mengatasi Cacar Air Pada Balita

Ada 5 hal yang sebaiknya ibu lakukan jika terlihat ada bintik-bintik merah pada tubuh si kecil yang disertai dengan flu serta demam. Pasalnya, besar kemungkinan si kecil terkena cacar.

1. Memberikan Air Putih Lebih Banyak

Umumnya, balita yang terkena cacar air akan mengalami dehidrasi. Oleh sebab itu, cara yang paling tepat untuk ibu lakukan adalah membuat si kecil lebih banyak mengkonsumsi air putih.

Sebenarnya bukan hanya air putih saja yang perlu ibu berikan tapi cairan yang bisa membuat si kecil terhindar dari dehidrasi seperti membuatkan jus buah atau minum susu Friso Gold 3 untuk balita usia 1-3 tahun.

2. Memberikan Obat Penurun Panas

Rasa tidak nyaman ketika balita terkena cacar air tidak hanya gatal-gatal saja, namun juga suhu badan yang tinggi. Jadi, menurunkan suhu badan juga bisa menjadi bagian dari pengobatan cacar air.

3. Memotong Kuku

Kenapa harus mematong kuku? Ini sangat penting untuk menhindari si kecil menggaruk badan yang gatal karena cacar air. Jika kukunya panjang dan tajam, cacar air akan semakin parah.

4. Memandikan Si Kecil dengan Sabun Anti Septik

Ada sabun khusus yang bisa mengobati cacar air balita. Sabun anti-septik cocok untuk digunakan.

Namun, sebaiknya ibu konsultasikan dulu dengan dokter. Kunjungi www.friso.co.id untuk berkonsultasi dengan dokter anak secara online.

5. Pakaikan Pakaian yang Longgar

Hindari memakaikan pakaian yang ketat. Pasalnya, pakaian yang ketat akan membuat kulit si kecil mudah berkeringat dan hal tersebut sangat tidak baik untuk si kecil.

Pada intinya, jangan sampai si kecil terlalu banyak berkeringat agar cacar air bisa segera disembuhkan.

Lama Balita Mengalami Cacar Air

Menurut dokter anak, balita yang mengalami cacar air itu hal yang biasa. Kebanyakan cacar air yang dialami oleh balita bukan cacar yang berbahaya.

Umumnya, balita mengalami cacar air selama 10-21 hari. Jika si kecil mengalami cacar air melebihi 21 hari, sebaiknya ibu langsung konsultasi dengan dokter anak.

Atau, jika suhu badan si kecil sangat tinggi disertai dengan cacar air, ibu sebaiknya membawa si kecil ke dokter anak agar segera mendapatkan penanganan.

Cacar air ini merupakan penyakit yang menular. Jadi, jika si kecil mengalami cacar air, ada kemungkinan ada anggota keluarga yang terlebih dahulu mengalami penyakit ini.

Untuk itu, ibu harus waspada jika ada salah satu anggota keluarga yang mengalami cacar air. Usahakan agar si kecil tidak berinteraksi secara fisik dengan anggota keluarga tersebut. hal tersebut penting agar si kecil tidak tertular cacar air.

Namun, yang paling penting adalah ibu harus memperkuat sistem kekebalan tubuh balita. Karena pada dasarnya penyakit yang menyerang balita itu disebabkan rendahnya sistem kekebalan tubuh balita.

Ibu bisa kunjungi website Friso agar mendapatkan tips-tips bagaimana meningkatkan daya tahan tubuh balita secara efektif.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*