Bagaimana Cara Memberi Makanan Sehat Untuk Anak Yang Benar?

menu MPASI bayi 6 bulan www.awalsehat.nestle.co.id
menu MPASI bayi 6 bulan

www.awalsehat.nestle.co.id

Makanan sehat untuk anak tentu baik untuk kesehatan dan tumbuh kembang buah hati Anda.  Berbeda dengan orang dewasa, anak membutuhkan nutrisi dan kalori tambahan sebagai bahan untuk tumbuh kembang. Meski demikian, tetap saja kalori yang masuk dan kalori yang keluar harus seimbang. Jika anak dibiasakan makan yang sehat-sehat, pola ini akan terbawa sampai nanti. Oleh sebab itu, mulailah membentuk kebiasaan ini sejak dini.

Menyajikan makanan yang sehat misalnya, perbanyak sayur dan buah, batasi asupan gula dan olahlah makanan secara sehat.  Anak harus belajar berhenti makan ketika sudah kenyang. Jika ia harus selalu menghabiskan apapun padahal perutnya sudah tidak muat lagi, Anda akan  kerepotan untuk menyuruhnya berhenti makan nantinya. Anda tidak perlu menyediakan makanan yang berlebihan. Jika masih lapar, si kecil pasti akan minta lagi.

Penelitian membuktikan, keluarga yang selalu makan bersama, paling tidak 1 kali sehari, akan mengonsumsi makanan yang lebih bergizi dibandingkan mereka yang tidak melakukannya. Yang penting, jangan hidangkan semua makanan di atas meja, melainkan taruhlah makanan yang lengkap dan sesuai kebutuhan di piring masing-masing. Selain itu, aturlah supaya  acara makan ini berlangsung paling lama sekitar 30 menit.

Memotivasi Si Kecil Agar Mau Mengonsumsi Makanan Sehat Untuk Anak

Berikut ini beberapa hal yang bisa ibu lakukan agar buah hatinya mau makan makanan sehat;

-Ajarkan kebiasaan sehat Anda.

Anak adalah peniru paling handal. Dengan begitu Anda harus kompak dan membuat si kecil selalu melihat Anda berdua menikmati makanan yang baru dan sehat. Jika Anda tak suka makanan tertentu padahal itu baik untuk anak, berpura-pura saja  menikmatinya. Selera Anda bisa berkembang . Bisa-bisa Anda malah jadi penggemar berat makanan tersebut nantinya.

-Buatlah makanan sehat sebagai satu-satunya pilihan makanan yang ada.

Kosongkan kulkas dan lemari dari makanan yang tidak sehat, serta hanya siapkan makanan bergizi seimbang pada waktu makan bayi. Begitu lapar, mau tidak mau anak akan makan makanan yang disediakan.  Perkenalkan makanan baru setiap minggu. Jika awalnya anak tidak mau menyentuh makanan, cobalah lagi, lagi, dan lagi. Bila perlu, sajikan makanan tersebut sampai 10 kali sebelum si kecil tergerak untuk mencicipinya. Penelitian  membuktikan, anak akan menerima makanan yang semula ditolaknya, setelah terekspos makanan tersebut sampai 10-15 kali.

-Biarkan si kecil memilih sendiri.

Berikan daftar makanan yang terbaik bagi anak, lalu biarkan ia memilih 2-3 jenis makanan yang paling disukainya. Anak pasti akan menghabiskan makanan yang dipilihnya sendiri. Tambahkan saja sesuatu. Beberapa sayur misalnya brokoli atau bayam yang mengandung zat tertentu yang menciptakan rasa pahit. Untuk menetralisir rasa pahit tersebut, tambahkan garam, gula, lelehan keju di atasnya, dan sebagainya.

 Makanan Sehat Untuk Anak Saat Sarapan, Sampai  Makan Malam

Meski penting bagi anak untuk banyak mengkonsumsi menu makanan sehat, yang sering terjadi kadang sebaliknya. Anak-anak seringkali susah makan. Mereka lebih suka makan makanan yang kurang baik bagi kesehatannya, seperti jajanan pinggir jalan, junk food dan produk makanan kemasan. Hal ini tentu harus menjadi perhatian tersendiri bagi orang tua, karena makanan sehat sangat diperlukan untuk tumbuh kembang anak.

Untuk itu, orang tua perlu memutar otak supaya anak – anak tetap mau makan dengan menu makanan sehat untuk anak. Tujuannya agar anak-anak tetap mendapatkan gizi yang cukup untuk pertumbuhan dan perkembangannya baik tubuh maupun otaknya. Di bawah ini ada beberapa rekomendasi menu makanan sehat untuk anak yang pastinya menarik dan membuat anak-anak tertarik untuk memakannya. Rekomendasi ini dibagi menjadi 3 jenis sesuai dengan pola makan anak yaitu sarapan, makan siang, dan juga makan malam.

-Sarapan

Makan pagi sangat penting karena sebagai bekal anak melakukan aktivitasnya yang aktif di pagi hingga siang hari. Menu sarapan yang baik untuk anak – anak adalah yang mengandung protein dan karbohidrat. Menu sarapan menarik untuk anak-anak diantaranya yaitu nasi dengan orak arik telur dan sayuran yang berwarna warni atau warna-warna cerah yang bisa didapat secara alami dari sayuran seperti wortel bisa juga dengan omelet sayur dengan bentuk yang unik. Untuk nasi putih juga bisa diganti dengan nasi merah. Menu lainnya bisa dengan spageti goreng yang disisipi sayuran, atau bisa juga dengan roti gandum isi sayuran dan telur dadar.

-Makan siang

Makan siang yang ideal adalah menu makanan yang mengandung asupan kalori, vitamin, dan mineral yang cukup. Untuk menu makan siang diantarannya : Nasi dengan sayur bayam bening yang juga dilengkapi dengan ayam tempe atau tahu, Burger homemade dengan kentang dan sayuran yang dikukus, dan Jangan lupa berikan buah untuk makanan penutup.

-Makan Malam

Makan malam pada anak-anak bisa mengikuti menu makan orang tua mereka. Momen makan malam merupakan momen yang cukup baik untuk membangun hubungan yang baik dengan anak dan orang tua. Maka dari itu, menu makan malam walaupun cukup bebas haruslah tetap dijaga nilai kandungan gizi dan higienitasnya. Berikan pula susu sebelum anak tidur untuk tumbuh kembangnya agar lebih optimal.

Anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan membutuhkan asupan makanan sehat untuk anak yang kaya akan nutrisi. Kekurangan nutrisi akan menyebabkan pertumbuhan menjadi terhambat dan perkembangan otak akan terganggu. Makanan yang sehat sangat penting untuk diperhatikan karena menunjang pertumbuhan, perkembangan psikis serta fisik anak. Menjaga asupan makanan serta memperhatikan asupan gizi harus di lakukan sejak masih anak-anak.

 

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*