Bagaimana Ibu Tahu Bayi Sehat atau Tidak Jika Masih Di Dalam Kandungan

bayi sehat www.facebook.com/ibudanbalita

Bayi sehat ketika masih di dalam rahim ibu tidak dideteksi. Ibu tidak perlu ke dokter untuk melakukan USG. Ibu juga tidak perlu melakukan tes apapun untuk memastikan bayi yang ada di dalam kandungan ibu sehat. Bagaimanakah caranya?

Hanya saja, ibu harus pahami bahwa hanya tanda-tanda saja yang bisa ibu ketahui. Untuk lebih jelasnya, ibu tetap harus datang ke dokter untuk mendapatkan laporan atau hasil USG. Namun, setidaknya tanda-tanda ini bisa membuat ibu tidak perlu was-was. Ibu tenang karena sudah ada tanda-tanda bahwa janin sehat.

Apa saja tanda-tanda tersebut? Berikut penjelasannya.

Mengalami Morning Sickness

Ibu bisa mencari tahu di buku-buku kesehatan ibu hamil tentang morning sickness. Tidak ada yang menjelaskan bahwa morning sickess merupakan pertanda buruk. Justru bagi ibu yang tidak mengalami morning sickeness seperti muntah dan mual, mereka patut untuk khawatir.

Salah satu tanda bayi sehat dalam kandungan adalah morning sickness. Hal ini bisa dijelaskan secara ilmiah. Ketika ibu hamil, maka tubuh memproduksi semakin hormon progesteron. Hormon ini sejatinya diperlukan oleh janin untuk berkembang.

Di satu sisi, meningkatkan jumlah hormon ini membuat ibu mengalami mual dan muntah. Itulah mengapa ada kaitan yang jelas antara kesehatan janin dalam kandungan dengan morning sickness.

Jadi, ibu sebenarnya tidak boleh mengeluh jika mual dan muntah. Apalagi ibu marah dan sedih jika mengalami morning sickness. Justru ibu harus bergembira karena itu menjadi tanda bayi ibu sehat di dalam kandungan.

Bahkan, ada penelitian yang menunjukkan ibu yang lebih sering mengalami morning sickess itu berarti bayi dalam kandungan pintar. Jadi, untuk apa ibu sedih jika mengalami morning sickness?

Bayi Menendang

Ada guyonan di mana ketika bayi menendang itu artinya bayi tersebut ingin menjadi pemain sepakbola. Ibu boleh percaya dan boleh juga tidak. Tapi, secara ilmiah, setiap bayi sehat itu melakukan gerakan di dalam kandungan. Kesannya seperti menendang. Sebenarnya, terkadang bayi memutar posisi, tidak hanya menendang. Hanya saja ibu merasa bayi menendang-nendang.

Reaksi tersebut sangat normal dan bahkan ibu harus bahagia lantaran itu tandanya janin sehat. Menurut ahli kandungan, menendang merupakan respon janin ketika ada sesuatu hal seperti bunyi atau sentuhan. Itulah mengapa ketika ibu berkonsultasi dengan dokter kandungan, biasanya dokter akan memberikan sentuhan di bagian perut agar dokter mengetahui apakah bayi merespon atau tidak.

Dokter juga sering menyarankan agar ibu memberikan sentuhan pada bagian perut. Sentuhan akan membuat bayi bergerak dan itu menjadi tanda bayi sehat. Selain sentuhan, suara juga bisa membuat bayi merespon dengan gerakan. Bayi dalam kandungan sebenarnya sudah bisa mendengar suara dari luar. Ada yang menyarankan ibu hamil sebaiknya sering berkomunikasi dengan bayi karena komunikasi tersebut akan diingat oleh bayi. Selain itu, membunyikan lagu klasik juga bisa membuat bayi merespon dan otak bayi berkembang.

Yang jelas, itu semua hanya tanda-tanda saja. Ibu bisa tenang jika ada tanda-tanda tersebut. Untuk lebih jelas dan pasti, ibu harus berkonsultasi dengan dokter setidaknya satu bulan sekali untuk mengecek bagaimana kondisi kehamilan. Di sana, ibu bisa meminta untuk melihat janin di dalam kandungan ibu dengan cara USG. Hasilnya jauh lebih jelas dan pasti. Dan ibu bisa memastikan dari hasil USG tersebut bahwa bayi sehat dalam kandungan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*