Bagaimana Cara Merawat Kulit Bayi yang Benar?

cara-merawat-kulit-bayi https://www.facebook.com/JohnsonsBabyIndonesia/

Kulit bayi memang terkenal sangat sensitif terhadap sesuatu, maka dari itu diperlukan cara perawatan kulit yang berbeda dari remaja maupun dewasa. Kulitnya yang lembut tentunya membuat senang ya Bun? Untuk terus menjaganya agar tetap lembut dan bebas masalah, Bunda haruslah memberikan kasing sayang yang luar biasa terhadapnya.

Juga, apa-apa saja yang dilakukan Bunda pada si Kecil juga turut andil dalam kesehatan bayi Bunda. Namun masih banyak saja Bunda baru yang belum memahami bagaimana cara merawat kulit bayi yang benar, akhirnya kulit si Kecil jadi bermasalah seperti gatal-gatal, merah, dan lain sebagainya. Tentu, Bunda haruslah memahami artikel berikut ini untuk kesehatan kulit si Kecil ya Bun..

  1. Hindari Kulit Bayi dalam Kondisi Basah

Kondisi basah pada kulit si Kecil bisa disebabkan karena air yang jatuh, susu yang tumpah ke kulit dan keringat bayi itu sendiri. Jika penyebab kulit yang basah tersebut tetap dibiarkan cukup lama, hal ini tentu akan menganggu si Kecil dalam bergerak dan beraktivitas.

Selain si Kecil yang akan merasa tidak nyaman karena kulit yang basah itu, biang keringat juga akan dialami oleh si Kecil Bun. Biang keringat memang menjadi momok yang paling dihindari si Kecil dan Bunda ya, karena ini mempengaruhi kesehatan si Kecil.

Maka dari itu, ketika kulit si Kecil dalam kondisi basah, segeralah bersihkan dengan tissue kering atau lap hingga benar-benar basah. Akan lebih baik bila kulit yang basah tadi diberi bedak bayi, namun hanya beri pada saat kulit sudah benar-benar kering ya, Bun.

  1. Pakaikan Bedak Bayi

Banyak yang memahami bahwa bedak bayi merupakan kosmetik yang hanya digunakan untuk kecantikan si Kecil saja, dan hanya dipakaikan sehabis mandi saja. Namun ternyata tidak, bedak bayi memiliki fungsi lebih dari itu.

Bedak bayi berguna untuk menjaga kondisi kulit bayi agar tetap dalam kondisi kering, juga digunakan untuk menjaga kehangatan dan kelembaban si Kecil. Dalam kondisi habis basah karena terkena air susu atau keringatnya sendiri, bedak bayi sebaiknya diberikan pada bayi setelah tumpahan susu atau keringat tadi dibersihkan dengan tissue.

Selain itu, Bunda boleh saja memakaikan bedak bayi ini kapanpun jika dirasa perlu. Kapan waktu paling tepat memakaikan bedak bayi? Pakaikan bedak bayi pada si Kecil sehabis mandi, sehabis terkena tumpahan air atau keringat dan pada saat-saat yang dibutuhkan ya Bun.

  1. Bersihkan Secepatnya Jika Si Kecil Buang Air

Banyak Bunda yang masih membiarkan popok bayi yang sudah penuh dalam beberapa jam, alasannya adalah untuk menghemat popok dan sekalian menunggu waktu mandi bayi. Namun hal itu salah, jika dibiarkan terus-menerus, hal tersebut akan menyebabkan timbulnya biang keringat. Bunda, selalu jaga kondisi si Kecil dalam keadaan bersih ya Bun.

  1. Hindari Sinar & Panas Matahari

Boleh saja Bunda membawa si Kecil pada pagi hari untuk melihat pemandangan di luar rumah, namun jika sudah melewati jam 9 atau kondisi matahari sudah panas, sebaiknya jangan bawa bayi keluar rumah. Hal ini dapat menyebabkan kulit si Kecil akan kering dan cenderung menghitam jika dilakukan terus menerus.

Jadi, 4 hal diatas haruslah Bunda perhatikan dalam menjaga kulit si Kecil. Kasih sayang Bunda memiliki peran berarti bagi si Kecil, jadi berikan yang terbaik ya Bun.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*