Bagaimana Mengatasi Ruam Popok pada si Kecil?

mengatasi ruam popok https://www.facebook.com/JohnsonsBabyIndonesia/

Bayi memiliki tingat sensitivitas yang tinggi, sehingga perlu untuk menjaga kesehatannya dengan benar agar tidak terjadi masalah pada bagian tubuhnya. Kesalahan dalam perlakuan terhadap si Kecil, tentunya akan menjadikan si Kecil mengalami suatu masalah yang dapat menganggu kenyamanannya saat bermain, tidur atau aktivitas lainnya.

Masalah-masalah seperti kulit kering, kulit memerah, ruam pipi, biang keringat hingga ruam popok memang dapat dialami oleh setiap bayi. Hal tersebut tak terlepas dari apa yang sang Bunda lakukan kepadanya. Memberikan perawatan yang tepat dan benar merupakan keharusan setiap Bunda agar ia tidak mendapati suatu masalah pada kesehatannya.

Namun, bagaimana bila si Kecil sudah terlanjur mengalaminya? Misalnya dalam hal ruam popok yang seringkali dialami dan sangat menganggu aktivitas si Kecil. Tentunya Bunda haruslah mengetahui bagaimana cara mengatasi ruam popok si Kecil tersebut, serta juga melakukan pencegahan di kemudian hari agar tidak terjadi lagi.

Lalu bagaimana? Informasi berikut tentunya akan membantu Bunda dalam menyelesaikan masalah ruam popok pada si Kecil ya Bun. Lakukan dengan baik dan jadikan gaya hidup baru si Kecil ya.

  1. Jangan Terlalu Ketat Memakaikan Popok

Faktor utama yang menjadi pemicu timmbulnya ruam popok adalah karena Bunda terlalu ketat saat memakaikan popok pada si Kecil, sehingga akan membuat kulitnnya terbebani serta sirkulasi udara ke dalam dan ke luar tidak optimal. Jika hal ini sebelumnya sering Bunda lakukan, tentunya masalah ruam popok ini tidak dapat terhindarkan dari si Kecil.

Oleh karena itulah Bun, sebagai langkah pencegahan, mulai sekarang cobalah untuk memakaikan popok pada si Kecil jangan terlalu ketat hingga membebani kulitnya dan terlalu kendor hingga membuat kotorannya bocor. Hal ini selain tidak akan membani kulitnya terlalu berat, tentu akan membuat sirkulasi udara terjaga.

  1. Ganti Popok

Selain karena pemakaian popok yang terlalu ketat, ternyata popok yang tidak selalu diganti juga dapat menyebabkan ruam popok lho. Mengapa demikian? Karena kotoran si Kecil yang sudah menumpuk banyak di dalam popok, inilah yang menjadi penyebabnya.

Oleh karena itu, bila popok sudah dalam keadaan penuh akibat kotoran yang ia keluarkan, maka segeralah untuk membersihkan dan menggantinya dengan yang baru. Kesalahan yang sering dilakukan para Bunda adalah selalu menunggu waktu mandi agar sekalian untuk mandi, padahal hal ini salah besar lho.

  1. Jangan Pakaikan Bedak pada Area Popok

Bedak bayi selain memiliki manfaat luar biasa bagi kesehatan kulit si Kecil, tentunya justru dapat menjadikan kulit si Kecil mengalami suatu masalah bila salah dalam penggunaan. Seperti halnya biang keringat, penaburan bedak bayi pada area tubuh yang mudah berkeringat menjadi masalah timbulnya ruam popok.

Jadi, jangan lagi untuk memakaikan bedak pada area yang dikenai popok dan juga pada area selangkangan, karena area ini seringkali menghasilkan keringat. Jika hal ini terus saja dilakukan, maka akan membuat kulit si Kecil terasa gatal dan kemerahan.

  1. Pemakaikan Baby Oil

Salah satu cara pencegahan serta penyelesaian masalah ruam popok adalah dengan memakaikan baby oil. Baby oil sangat ampuh untuk menjaga kesehatan serta kelembaban si Kecil. Pakaikan baby oil ini setiap hari secara rutin pada tubuh si Kecil ya Bun. Namun jangan pakaikan bila keadaan kulit sedang berkeringat ya.

Dengan melakukan 4 hal diatas, maka Bunda sudah melakukan cara pencegahan dan penyelesaian masalah ruam popok pada si Kecil. Lakukanlah dengan baik ya Bun demi kesehatan si Kecil.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*