Bagus Lho Jika Ibu Memandikan Bayi Di Malam

mandi www.ibudanbalita.com

Mandi di malam hari ini tidak boleh. Pernyataan tersebut tidak sepenuhnya benar.

Memang ada pendapat di mana mandi di malam hari akan membuat resiko terkena penyakit rematik. Hal tersebut bisa terjadi jika kondisi tidak begitu bagus. Mandi dengan air dingin jelas beresiko terkena penyakit.

Tapi tidak jika menggunakan air hangat.

Bagaimana dengan bayi atau balita? Apakah juga boleh?

Tidak hanya boleh tapi juga dianjurkan. Hal tersebut tentu bukan tanpa alasan.

Kenapa Sebaiknya Ibu Mandikan Si Kecil Di Malam Hari

Survey membuktikan ternyata memandikan si kecil di malam hari akan membuat dia mudah terlelap. Tidurnya pun akan nyenyak.

Hal ini disebabkan si kecil merasa nyaman sebelum tidur. Oleh sebab itu, ia akan mudah sekali tertidur dan ia juga memiliki tidur yang berkualitas.

Takut terkena masuk angin?

Memang jika udara di tempat ibu sangat dingin, sebaiknya ibu tidak perlu memaksakan si kecil mandi di malam hari.

Terlepas dari itu, ibu harus tahu tata cara yang tepat.

Apa Yang Harus Ibu Lakukan?

Yang pertama, ibu harus pastikan si kecil sehat. Jika kondisi badannya tidak begitu baik, sebaiknya ibu tidak memandikan di malam hari.

Yang kedua, ibu perlu menyiapkan air yang hangat. Ini harus menjadi catatan tersendiri. Di malam hari, umumnya udaranya sangat dingin. Jadi, ibu perlu memandikan si kecil dengan air hangat, bukan air dingin.

Yang ketiga, pilih waktu yang tepat. Sebaiknya ibu memandikan si kecil sekitar pukul 7 malam. Akan lebih baik juga jika selang setelah si kecil ibu mandikan, si kecil siap untuk tidur.

Dan yang tak kalah pentingnya lagi, ibu harus pakaikan pakaian yang hangat. Jika perlu, ibu bisa oleskan minyak telon untuk menghangatkan badan. Dengan kondisi yang hangat, si kecil akan lebih mudah terlelap. Dan tidurnya pun akan sangat nyenyak.

Jadi, tidak salah jika ibu memandikan si kecil di malam hari asalkan ibu tahu apa yang harus ibu lakukan.

Memandikan Si Kecil Di Malam Hari Menjadi Solusi

Banyak sekali tips untuk mengatasi bayi atau balita yang susah tidur. Dan ibu bisa coba untuk memandikan si kecil jika ia sulit tidur. Ini cara yang tak kalah ampuh lho Bu.

Terlepas dari itu semua, ibu tetap harus perhatikan bagaimana kondisi perut si kecil. Jangan sampai ia lapar sehingga ia sulit tidur.

Setelah memandikan si kecil, ibu bisa buatkan susu Frisian Flag hangat. Pasti si kecil akan mudah tertidur.

Pada intinya, ibu perlu membuat si kecil rileks dan nyaman agar ia bisa tidur dengan nyenyak. Dan itu bisa ibu lakukan dengan cara memandikan sang buah hati di malam hari sebelum ia tidur.

Dengan ditemani dengan satu botol susu, ibu bisa memeluk si kecil dan ia akan mudah sekali tertidur.

Ibu bisa membacakan dongeng sebelum tidur. Selain membuat si kecil rileks, membacakan buku dongeng juga bisa dilakukan untuk memberikan wejangan dan nasehat yang baik untuk si kecil. Dan cara ini juga bisa mendekatkan ibu dengan sang buah hati.

Banyak sekali informasi yang bisa ibu dapatkan dari mana saja. Namun, ibu sebaiknya mendapatkan informasi dari sumber yang kredibel. Mengenai info kesehatan bayi dan balita, sangat disarankan untuk membaca artikel dari ibu dan balita di mana website tersebut dikelola langsung oleh para praktisi kesehatan anak.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*