Bakso Termasuk Makanan untuk Ibu Hamil Tapi Ada Syaratnya

makanan ibu hamil https://www.facebook.com/FrisoIndonesia/

Tidak sedikit penggemar bakso. Mungkin ibu juga salah satunya. Dan jangan khawatir karena bakso juga termasuk ke dalam makanan untuk ibu hamil yang disarankan untuk ibu konsumsi selama masa kehamilan.

Jadi, silakan saja jika ibu ingin menikmati kuliner yang biasanya sangat lezat ketika dihidangkan pada waktu musim hujan. Kuliner hangat yang tidak hanya akan menghangatkan badan, tapi juga mengenyangkan. Dan ada banyak kandungan nutrisi yang ibu butuhkan selama masa kehamilan.

Apa saja nutrisi tersebut?

Terlepas dari itu semua, ibu harus tahu tidak semua bakso itu bagus untuk ibu konsumsi lho. Jadi, ada hal-hal yang perlu ibu perhatikan ketika ingin menyantap kuliner yang satu ini.

Kandungan Di Dalam Bakso Baik untuk Ibu Hamil

Kebanyakan bakso itu dibuat dari daging sapi. Ibu pasti tahu banyak sekali nutrisi yang terkandung di dalam daging yang baik untuk perkembangan janin.

Sebut saja protein. Dari sekian jenis daging, daging sapi lah yang kandungan proteinnya sangat tinggi. Dan protein ini sangat dibutuhkan oleh ibu hamil terutama untuk perkembangan janin. Protein akan membantu agar bayi di dalam kandungan mendapatkan berat badan yang normal dan perkembangan saraf tidak ada gangguan.

Akan tetapi, ada satu catatan dari dokter kandungan, yaitu kandungan bakteri dan juga lemak di dalam daging sapi. Ibu harus hati-hati dalam mengolah daging sapi. Jika masih ada lemak dan juga bakteri pada daging tersebut, tentu ibu justru akan mendapatkan efek buruk dari mengkonsumsi daging.

Beruntung daging sapi bisa digunakan sebagai bahan utama untuk membuat bakso. Jadi, ketika dibuat bakso, daging sapi seolah-oleh dimasak atau diolah dua kali. Bisa dikatakan bakteri juga benar-benar mati sehingga tidak membahayakan ibu dan juga janin di dalam kandungan.

Jadi, sekarang ibu yakin bukan bawasannya bakso merupakan makanan ibu hamil?

Meskipun demikian, ada hal yang harus ibu perhatikan.

Hati-Hati dengan Bakso

Jika ibu sering membeli bakso di luar, sebaiknya ibu harus memilih tempat penjual bakso yang benar-benar menjaga kesehatan. Pastikan bakso yang ibu konsumsi tidak mengandung MSG.

Pasalnya, banyak sekali penjual bakso yang menambahkan MSG ketika menghidangkan bakso tersebut. MSG ini jelas tidak baik bagi kesehatan apalagi ibu sedang mengandung.

MSG dikatakan sebagai salah satu faktor penyebab seseorang mengalami kanker. Itulah pemerintah melalui kementrian kesehatan membuat kampanye agar masyarakat menghindari makanan yang mengandung MSG.

Bagi ibu yang sedang hamil, MSG ini juga bisa berpengaruh buruk terhadap kesehatan bayi. Dari beberapa catatan medis, seorang ibu hamil yang selama masa kehamilan sering mengkonsumsi makanan yang mengandung MSG beresiko memiliki bayi memiliki kecerdasan yang rendah.

Jadi, apakah bakso termasuk ke dalam jenis makanan sehat ibu hamil? jawabannya bisa ya bisa tidak. Ya, jika bakso tersebut disajikan tanpa menambahkan MSG.

Banyak yang bilang bakso tanpa MSG itu rasanya hambar. Jika ibu sebelumnya sudah terbiasa mengkonsumsi makanan dengan MSG, pasti ibu juga merasakan hal yang sama.

Akan tetapi, coba ibu pertimbangkan lagi. Apakah ibu mau mengorbankan kecerdasan bayi ibu sendiri dengan memilih untuk mengkonsumsi bakso yang lebih enak karena ada tambahan MSG?

Pilihan ada di tangan ibu. Yang pasti, menjadi seorang ibu hamil itu tidak mudah. Karena ibu harus menjaga kesehatan ibu dan juga janin di dalam kandungan dengan cara mengkonsumsi makanan ibu hamil yang sehat.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*